Bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan tentu tidak asing dengan minuman bernama infused water atau biasa dikenal juga sebagai detox water. Selain dikenal dapat membersihkan tubuh dengan membuang zat-zat sisa, minuman berupa air mineral dengan potongan buah ini juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Lalu, apa saja resep infused water?

Manfaat infused water untuk menurunkan berat badan

Banyak yang sudah mengetahui kasiat air putih dalam membantu menurunkan berat badan. Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Seiring dengan metabolisme yang baik, tubuh juga akan lebih mudah dalam membakar kalori.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa dengan meminum air sebanyak 500ml, Anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30% untuk satu jam kedepan. Selain memberikan dampak yang baik untuk metabolisme, meminum air sebelum makan juga akan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

Potongan buah-buahan yang digunakan dalam resep infused water juga tinggi vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit. Manfaat lainnya adalah mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan dalam darah.

Resep infused water untuk meningkatkan metabolisme

Membuat infused water sendiri sangat mudah dilakukan. Berbeda dengan pembuatan smoothies atau jus buah, Anda tidak memerlukan blender dan cukup bekerja dengan pisau Anda.

1. Infused water dengan buah lemon dan daun mint

Resep infused water ini merupakan salah satu yang paling banyak dibuat. Kandungan polyphenol antioxidan pada buah lemon dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Air dengan potongan buah lemon juga bisa membantu mengatasi sembelit karena sifatnya yang melancarkan pencernaan.

Sedangkan daun mint yang juga mengandung antioksidan tinggi juga dapat mempercepat proses pencernaan dan memberi sedikit rasa dingin dan segar pada gelas infused water Anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 ml air mineral dengan suhu ruang
  • 1/2 perasan atau potongan buah lemon
  • 3 helai daun mint, jangan dipotong

Cara membuat :

Campurkan sari buah atau potongan buah lemon dan mint dengan air mineral. Jika menggunakan perasan buah aduk merata dan bisa langsung dikonsumsi, jika menggunakan potongan buah diamkan selama dua jam di dalam kulkas sebelum dikonsumsi.

2. Infused water dengan buah pir, jeruk nipis, dan jahe

Penggunaan jahe pada resep infused water ini juga dapat membantu bagi Anda yang ingin meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah studi menunjukkan air jahe dapat membantu Anda merasakan kenyang lebih lama setelah makan. Seperti buah dengan vitamin C lainnya, buah pir dan jeruk nipis juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh. Berikut resep infused water dengan buah pir, jeruk nipis, dan jahe.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 500ml air mineral
  • 2 potong buah pir, potong-potong lagi menjadi bagian kecil
  • 1 potong jeruk nipis, bagi jadi dua
  • Irisan jahe sekitar 1 cm

Cara membuat :

Campurkan buah-buahan beserta irisan jahe ke dalam air mineral. Jika Anda ingin rasa jahe yang lebih dominan, pipihkan menggunakan pisau. Simpan di kulkas dan biarkan 12-24 jam sebelum diminum.

3. Infused water dengan strawberry dan daun kemangi

Selain kaya vitamin C, strawberry juga membantu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tambahan daun kemangi juga memiliki manfaat anti-aging. Berikut resep infused water dengan strawberry dan kemangi.

Bahan-bahan :

  • 500 ml air mineral
  • 1 buah strawberry, potong menjadi beberapa bagian
  • 10 helai daun kemangi
  • 1/2 lemon, iris tipis

Cara membuat :

Campurkan potongan strawberry, irisan lemon, dan helai daun kemangi dengan air mineral. Simpan di kulkas selama paling sedikit 3 jam atau semalaman sebelum dikonsumsi.

4. Infused water dengan strawberry dan raspberry

Berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari buah raspberry dalam resep infused water yang satu ini. Serat dan air pada buah raspberry berguna untuk mencegah sembelit serta melancarkan pergerakan dalam pencernaan yang penting untuk pembuangan racun-racun dari dalam tubuh. Antioksidan dalam buah raspberry juga dapat mengurangi peradangan yang berisiko pada diabetes tipe 2. Berikut resep infused water dengan buah raspberry.

Bahan-bahan :

  • 500 ml air
  • 3 buah strawberry, iris menjadi dua
  • 5 buah raspberry
  • 2-3 helai daun mint

Cara membuat :

Letakkan potongan buah-buahan dalam gelas atau botol beserta daun mint, tambahkan air sampai penuh. Tutup dan simpan di kulkas semalaman sebelum dikonsumsi.

5. Infused water dengan apel dan kayu manis

Tahukah Anda, ternyata perpaduan apel dan kayu manis tidak hanya serasi pada kudapan pai apel saja, tapi keduanya juga bisa dibuat menjadi infused water yang menyegarkan. Bahan kayu manis pada resep infused water berikut ini juga berkhasiat sebagai antioksidan yang akan memerangi virus dan bakteri penyebab penyakit. Berikut resep infused water dengan apel dan kayu manis.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah apel, iris tipis
  • 2 batang kayu manis
  • 700ml air

Cara membuat:

Masukkan potongan apel ke dalam botol atau gelas, tambahkan air sampai penuh. Tambahkan kayu manis ke dalamnya. Simpan di kulkas selama 1 jam atau bisa juga semalaman sebelum dikonsumsi.

Selamat mencoba berbagai resep infused water ini di rumah!

Leave a Reply