Sariawan bisa muncul kapan saja. Kondisi ini membuat Anda malas makan dan sulit bicara dengan bebas. Biasanya, sariawan menyerang area pipi dalam, di bawah bibir, dan bagian bibir dalam. Pada beberapa kasus, sariawan bisa juga terjadi di amandel, yakni organ kecil yang ada di tenggorokan. Lantas, bagaimana cara menyembuhkan sariawan di amandel? Yuk, lihat cara mengobatinya berikut ini.

Cara menyembuhkan sariawan di amandel

Sariawan adalah luka pada jaringan lunak di dalam mulut. Luka ini kadang berwarna putih dikelilingi tepi kemerahan. Selain di area mulut, sariawan juga bisa terjadi di belakang tenggorokan atau di sekitar amandel. Satu atau dua hari sebelum luka tersebut muncul, Anda akan merasakan sensasi panas di mulut. Setelahnya, Anda akan mendapati adanya luka yang terasa perih. Umumnya, sariawan akan sembuh dalam waktu kurang lebih 2 minggu dengan sendirinya. Namun, Anda bisa melakukan perawatan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menyembuhkan sariawan di amandel, antara lain:

1. Pakai obat kumur

Melansir dari laman Mayo Clinic, sariawan bisa diobati dengan obat kumur yang mengandung steroid dexamethasone atau lidokain.

Obat ini bekerja untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda bisa mendapatkan obat ini baik dengan resep dokter maupun tidak, di apotek atau toko obat.

2. Kumur larutan baking soda

Cara mengobati sariawan di amandel selanjutnya cukup mudah dilakukan. Anda cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah sebagai obat kumur. Campurkan 1 sendok teh baking soda dalam 1/2 gelas air hangat dan aduk hingga rata. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama beberapa menit dan buang air bekas berkumur.

Lakukan ini secara rutin, misalnya 3 kali sehari. Perawatan ini dapat mengurangi infeksi yang menyebabkan sariawan. Jika tidak ada baking soda, Anda bisa gunakan larutan garam.

3. Kumur dengan susu magnesia

Susu magnesia adalah larutan kombinasi dari susu magnesium dan hidrogen peroksida. Walaupun disebut sebagai susu, larutan ini sebenarnya adalah obat.Untuk mengobati sariawan di amandel, Anda bisa membuat larutan dari hidrogen peroksida dan air, dengan perbandingan 1:1. Biasanya obat ini digunakan dengan cara dioles.Setelah mengoles campuran hidrogen peroksida, Anda juga bisa mengoles campuran susu magnesium pada sariawan.

Namun, untuk menyembuhkan sariawan yang berada di amandel tentu membuat hal ini agak sulit untuk dilakukan. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan campuran ini dengan cara berkumur.

4. Tingkatkan asupan vitamin C

Munculnya sariawan di amandel juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Jadi, untuk mengobati amandel ini, Anda perlu meningkatkan asupan vitamin C. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari makanan, seperti buah jeruk, apel, pisang, kiwi, dan paprika. Jika belum cukup, suplemen vitamin C bisa jadi pilihan.

Namun, sebelum menggunakan suplemen ini sebagai salah satu cara menyembuhkan sariawan, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

Haruskah pergi ke dokter?

Biasanya, Anda tidak harus sampai ke dokter untuk mengobati sariawan di amandel karena bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus, sariawan dapat memburuk dan butuh penanganan dokter. Berikut tanda-tanda sariawan yang harus diobati dengan perawatan dokter.

Sariawan terjadi lebih dari dua minggu
Luka sariawan lebih besar dari pada ukuran biasanya
Pengobatan yang Anda lakukan sebelumnya tidak menyembuhkan sariawan
Berbeda dengan sariawan biasa, sariawan di amandel tidak bisa diobati dengan obat topikal (oles), seperti salep fluocinonide atau benzocaine.

Dokter akan memberikan obat berbentuk obat kumur, tablet minum, atau semprot. Obat ini bisa bisa mencapai area lebih dalam, seperti sekitar amandel. Namun, perlu Anda ketahui bahwa obat sariawan semprot tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Jadi, hati-hati jika Anda ingin menyembuhkan sariawan di amandel pada anak. Dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan dengan tindakan perawatan mulut, seperti tidak mengonsumsi makanan yang memperburuk sariawan, menjaga kesehatan mulut, dan perbanyak minum air.

 

Sumber: hellosehat.com

Leave a Reply