Memberi makan tubuh Anda dengan makanan tertentu dapat membantu menjaga sistem kekebalan Anda. Jika Anda sedang mencari cara untuk mencegah flu dan infeksi lain, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengunjungi pasar atau toko bahan makanan terdekat.

Berikut daftar makanan yang mampu menjadi penguat sistem kekebalan tubuh seperti dilansir di lamanĀ National Accord, Kamis (19/11).

1. Buah sitrus

Kebanyakan orang langsung beralih pada vitamin C saat masuk angin. Itu karena jenis vitamin tersebut membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci melawan infeksi. Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dengan variasi yang bisa dipilih.

Sangat mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke makanan apa pun. Buah jeruk yang populer termasuk jeruk bali, jeruk, clementine, jeruk keprok, lemon dan jeruk nipis. Fakta bahwa tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpannya. Anda membutuhkan vitamin C setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan.

2. Paprika merah

Jika Anda berpikir buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran apa pun, pikirkan lagi. Paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C dibanding jeruk, yaitu 127 miligram. Paprika merah juga merupakan sumber beta karoten yang kaya.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, vitamin C membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Beta karoten yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bahanmakanan sehatyang ditemukan di hampir setiap resep makanan atau masakan di dunia. Ini menambah sedikit tenaga pada makanan dan itu harus dimiliki untuk kesehatan Anda.

Peradaban awal menyadari nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri. Ada juga bukti bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah, meskipun penelitian tidak membuktikan lebih banyak tentang fakta itu. Sifat meningkatkan kekebalan tubuh oleh bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung sulfur sepertiĀ allicin.

4. Bayam

Bayam berisi banyak antioksidan dan beta karoten. Ia juga kaya vitamin C, yang keduanya meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh.

Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat jika dimasak dengan proses sesedikit mungkin untuk mempertahankan nutrisinya. Namun, memasak ringan membuatnya lebih mudah untuk menyerap vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat dan antinutrien.

5. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Dengan vitamin A, C, dan E, serat, dan banyak antioksidan lainnya, brokoli menjadi salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda taruh di piring Anda.

Kunci untuk mempertahankan kekuatannya adalah dengan memasaknya sesedikit mungkin atau lebih baik lagi, tidak sama sekali. Penelitian menunjukkan, mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam makanan.

 

source : republika

Leave a Reply

WhatsApp chat