Ketika Anda mengonsumsi wortel yang mengandung beta-karoten, tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A dalam bentuk retinol. Retinol ini dapat ditemukan dalam sel-sel mata yang disebut dengan sel batang. Sel inilah yang akan mengonversikan cahaya menjadi gambar dalam otak, sehingga Anda dapat melihat dalam cahaya lemah.

Meski bermanfaat untuk kesehatan mata, nyatanya wortel juga memiliki manfaat lain. Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi wortel dengan dikunyah, Anda bisa mencobanya dengan cara di jus.

Jus wortel dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun, ternyata jus yang satu ini tak hanya baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Ada sederet manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari jenis umbi-umbian yang satu ini.

Nutrisi yang terkandung dalam satu gelas jus wortel

Seperti diketahui, wortel sendiri telah memiliki berbagai zat dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Warna oranye terang yang ada pada wortel menunjukkan kandungan gizi yaitu vitamin A dan C yang tinggi. Tidak hanya sampai situ, wortel juga kaya akan kandungan fitonutrien, seperti beta karoten dan antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas.

Kombinasi kandungan tersebut akan Anda rasakan dengan maksimal jika konsumsi wortel secara rutin dan dalam jumlah yang cukup yaitu sekitar 70-80 gram dalam satu kali sajinya. Menurut United States Department of Agriculture National Nutrient Database, satu gelas jus wortel umumnya mengandung:

  • 94 kalori
  • 2,24 gr protein
  • 0,35 gr lemak
  • 21,90 gr karbohidrat
  • 1,90 gr serat
  • 689 mg potassium
  • 20,1 mg vitamin C
  • 0,217 mg tiamin
  • 0,512 mg vitamin B6
  • 2,256 mikrogram (μg) vitamin A
  • 36,6 μg vitamin K

Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan

Berikut adalah manfaat jus wortel yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  1. Mendukung fungsi otak

Beta-karoten sebagai salah satu kandungan zat paling tinggi yang ada pada wortel, telah terbukti mampu menguatkan fungsi otak. Fungsi yang akan didapatkan otak dari asupan beta-karoten adalah peningkatan daya ingat dan pencegahan kerusakan akibat stres oksidatif.

  1. Mengurangi risiko kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wortel memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat manfaat jus wortel mampu menjadi penangkal yang hebat untuk zat radikal bebas, yang merupakan zat yang menyebabkan terjadinya kanker.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa wortel memiliki berbagai bahan kimia bioaktif yang mampu menghentikan perkembangan sel kanker dalam tubuh hingga mengurangi tingkat keparahan kanker, utamanya leukemia.

  1. Membuat kulit lebih sehat

Selain kandungan cairan pada jus wortel yang mampu menghidrasi kulit tubuh dengan baik, kandungan vitamin C dan antioksidan pada wortel dapat membuat tubuh memberikan tampilan kulit yan lebih baik.

Manfaat jus wortel juga dipercaya mampu mengatasi masalah kulit seperti adanya ruam atau kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu, zat antioksidan dari vitamin C pada wortel, yaitu karoten dan likopen sangat baik untuk mencegah teradinya peradangan pada kulit dan menjaga kesehatan kulit.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat jus wortel yang terakhir adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi jus wortel dalam porsi yang tepat terbukti mampu memberikan manfaat penurunan kadar kolesterol karena kandungan mineral kalium yang juga tinggi pada wortel.

  1. Mendukung kehamilan yang lebih sehat

Minum jus wortel selama kehamilan sangat bermanfaat bagi Anda dan janin. Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A bisa memperkuat tulang bayi dalam kandungan dan mencegah cacat lahir. Selain itu, vitamin C dan vitamin A dalam jus wortel juga berperan sebagai antioksidan pada kehamilan. Antioksidan melindungi ibu dan janin dari paparan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat menurunkan risiko infeksi.

  1. Memperkuat sistem imun

Wortel mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan. Sehingga vitamin C dalam segelas jus wortel dapat mendorong sistem kekebalan tubuh untuk dapat menangkal serangan penyakit seperti flu dan penyakit imun lainnya.

  1. Meningkatkan metabolisme

Jus wortel mampu meningkatkan sekresi empedu yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Menurut sebuah penelitian di tahun 2006 yang dilakukan pada seekor tikus, pemberian jus wortel dapat meningkatkan aliran empedu yang berkontribusi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme pada tubuh tikus berefek pada penurunan berat badan. Peneliti mengatakan, hasil serupa juga kemungkinan besar juga akan dialami oleh manusia.

  1. Penglihatan yang lebih kuat

Sering dikatakan bahwa makan wortel baik untuk mata. Ternyata ada kebenaran di balik klaim ini. Jus wortel adalah sumber beta-karoten yang baik, sejenis vitamin A, yang merupakan salah satu antioksidan paling kuat. Vitamin A membantu melindungi permukaan mata dan berkontribusi untuk penglihatan yang kuat. Minum jus wortel dapat menangkal berbagai gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan kebutaan.

Potensi efek samping dari jus wortel

Walaupun terdapat segudang manfaat jus wortel seperti manfaat nutrisi dan kesehatan, penting untuk minum secukupnya. Jus buah atau sayuran mengandung sedikit atau tidak ada serat, oleh karena itu mereka memberikan rasa kenyang terbatas dan tidak ada curah pada usus besar.

Juga, asupan beta-karoten yang berlebihan berpotensi mengubah warna kulit Anda. Vitamin inilah yang memberi wortel warna oranye. Jika Anda makan atau minum terlalu banyak wortel atau jus wortel, kulit Anda untuk sementara waktu akan sedikit berwarna kekuningan atau oranye.

Nah, itu dia manfaat jus wortel yang bisa didapatkan oleh tubuh. Agar manfaat jus wortel dapat dengan maksimal Anda rasakan, pastikan tidak menambahkan terlalu banyak gula saat membuat jus wortel.

Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi jus wortel dan ingin menambahkan rasa pada jus wortel dengan aman, Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis, madu atau perasan lemon.

 

Sumber :

Doktersehat.com

Hellosehat.com

Liputan6.com

Leave a Reply