Sakit tenggorokan seringkali muncul sebagai tanda-tanda flu atau batuk. Biasanya pada tenggorokan akan terasa sakit disertai gatal. Tentunya akan sangat mengganggu kegiatan anda sehari-hari di rumah, sekolah, maupun di lingkungan kerja.

Sakit tenggorokan

Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, menjelaskan gangguan tenggorokan ditandai dengan adanya kemerahan, bengkak, dan nyeri pada sekitar tenggorokan. Tak jarang sakit tenggorokan juga disertai dengan demam.

“Hal ini tentu saja sangat mengganggu karena akan menyebabkan rasa sakit dan kesulitan menelan sehingga mengganggu aktivitas penderitanya,” jelas dr. Helmin saat dihubungi detikHealth, Senin (3/9/2018).

Dibawah ini adalah 4 cara mudah dan paling cepat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Berikut tipsnya :

1. Minum Air Jahe Campuran Gula Merah

Jahe adalah bumbu masak yang memang sudah dipercayai banyak manfaatnya dan bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk sakit tenggorokan. Jahe akan membantu membunuh kuman yang menyebabkan sakit di sekitar tenggorokan. Anda bisa menambahkan gula merah untuk menambahkan rasa yang lebih enak.

2. Berkumur dengan Air Garam

Air garam dapat membantu menurunkan jumlah kuman penyebab sakit tenggorokan. Bahkan dengan takaran yang tepat, juga dapat menjaga kesehatan rongga mulut dan mencegah pembentukan plak gigi maupun timbulnya penyakit di rongga mulut.

3. Minum Air Campuran Lemon dan Madu

Air hangat akan membantu mengalihkan sensasi nyeri di tenggorokan. Sementara madu dipercaya mengandung antiseptik alami yang dapat membantu mengatasi kuman penyebab radang tenggorokan dan kaya akan nutrisi sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Konsumsi Permen Mint

Mengonsumsi perment mint seperti Woods’ Lozenges bisa memberikan sensasi melegakan tenggorokan dan sensasi menyegarkan pernafasan. Permen ini mengandung peppermint dan menthol yang alami sehingga bisa bekerja secara sinergis untuk melegakan dan membunuh kuman di tenggorokan.

Lakukan tips diatas untuk membantu meredakan sakit tenggorokan anda dan disarankan pada poin 1 sampai 3 gunakanlah air hangat.

Demikian uraianĀ 4 cara mudah dan paling cepat atasi sakit tenggorokan. Semoga Bermanfaat!

Selamat mencoba!

 

Sumber : health.detik.com

Leave a Reply