Tak sedikit orang yang merasa sebal saat bangun pagi. Sebagian di antaranya bahkan lebih memilih untuk tidur lagi dan terbangun di siang hari. Padahal bangun pagi sangat penting, karena udara dan sinar matahari pada rentang waktu tersebut mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan.

Faktanya, bangun tidur di pagi hari bisa menjauhkan diri Anda dari berbagai macam penyakit mematikan, salah satunya kanker payudara. Menurut penelitian, wanita yang memiliki kebiasaan bangun lebih pagi memiliki risiko kanker payudara lebih rendah dibandingkan yang tidak.

“Wanita yang memiliki gen yang membuat mereka cenderung bangun lebih pagi memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 48 persen. Selain itu, wanita yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki penurunan risiko penyakit yang sama hingga 40 persen,” kata dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

Jadi, apakah Anda tertarik dengan manfaat tersebut? Jika ya, berarti sudah saatnya Anda berupaya untuk bangun pagi dengan lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk itu:

Berikut sejumlah tips rutin bangun pagi dengan segar yang bisa langsung dipraktikkan mulai besok.

  1. Cari alasan kuat untuk bangun pagi

Coba pikirkan baik-baik, apa motivasi Anda untuk meninggalkan kebiasaan bangun kesiangan jadi bangun lebih pagi? Alasan setiap orang mungkin berbeda-beda.

Bisa karena pekerjaan baru yang mengharuskan Anda bangun lebih pagi, ingin mulai berolahraga pagi sebelum berangkat, atau mungkin ingin lebih banyak waktu bersantai di pagi hari sebelum memulai kegiatan.

  1. Mulai pelan-pelan

Memang aktivitas yang sudah jadi kebiasan tidak bisa diubah semudah membalikkan telapak tangan. Jangan langsung melakukan perubahan drastis, sebaiknya Anda mulai secara pelan-pelan.

Cobalah untuk selama seminggu, bangun 15-20 menit lebih awal dari jadwal biasanya. Jika tips ini berhasil buat Anda bangun lebih pagi, selanjutnya coba bangun 1 jam lebih awal untuk seminggu berikutnya. Begitu seterusnya. Setelah sukses bangun 1 jam lebih pagi, coba untuk bangun 2 jam lebih awal selama seminggu selanjutnya.

  1. Tidur lebih awal

Apabila hari ini Anda tidak begitu lelah dan tetap sulit untuk tidur, Anda bisa membaca beberapa halaman buku, terutama buku-buku dengan pembahasan yang berat. Bagi sebagian orang, hal tersebut efektif untuk membuat mereka tidur lebih cepat.

  1. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur

Sedang enak-enaknya tidur tetapi jadi kaget terbangun karena suara alarm memang menyebalkan. Maka tidak heran jika Anda langsung memencet tombol snooze (tunda) tanpa banyak basa-basi. Tujuannya tentu supaya Anda bisa tidur lebih lama, meski cuma beberapa menit.

Jika ingin membiasakan bangun pagi, tips dari kami adalah letakkan alarm jauh dari tempat tidur Anda. Ketika waktunya alarm menyala, jadi mau tidak mau Anda harus beranjak bangun untuk mematikannya.

  1. Buat suasana kamar nyaman

Kamar yang nyaman memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika Anda sering gagal untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamar Anda.

  • Apakah berantakan?
  • Apakah warna dinding atau nuasa kamar terlalu mencolok?
  • Apakah kualitas kasur dan seprai yang digunakan kurang baik?
  • Apakah suhu kamar Anda tidak idea?
  • Apakah Anda tidur di area yang bising?

Tanpa disadari, berbagai hal tersebut bisa membuat Anda susah tidur. Maka dari itu, supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga bisa bangun pagi setiap hari, pastikan kamar Anda ditata yang baik.

  1. Hindari makan sebelum tidur

Alih-alih jadi cepat ngantuk, kefein justru membuat Anda terjaga. Akibatnya, tekad untuk bisa bangun pagi pun jadi sirna karena Anda semalaman tidak bisa tidur.

Selain itu hindari juga makanan berlemak dan pedas. Kedua jenis makanan ini bisa membuat asam lambung naik selama tidur sehingga membuat perut terasa mulas semalaman. Hal ini tentu akan menganggu tidur Anda

  1. Jaga pikiran agar selalu bahagia

Penelitian membuktikan bahwa cara untuk menjadi lebih bahagia adalah dengan menjaga pikiran tetap positif. Saat seseorang bahagia, segala hal akan diwujudkan demi mencapai apa yang diinginkan; salah satunya bangun pagi. Namun sebaliknya, ketika stres dan depresi melanda, Anda hanya ingin melewati hari dengan tidur lebih lama sampai siang.

  1. Atur strategi untuk menjaga kesehatan mental

Atur strategi yang tepat untuk menjaga kesehatan mental Anda. Hal ini penting, mengingat setiap orang perlu belajar sendiri untuk mencari tahu kapan mereka dalam kondisi terbaik. Salah satu cara jitu adalah dengan merencakan hal positif yang ingin dilakukan di pagi hari.

  1. Carilah makna berharga untuk menjalani hari

Penelitian menyebut, ketika Anda melakukan hal-hal yang menambah makna, tujuan, dan kesenangan dalam hidup, kebahagiaan bisa datang begitu saja tanpa perlu dicari. Nah, ketika Anda telah menemukan makna berharga di balik bangun pagi, maka semua hal akan terasa penuh arti.

  1. Cari akar masalah

Terkadang seseorang sulit bangun pagi karena memiliki gangguan tidur, seperti sleep apnea, insomnia, atau depresi. Tak jarang, saat pagi tiba dan terbangun, Anda tidak mendapat kepuasan dalam beristirahat.

Mulai sekarang, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter demi mendapatkan penanganan dengan tepat. Pihak medis akan mencari akar permasalahan dan menuntaskannya dengan sejumlah cara, seperti terapi atau konsumsi obat-obatan.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bangun pagi terasa menyenangkan. Tak lupa, terapkan gaya hidup sehat yang dapat menunjang upaya tersebut, seperti konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, olahraga teratur, hindari rokok dan alkohol, serta kurangi kebiasaan buruk seperti begadang.

Semoga  bermanfaat.

 

Sumber :

Hellosehat.com

Klikdokter.com

Leave a Reply