Tomat merupakan salah satu jenis buah ataupun sayuran yang paling sering dikonsumsi oleh orang-orang. Baik sebagai bahan campuran pada makanan ataupun diolah dalam berntuk tertentu, salah satu olahan dari tomat yang paling populer adalah jus tomat.

Kandungan gizi yang terdapat pada tomat

Tomat termasuk buah yang kaya akan kandungan zat gizi. Kandungan zat gizi yang ada pada tomat di antaranya adalah Vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor, magnesium, potasium, dan lainnya.

Di samping itu, tomat juga mengandung antioksidan yaitu likopen dan karotenoid yang baik untuk kesehatan dan kecantikan diri. Selain antioksidan, tomat mengandung flavonoid, dan fitosterol yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tomat yang kaya antioksidan dan likopen diperkirakan memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Penelitian menunjukkan, bahwa orang yang mengonsumsi jus tomat ditambah minyak zaitun selama setidaknya 10 minggu memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami sunburn akibat paparan sinar matahari.

Manfaat jus tomat bagi kesehatan

  1. Melindungi kesehatan jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen. Likopen adalah zat warna merah pada buah tomat yang matang. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung daripada mengonsumsi suplemen yang mengandung likopen.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kadar likopen yang lebih tinggi dalam darah meiliki risiko tingkat kematian yang lebih rendah terhadap orang-orang yang memiliki penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

  1. Meningkatkan penglihatan mata

Likopen pada tomat juga baik untuk mata. Selain likopen, tomat mengandung lutein dan betakaroten yang menurut penelitian, nutrisi tersebut memingkatkan penglihatan dan melindungi mata dari kondisi buruk termasuk katarak dan degenerasi makula.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Cairan dan serat dalam tomat dapat membantu orang yang rentan terhadap konstipasi. Menurut USDA satu tomat besar mengandung 6 ons cairan, dan 1,5 gram serat. Namun, ada beberapa orang keasaman tomat yang dimasak dapat memicu asam lambung dan gangguan pencernaan.

  1. Membantu menjaga gula darah

Tomat dapat menjadi makanan pelindung bagi penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, pengidap diabetes yang mengkonsumsi tomat matang selama 30 hari mengalami penurunan peroksidasi lipid, kondisi dimana radikal bebas menyerang lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan meningkatkan produksi pro kolagen yang membuat kulit tetap kuat dan awet muda. Para ilmuwan percaya bahwa lycopene pada tomat adalah kuncinya. Manfaat terbaik ketika tomat dimasak dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat meningkatkan penyerapan ke aliran darah.

  1. Membuang racun-racun

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan juga udara yang Anda hirup mungkin mengandung racun. Racun-racun ini bisa membahayakan tubuh bila tidak dikeluarkan. Manfaat jus tomat bisa membuang semua racun yang ada di dalam tubuh.

Kandungan klorin dan sulfur pada jus tomat meningkatkan fungsi hati dan ginjal yang merupakan organ ekskresi utama. Peningkatan fungsi ginjal dan hati ini akan membuat racun-racun di dalam tubuh terbuang sehingga tubuh menjadi tetap sehat.

  1. Mencegah penyakit kanker

Selain penyakit jantung, penyakit kanker juga perlu diwaspadai. Penyakit kanker bisa terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Konsumsilah jus tomat maka Anda bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Manfaat jus tomat bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang ada di dalam jus tomat.

Antioksidan bersifat antikarsinogenik karena mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang dibiarkan di dalam tubuh bisa mengubah sel-sel tubuh sehingga terjadi kanker. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari kanker maka konsumsilah jus tomat setiap hari.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang harus selalu dijaga agar terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteoartritis. Pengonsumsian jus tomat secara rutin mampu membuat tulang Anda tetap sehat.

Kandungan vitamin K di dalam jus tomat membantu kesehatan tulang Anda. Vitamin K memiliki peran untuk melakukan sintesis osteokalsin yang sangat penting bagi tulang. Osteokalsin ini memiliki kontribusi besar terhadap kesehatan tulang.

  1. Meredakan peradangan

Rasa nyeri dan sakit akibat radang tertentu biasanya akan menyulitkan hari-hari Anda. Manfaat jus tomat juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam jus tomat mengandung zat yang memiliki sifat antiinflamasi.

Inilah mengapa minum jus tomat bisa mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, minumlah jus tomat untuk mengurangi nyeri akibat radang sehingga radang yang sedang Anda alami bisa segera sembuh dan Anda bisa beraktivitas seperti biasanya.

  1. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Kondisi darah yang membeku memiliki risiko bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, cegahlah pembekuan darah dengan minum jus tomat.

Manfaat jus tomat bisa membantu mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan pada jus tomat yang kaya akan zat fitonutrisi akan mencegah terjadinya penggumpalan sel trombosit yang tidak normal.

  1. Menurunkan berat badan

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Jika Anda ingin menurunkan berat badan tetapi mengalami kesulitan maka mengonsumsi jus tomat akan membuatnya lebih mudah. Jus tomat dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat pada jus tomat akan memperlancar buang air besar dan menjaga kinerja usus dalam mencerna makanan. Pengolahan, penyerapan, dan pembuangan yang baik akan mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh secara berlebih.

  1. Mengatasi masalah pada rambut

Manfaat jus tomat juga bisa untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut Anda. Berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut kusam, rontok, dan lainnya bisa diatasi dengan mengonsumsi jus tomat secara rutin.

Kandungan vitamin dan mineral di dalam jus tomat akan menyingkirkan ketombe, menguatkan akar rambut, dan membuat rambut Anda lebih berkilau. Terapkanlah jus tomat seperti masker rambut selama 5-10 menit. Setelah itu bilaslah dengan air dingin. Lakukan cara ini seminggu 3 kali untuk mengatasi masalah rambut Anda.

  1. Mempercantik dan mengatasi gangguan kulit

Manfaat jus tomat juga bisa mempercepat regenerasi sel kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalam jus tomat bisa merangsang produksi kolagen sehingga membuat kulit lebih kenyal dan kencang.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat tomat pada tekanan darah diduga baru bisa terasa setelah mengonsumsi tomat secara teratur, setidaknya selama delapan minggu. Namun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut lagi. Untuk mengobati hipertensi, selain mengonsumsi obat antihipertensi, tidak ada salahnya mengonsumsi tomat secara teratur.

  1. Mengurangi risiko stroke

Suatu penelitian menunjukkan bahwa likopen yang terdapat pada tomat dapat mengurangi risiko terkena stroke. Hal ini diduga karena efek likopen sebagai antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, dan memperkuat kekebalan tubuh.

Banyak sekali manfaat jus tomat yang bisa didapatkan, bukan? Mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk menjadikan jus tomat sebagai salah satu minuman untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari.

 

Sumber :

Doktersehat.com

Alodokter.com

Liputan6.com

Leave a Reply