Bertambahnya usia picu penumpukan lemak perut, empat rempah ini bisa mengatasinya.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa rempah secara khusus dapat menghilangkan lemak perut dan mengurangi kembung secara keseluruhan. Dilansir laman She Finds, Senin (9/11), hal itu terutama berlaku bagi yang berusia di atas 40 tahun.

Seiring bertambahnya usia, tubuh secara alami menumpuk lemak di sekitar bagian tengah tubuh, yang dapat menjadi indikator berbahaya penyakit jantung, obesitas, hingga diabetes di kemudian hari. Konsumsi makanan yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit pun menjadi semakin penting.

Berikut empat rempah yang dianjurkan untuk dikonsumsi untuk mereka berusia di atas 40 tahun.

Kayu manis

Kayu manis telah terbukti menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi keinginan makan, sehingga merasa kenyang.

“Menambahkannya ke dalam diet dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dan insulin, yang dapat bermanfaat bagi mereka yang berjuang untuk menghilangkan lemak berlebih di pinggang mereka,” kata Ahli Diet Trista Best.

Kayu manis bersifat anti-inflamasi. Hal ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dengan mencegah penggumpalan trombosit darah.

“Peradangan kronis tingkat rendah menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh yang menyebabkan banyak kondisi kronis yang umum terjadi di negara Barat, terutama obesitas,” tambah Trista.

Ketumbar
Mengalami peradangan dan kembung, rempah-rempah seperti ketumbar dapat membantu sistem pencernaan. Berkat antioksidan yang disebut quercetin, ketumbar dapat memulai aktivitas metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Menurut Healing Spices Dr Bharat B Aggarwal, ketumbar adalah obat yang sangat baik untuk mengatasi masalah perut kembung, mual, dan gas. Selain untuk sistem pencernaan, ketumbar juga  dapat membantu meredakan gejala mulas, kram perut dan sembelit yang semuanya dapat berkontribusi pada penambahan berat badan serta perut kembung.

Bawang putih
Bawang putih telah lama dikaitkan dengan penurunan berat badan, dan manfaat kesehatannya yang jauh lebih besar daripada bau mulut. Tidak hanya sebagai penekan nafsu makan, tetapi rempah ini membantu untuk meningkatkan tingkat energi yang membakar kalori, sehingga membuat lebih bugar dalam jangka panjang.

Jahe
Jahe bersifat anti-inflamasi dan anti-mikroba, membuatnya ideal untuk banyak masalah kesehatan, terutama penurunan berat badan. Kedua faktor ini dapat memperbaiki dan meningkatkan pencernaan, terutama bagi mereka yang mengalami radang usus atau infeksi.

Ketika usus tidak dapat bekerja dengan baik karena pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan peradangan, perut bisa mengalami kembung yang berlebihan. Karena itu, menambahkan jahe ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan di sekitar pinggang.

 

Source : republika

Leave a Reply

WhatsApp chat