Menghirup aromaterapi, mandi air hangat, hingga melakukan teknik pernapasan adalah beberapa metode yang dapat membantu Anda tidur nyenyak ketika mengalami insomnia. Namun, jika semua cara ini tidak cukup ampuh untuk mengatasi insomnia, akupresur bisa menjadi pilihan alternatif yang patut dicoba.

Bagaimana cara akupresur mengatasi insomnia?

Akupresur merupakan teknik pijat dengan cara memberikan tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh. Terapis akupresur menekan titik-titik ini menggunakan jari, telapak tangan, atau alat khusus yang terbuat dari kayu.

Prinsip akupresur sebenarnya mirip dengan akupunktur, yakni melancarkan aliran energi chi yang terdapat dalam tubuh Anda. Aliran energi chi yang terhambat dipercaya menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk insomnia.

Saat digunakan untuk mengatasi insomnia, akupresur akan memberikan beberapa efek positif bagi tubuh Anda. Di antaranya mengatasi tubuh yang tegang, membuat otot dan sendi lebih rileks, mengurangi cemas, serta meredakan nyeri dan rasa tak nyaman.

Teknik pijat ini juga dapat melancarkan peredaran darah, sistem getah bening, serta kinerja hormon. Dengan tubuh yang rileks dan sirkulasi yang lancar, tidur menjadi lebih nyenyak sehingga kualitas tidur pun meningkat.

Beragam titik akupresur guna mengatasi insomnia

Ada ratusan titik akupresur yang terdapat pada tubuh Anda. Di antara ratusan titik tersebut, berikut adalah beberapa titik akupresur yang dapat Anda tekan untuk mengatasi insomnia:

  1. Spirit Gate

Titik spirit gate terdapat pada lekukan di pergelangan tangan bagian luar, tepatnya di bawah jari kelingking. Untuk menemukan titik ini, raba pergelangan tangan Anda secara perlahan menggunakan ibu hari, kemudian ikuti langkah berikut:

  • Tekan dengan lembut menggunakan gerakan memutar atau naik-turun.
  • Lanjutkan selama 2-3 menit.
  • Tekan dan tahan bagian kiri dari titik tersebut selama beberapa detik, lalu lakukan pada bagian kanan titik.
  • Ulangi seluruh langkah tersebut pada pergelangan tangan sebelah kanan.

2. Persimpangan 3 yin

Titik persimpangan tiga yin terdapat pada kaki bagian dalam, tepatnya di atas pergelangan kaki. Selain mengatasi insomnia, titik akupresur ini juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid dan gangguan pada panggul.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan akupresur pada titik ini:

  • Tentukan titik persimpangan tiga yin pada kaki Anda. Caranya, tempelkan 4 jari tangan Anda di atas pergelangan kaki. Titik ini terdapat pada jari teratas.
  • Tekan titik tersebut dengan dalam menggunakan gerakan memutar atau naik-turun.
  • Lakukan selama 4-5 detik, lalu ulangi pada kaki satunya.

3. Wind pool

Titik wind pool terdapat pada sisi kanan dan kiri leher bagian belakang. Anda bisa menemukan titik ini dengan meraba sepasang tulang mastoid di belakang telinga. Susuri ke atas hingga Anda menemukan sepasang lekukan tepat di bawah kepala.

Anda dapat menekan kedua titik akupresur ini untuk mengatasi insomnia yang disebabkan oleh gangguan pernapasan, misalnya akibat batuk. Berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah menemukan titiknya pada leher Anda, tekan dengan kedua ibu jari.
  • Pijat dengan gerakan memutar atau naik-turun selama 4-5 detik.
  • Tarik dan embuskan napas dengan dalam selama memijat area tersebut.

4. Bubbling spring

Titik bubbling spring terdapat pada telapak kaki bagian atas. Titik ini terlihat jelas ketika jari kaki Anda menekuk ke dalam. Melakukan akupresur pada titik bubbling spring dipercaya efektif untuk mengatasi insomnia karena dapat memancing kantuk.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Awali dengan berbaring terlentang agar Anda bisa menekan telapak kaki menggunakan tangan.
  • Raih kaki Anda dengan satu tangan, lalu tekuk jari kaki Anda ke dalam.
  • Cari lekukan pada bagian atas telapak kaki Anda.
  • Tekan lekukan tersebut dengan dalam, lalu pijat selama beberapa menit menggunakan gerakan memutar atau naik-turun.

Akupresur merupakan cara alami yang cukup menjanjikan untuk mengatasi insomnia. Pasalnya, metode ini membantu tubuh lebih rileks, melancarkan peredaran darah, dan mengendurkan otot-otot sehingga tubuh Anda lebih siap untuk tidur.

Namun, segera periksakan diri Anda apabila insomnia berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan bertambah parah. Insomnia parah bisa menandakan kondisi yang lebih serius dan membutuhkan penanganan medis.

Sumber: hellosehat.com

Leave a Reply