Pengertian Akupuntur

Akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktek Pengobatan Tradisional Cina, yang dilakukan oleh ahli tusuk jarum dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit. Anehnya, meskipun perawatannya menggunakan jarum, namun pengobatan ini tidak menimbulkan rasa sakit. Bahkan, salah satu manfaat yang paling populer dari akupuntur ialah untuk mengurangi rasa sakit kronis di seluruh tubuh dengan cara yang alami

Berbagai manfaat akupuntur

Akupuntur tradisional dapat menyembuhkan penyakit seperti:

  1. Membantu mengurangi sakit kepala dan migrain
  2. Meredakan nyeri kronis, termasuk nyeri punggung, leher, lutut,dan arthritis.
  3. Membantu mengobati insomnia
  4. Meningkatkan pemulihan kanker dan efek kemoterapi
  5. Membantu mencegah penurunan kehilangan fungsi otak kognitif
  6. Kesehatan kehamilan, melahirkan, dan pasca melahirkan
  7. Membantu mengobati stroke

Baca juga : melafadzkan laa ilaaha illallah membantu menyembuhkan stroke benarkah

Bagaimana dengan akupunktur untuk mengatasi nyeri?

Secara teoritis, jarum ditempatkan untuk merangsang serabut saraf besar, sehingga sinyal saraf nyeri yang kecil menjadi terhambat. Mathew mengatakan bahwa logika yang sama mendasari teori mengapa menggosok siku setelah terbentur dapat membantu mengurangi rasa sakit, sebab tubuh merangsang penghambatan saraf sakit untuk menenangkan rasa sakit. Penelitian yang melacak kadar molekul-molekul darah menunjukkan bahwa akupunktur meningkatkan kadar beta-endorphin sehingga mampu menurunkan tingkat rasa sakit pada pasien. Ketika pasien diberikan obat anti-morfin, efek dari akupunktur berkurang. Ada teori lain yang menjelaskan mengapa akupunktur terbukti bekerja baik untuk mengatasi mual dan muntah akibat dengan kemoterapi. Kulit terhubung ke organ-organ dalam tubuh melalui refleks yang disebut refleks viscero-kulit. Akupunktur juga memiliki efek pada sistem respons tubuh terhadap stres atau dikenal dengan sumbu hipotalamus-pituitary-adrenal (HPA).

Acupuncture

Hal-hal yang harus diperhatikan mengenai akupuntur

Mungkin bagi beberapa rekan yang berminat untuk menggunakan terapi akupunktur bisa mengingat 6 hal yang perlu diperhatikan tentang akupunktur :

  1. Tidak melakukan Akupunktur jika sedang hamil, menderita radang di bagian kulit, atau menggunakan alat pacu jantung.
  2. Carilah Akupunkturis yang memiliki izin dari Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten. Izin praktik dipasang di ruang praktik akupunktur.
  3. Jarum sebagai piranti utama sebaiknya memakai jarum pribadi atau jarum sekali pakai, guna menghindari terjadinya penularan penyakit seperti hepatitis dan HIV/AIDS.
  4. Waspada jika setelah menjalani akupunktur mengalami infeksi karena penggunaan jarum yang tidak steril atau pendarahan karena jarum menusuk jaringan saraf. Efek sampingan tersebut menandakan akupunkturis tidak mahir.
  5. Pengobatan akupunktur tidak dapat menghilangkan penyakit dalam satu waktu, dan umumnya memerlukan pengulangan beberapa kali. Hal ini dikarenakan prinsip kerja akupunktur adalah membangkitkan daya tahan tubuh agar mampu melakukan penyembuhan sendiri.
  6. Sebaiknya berdiskusi dengan akupunkturis untuk mendapatkan penjelasan tentang penyakit yang ditemukan, rencana pengobatan dan jadwal pengobatan.

Leave a Reply