Semua orang pasti pernah mengalami ketidakmampuan berkonsentrasi, lupa di mana menaruh kunci, bahkan ada kalanya otaknya seolah memiliki pikiran sendiri. Sama seperti mesin, kadang otak perlu beristirahat dan diperbaiki kembali.

Seperti yang dilansir Science Focus, ada delapan cara memperbaiki otak. Berikut delapan cara tersebut:

Fokus perhatian

Jangan sampai padatnya agenda membuat hari Anda berantakan. Agar pikiran tak buyar, cobalah untuk berlatih membagi perhatian. Buat bagan kehidupan Anda menjadi beberapa bagian seperti pekerjaan, keluarga, kesehatan, dan sebagainya.

Cek berkala, apakah ada sisi kehidupan yang butuh perhatian. Dengan begitu, suatu kepentingan tak akan mengorbankan kepentingan lainnya dalam kehidupan.

Baca, tonton, atau dengarkan sesuatu yang baru setiap hari. Materi yang tidak dikenal akan merangsang area otak yang kurang dimanfaatkan dan membuat sel-sel otak ini lebih mudah untuk diaktifkan lagi di masa depan. Cara ini dapat membantu meningkatkan perhatian Anda secara keseluruhan.

Selain itu, coba juga beristirahat sejenak dari tugas-tugas yang membutuhkan perhatian panjang. Fokus terhadap suatu hal terlalu lama akan membuat otak menginterpretasikannya sebagai hal yang tak penting sehingga bisa mengundang hal-hal yang mengganggu konsentrasi.

Mengulang

Buat catatan dan sering-seringlah membaca ulang. Pengulangan mencegah informasi terlupakan dan membantu memperkuat jaringan saraf yang menyimpan ingatan.

Bagi informasi menjadi beberapa bagian. Misalnya, mengubah urutan 8, 3, 2, 4, 9, 0, 1, 9, 8 menjadi 832-490-198. Ini membuatnya lebih mudah diingat.

Memori

Melupakan sesuatu yang sebenarnya sangat ingin kita simpan dalam memori merupakan bentuk kegagalan mengingat. Bentuk lainnya ialah salah ingat atau malah merekayasa ingatan.

Cobalah mengonsumsi banyak vitamin B. Zat gizi mikro yang dapat membantu memperkuat ingatan itu banyak ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan.

Gunakan mnemonik seperti rima dan akronim. Keduanya merupakan cara yang telah dicoba dan diuji untuk membuat informasi lebih berkesan sehingga gampang diingat.

Tulis daftar hal yang harus dilakukan setiap pagi dan kaji ulang secara teratur sepanjang hari. Tetapkan kebiasaan seperti meletakkan kunci pada kait tertentu. Ini akan membentuk tautan antara objek dengan otak.

Ada delapan cara yang bisa ditempuh untuk membantu memperbaiki kinerja otak. Berikut bagian kedua dari dua tulisan yang mengulasnya:

Pemecahan masalah

Tantang diri Anda dengan masalah yang semakin rumit. Dengan begitu, otak akan belajar untuk meninggalkan strategi lawas yang digunakannya dan mulai melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Kalau pikiran terasa mentok, geser perhatian ke hal lain lalu hadapi kembali ke masalah semula. Penyegaran seperti itu membantu membebaskan pikiran yang terkunci pada pendekatan pemecahan masalah yang sudah terbukti gagal.

Cobalah berolahraga ringan sambil memecahkan masalah. Berjalan atau jogging, misalnya. Ini membantu mengurangi perhatian yang terfokus karena kita perlu menggunakan beberapa sumber daya sadar pada aktivitas yang dilakukan.

Selanjutnya, coba juga brainstorming secara mandiri. Lebarkan perspektif. Semakin bebas pikiran, semakin besar kemungkinan otak menemukan solusi.

Kreativitas

Lihat keluar jendela saat menggunakan transportasi umum alih-alih menggunakan telepon genggam. Penelitian menunjukkan melamun dan bosan dapat membuat pikiran berkeliaran dan membantu mengembangkan kreativitas. Sambil melamun, coba bayangkan kalau itu dipakai di dunia nyata.

Gunting halaman surat kabar dan atur ulang kata-katanya untuk membuat pernyataan yang benar secara tata bahasa. Dengan menjaga kata-kata dalam struktur tata bahasa, kalimat-kalimat baru menyimpan secara makna, memaksa otak untuk melihat konten dengan cara baru.

Coba juga untuk meredupkan lampu. Penelitian oleh psikolog Universitas Stuttgart dan Hohenheim di Jerman pada 2013 mengungkap penerangan yang redup dapat memperbaiki kreativitas. Mereka menyebutkan gelap menciptakan perasaan bebas, memantik model pemrosesan yang lebih eksploratif.

Pengambilan keputusan

Lakukan curah pendapat (brainstorming) sebelum mengambil keputusan lalu tinggal tidur dulu sebelum bertindak. Seperti halnya pemikiran kreatif, pengambilan keputusan yang baik didapat dari inkubasi yang tidak disadari.

Mundurlah secara mental dari situasi dan tanyakan pada diri sendiri apa yang mungkin dilakukan oleh orang lain. Ini akan memaksa otak melihat situasi dari perspektif baru.

Pelatihan otak

Rangkaian latihan yang memadukan latihan pencarian visual dengan tantangan koordinasi motorik dan permainan pengambilan kata dapat memiliki manfaat luas. Namun, jika seseorang memiliki otak yang sehat dan dapat melakukan keterampilan normal, pelatihan yang terbaik adalah aktif di dalam komunitas, menikmati seni, mendengarkan musik, terlibat secara politis, dan menikmati kehidupan sosial.

Selain itu, latihlah sebanyak mungkin otot kognitif. Teka-teki silang adalah olahraga otak yang terkenal karena melibatkan beberapa elemen seperti ingatan, pemecahan masalah, dan sensitivitas spasial.

Haruskah meminum suplemen?

Suplemen yang mengandung vitamin dan mineral dengan dosis harian mungkin merupakan ide yang baik jika dirasa otak membutuhkan tambahan. Konsultasikan dengan dokter jika mengalami efek samping.

 

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply