Totok Wajah adalah cara mudah untuk mengurangi ketegangan dan mencegah pembentukan keriput. Cara ini berguna untuk melembutkan, terkelupas kulit, merangsang sirkulasi dan mengurangi stres pada wajah. Totok wajah hanya memerlukan beberapa menit  dan dapat dilakukan di mana saja, bisa ditempat refleksi, klinik ataupun salon. Karena totok wajah merupakan sarana yang sangat baik untuk meningkatkan keindahan dan kesehatan pada wajah anda.

Arti Totok Wajah.

Dalam masyarakat di mana keindahan wajah adalah sangat dihargai,dan stres merupakan bagian normal dari kehidupan. Oleh karena itu totok wajah menjadi semakin lebih sering dalam kehidupan sehari-hari. Totok wajahmemiliki banyak manfaat diantaranya : dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, mengurangi stres, dan pengobatan yang ampuh untuk berbagai jenis keluhan pada kepala seperti sakitkepala, termasuk migrain dan sakit kepala karena tegang. Sebagai manfaat totok wajah menjadi lebih jelas seperti contoh manfaat di atas,ada beberapa perusahaan luar negeri yang menawarkan totok wajahsetiap hari untuk karyawan mereka agar mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, mengurangi kelelahan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Jenis Totok wajah bervariasi tergantung pada metode praktisi, preferensi penerima, jenis herba atau krim yang digunakan untuk penotokan.  Dan juga gaya pijat dalam totok wajah adalah gaya yang paling umum dilakukan yaitu teknik sederhana pemijatan melingkar, ini juga banyak digunakan di klinik kecantikan dan spa. Kadang-kadang juga memakai bahan tambahan dengan minyak essensial, rempah-rempah, batu dingin atau panas atau berbagai barang lainnya yang bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah pada wajah. Ini ditambahkan ke totok wajah standar untuk membantu dalam relaksasi dan kesenangan atau untuk meningkatkan sirkulasi. Totok wajah juga berhubungan dengan pijat kepala, variasi yang paling umum digunakan adalah pijat kepala india, agar wajah kencang dan kenyal.

Manfaat totok wajah memberikan berbagai manfaat, dari relaksasi otot untuk mengurangi kerut. Ketika dilakukan dengan benar, pemijatandigunakan selama totok wajah membantu memecah racun dan meningkatkan sirkulasi darah dan mungkin membantu dari sakit kepala karena tegang, kelelahan, sinusitis dan migrain. Totok wajah juga membantu mencegah pembentukan garis-garis ketegangan,mengurangi keriput, wajah bengkak dengan relaksasi otot-otot jugamerangsang aliran darah di bawah kulit. Totok wajah bekerja dengan merangsang sirkulasi, meningkatkan konsentrasi oksigen di wajah, merangsang produksi kolagen dan mengencangkan jaringan kulit. Plus, itu terasa indah setelah melakukan nya.

1. Dapat membantu meri­ngankan masalah sinusitis dan alergi

Totok wajah juga dapat membantu me­ringankan ge­ja­la alergi, seperti kemacetan sinus yang disebabkan oleh adanya penumpukan lendir di daerah sinus sehingga me­nyebabkan tekanan, bengkak dan sakit kepala.

2. Detoksifikasi tubuh

Terapi totok wajah juga da­pat me­rang­sang pembuluh limfatik dan dapat menge­luar­kan racun-racun dari dae­rah wajah. Sistem limfatik memainkan pe­ranan yang sa­ngat penting dalam kese­hatan yaitu dengan menghilangkan racun-racun dalam tubuh me­lalui getah bening. Racun-racun dalam tubuh akan di­saring melalui kelenjar getah bening dan bergerak ke da­lam aliran darah, di mana ra­cun bisa dihilangkan. Peranan gerakan otot sangat diperlu­kan untuk mendorong cairan getah bening ke seluruh tubuh.

3. Mencegah keriput

Dengan pijatan lembut pada daerah wajah secara rutin dapat membantu me­ngen­durkan otot-otot yang ketat serta mengurangi garis-garis yang ter­bentuk. Terapi terse­but dapat juga di­kombina­si­kan dengan penerapan pe­lem­bab hydrating yang juga dapat mem­bantu mengurangi garis-garis keriput, kulit ke­ring, serta tampilan flek-flek hitam pada wajah.

4. Dapat merubah suasana hati

Sebuah studi yang dilaku­kan oleh Pengguna Science Institute pada tahun 2008 de­ngan melakukan tes psikologi dengan terapi pijat di area wajah yang diberikan selama +/- 45 menit m­e­nun­jukkan adanya perbaikan terhadap suasana hati dan tingkat kecemasan secara signifikan.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Totok wajah yang dilaku­kan pada daerah sekitar mu­lut, mata dan alis juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke wajah.

6. Mengurangi ketegang­an pada otot-otot wajah

Dengan melakukan totok wajah se­cara teratur dapat membantu mengu­rangi kete­gangan pada otot wajah serta memberikan efek penam­pil­an yang lebih santai. Efek re­laksasi ini juga dapat menye­bar ke seluruh tubuh, yaitu de­ngan meningkatkan rasa rileks.

7. Membuat kulit menjadi lebih bercahaya

Totok wajah dapat mem­bantu menstimulasi otot-otot wajah dengan membawa ok­sigen ke daerah-daerah yang dapat mengalami resiko pe­nuaan dini. Lancarnya aliran darah akan membantu me­ningkatkan produksi kola­gen, yang memberikan efek kulit bercahaya yang sehat dan alami.

8. Mengobati migran

Migrain adalah salah satu bentuk penyakit yang me­nye­rang bagian kepala. Hal ini bisa disebabkan oleh gang­guan pembuluh darah. Dengan mela­kukan peno­tok­an pada simpul-simpul sya­raf seperti pada daerah se­kitar bahu, tulang belakang, leher dan kepala, dapat membantu mensu­plai energi ke dalam pembuluh darah di ke­pala sehingga dapat melancarkan pere­daran darah pada daerah tersebut, dan nantinya dapat mengobati migrain.

9. Meremajakan kulit

Dengan melakukan terapi ini dapat merangsang aliran darah,kulit menjadi tampak lebih segar dan bersinar, se­hingga Anda akan terlihat lebih muda.

10. Dapat membantu pe­nyerapan make-up

Terapi ini juga membantu meng­hilangkan sel-sel kulit mati. Hal ini membantu membuat kulit lebih cerah dan tampak lebih muda. De­ngan pe­ning­katan sirkulasi, terapi totok wajah juga dapat membantu mengurangi beng­­kak dan mengecilkan pori-pori se­hingga kulit tampak lebih halus dan lem­bab. Hal ini akan dapat membantu pro­­duk kosmetik yang anda gu­nakan dapat terserap lebih mu­dah ke dalam kulit yang pada akhirnya akan mem­buat riasan Anda dapat bertahan lebih lama.

Bagaimana tahapan totok wajah?

1. Bersihkan wajah hingga bersih

2. Tarik nafas sampai me­rasa rileks

3. Totok wajah dengan meng­gu­nakan jari manis ataupun tengah

4. Pijat secara perlahan otot-otot tertentu di beberapa bagian wajah

5. Lakukan pemijatan de­ngan gera­kan menarik kulit wajah keatas dengan perla­han

6. Setelah melakukan te­rapi ini se­baiknya lakukan sekitar 7 hari setelah terapi terakhir

7. Sebaiknya setelah me­la­kukan to­tok wajah, guna­kan masker pada wajah

Ada beberpa hal yang ha­rus diper­ha­tikan sebelum melakukan totok wa­jah terse­but, seperti seseorang yang memiliki kulit yang sedang berjerawat sebaiknya jangan melakukan totok wajah kare­na akan menimbulkan pera­dangan yang cukup parah pa­da daerah yang terkena jera­wat. Sebaiknya totok wajah dilakukan oleh orang yang berusia diatas 17 tahun. Ja­ngan sampai memijat pada bagian tulang wajah karena akan menimbulkan memar pada wajah tersebut.

Namun walaupun totok wajah aman dilakukan sen­diri akan lebih baik jika totok wajah dilakukan oleh para ahli yang lebih mengetahui titik-titik wajah yang dapat membuat wajah lebih sehat dan bercahaya.

Leave a Reply