was successfully added to your cart.

Dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung total 884 kalori (44 persen dari angka kecukupan gizi harian) dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun terbilang tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Senyawa inilah yang memberikan berbagai warna pada makanan dan melindungi tanaman dari bahaya.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah 

Anda tidak harus menjalani perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan kimia setiap waktu. Terkadang, perawatan rumahan dapat diterapkan dan hasilnya juga tak kalah baik. Salah satunya perawatan kulit yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

  1. Menghapus riasan di wajah

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu untuk menghapus riasan makeup di wajah. Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni sehabis memakai makeup sehari-hari dengan cara dioleskan dan dipijat lembut di wajah.

  1. Melembabkan kulit

Anda juga bisa mengakali manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan cara mencampur krim pelembab wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun guna menghidrasi kulit agar tetap lembab dan halus.

  1. Mengatasi kulit yang bermasalah

Minyak zaitun terbukti bisa meredakan pada kondisi kulit yang kering, gatal, atau meradang. Pasalnya, minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit wajah.

  1. Scrub kulit wajah

Selain bisa melembabkan dan mengatasi kulit yang gatal meradang, Anda bisa membuat scrub wajah alami dengan menggunakan racikan minyak zaitun dan garam laut. Hal ini sangat bermanfaat jika kulit wajah Anda tipenya bersisik dan kering,

  1. Membantu menghilangkan bekas jerawat

Denga menggunakan minyak zaitun untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Oleskan minyak zaitun ke area kulit, kemudian gunakan jari untuk memijat kulit untuk membantu penyerapan yang lebih baik. Minyak ini dapat diterapkan ke kulit sekitar 5-10 menit, tetapi jangan meninggalkannya pada kulit selama lebih dari 10 menit.

Namun, jangan sembarangan menggunakan minyak zaitun untuk wajah. Memang sudah jadi rahasia umum kalau minyak zaitun memiliki kegunaan yang bermanfaat untuk wajah. Akan tetapi, hal ini tidak disarankan kalau Anda memiliki tipe kulit wajah yang sensitif. Terutama juga kalau wajah Anda berjerawat dan mengalami masalah dermatitis.

Pasalnya, sebuah studi menemukan bahwa penggunaan minyak zaitun untuk wajah bayi dan orang dewasa tertentu bisa membuat kulit semakin meradang ataupun mengalami alergi. Dalam studi tersebut mengungkapkan jika menggunakan minyak zaitun pada bayi mungkin saja jadi pemicu eksim di kemudian hari. Apalagi, jika di dalam keluarga Anda memiliki riwayat eksim sebelumnya .

Tips memilih minyak zaitun yang bagus untuk kulit wajah

Untuk dapat mendapatkan semua manfaat minyak zaitun untuk wajah seperti yang sudah disebutkan di atas, tentu Anda memerlukan asupan minyak yang terbaik di kelasnya dan yang berkualitas tinggi.

  1. Pilih minyak zaitun dengan label “extra virgin olive oil”
  2. Organik lebih baik
  3. Tertera tanggal produksi dan kedaluwarsanya
  4. Kemasan menggunakan botol kaca berwarna gelap atau dalam kaleng
  5. Lihat juga nama pabrik atau tempat panen pada kemasan
  6. Cicip dan bau wanginya

Untuk menghindari salah beli, sebaiknya pilih saja produk lokal (jika ada). Minyak buah zaitun lokal hanya memakan waktu sebentar dari waktu panen hingga distribusi yang akan menjamin kesegarannya sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah atau kesehatan Anda lebih optimal.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

Hellosehat.com

 

Leave a Reply

WhatsApp chat