Sudah makan banyak tapi berat badan tidak naik. Mungkin ada kesalahan dari cara anda untuk menaikkan berat badan. Berikut ini adalah 10 solusi mudah untuk orang yang susah gemuk meskipun banyak makan. Diantaranya :

Awali dengan sarapan yang rutin

sarapan sehat

Seringkali anda pasti menghindari sarapan di pagi hari bukan? Namun sebisa mungkin, anda tak boleh melewatkan sarapan setiap pagi.

Anda bisa mengonsumsi tambahan 1 butir telur dan segelas jus buah setiap kali makan di pagi hari. Tak hanya berpengaruh pada pertumbuhan berat badan, sarapan juga sangat bermanfaat untuk ketahanan tubuh sepanjang hari.

Hindari begadang

Badan lemas akibat begadang

Hal satu ini mungkin bakal jadi yang paling sulit untuk dilakukan, apalagi kalau main handphone sebelum tidur. Padahal, begadang ini adalah musuh besar kalau anda ingin menggemukkan badan.

Tak ada efek baik dari begadang, justru bakal bikin buruk kondisi kesehatan anda. Parahnya, tak hanya bikin kurus, orang yang lebih sering begadang juga punya risiko lebih tinggi terkena penyakit ganas.

Kunyah makanan sampai halus

makanan yang halus akan lebih mudah diserap nutrisinya oleh tubuh. Nah, jika tidak dibikin halus seperti jus, maka kamu wajib mengunyah makanan sampai halus.

Mengonsumsi protein

Untuk menggemukkan badan dan bikin otot-otot kuat, pilihan sumber protein harus diperhatikan. Anda bisa mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian.

Tubuh seseorang membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari untuk membentuk otot baru.

Karenanya, kalau anda konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, maka proses pembentukan otot pun akan berjalan dengan baik.

Mengonsumsi susu

Segelas susu

Cara paling efektif untuk menggemukkan badan tanpa obat, bisa dengan mengonsumsi susu. Jika biasanya anda tidak pernah minum susu, cobalah mulai besok atau sekarang sediakan juga susu di meja kerja agar bisa sewaktu-waktu diminum sambil sibuk di depan komputer.

Bukan harus susu murni, kamu juga bisa mengonsumsi olahannya, seperti yogurt, puding, dan bahkan es krim. Kalau tak mau mengonsumsinya sebagai camilan, kamu bisa meminumnya sebagai minuman penutup sesudah makan siang.

Penuhi kebutuhan lemak

Anda juga harus mencukupi kebutuhan lemak untuk tubuh jika ingin menggemukkan badan. Dengan mencukupi kebutuhan lemak dan nutrisi lainnya, berat badanmu bakal lebih cepat bertambah.

Sumber lemak sudah ada pada banyak makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, seperti minyak sayur, kelapa, ikan, jagung, dan masih banyak lagi. Namun jangan lupa, tetap perhatikan porsi konsumsi lemak ini, karena jika berlebih juga tak akan baik untuk kesehatan.

Perbanyak konsumsi karbohidrat

Cara menggemukkan badan dengan alami dan sehat tanpa obat, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Banyaknya konsumsi karbohidrat ini bakal memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

Jangan minum sebelum makan

Untuk menghindari rasa kenyang datang di awal, usahakan jangan minum air sebelum kamu makan, ladies. Air cenderung bikin kenyang, dan tentu saja akan mengurangi nafsu makan kamu. Lebih baik minum air pada saat makan atau 30 menit setelahnya. Ini bakal membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Mengonsumsi camilan sehat

Makan lebih sering bukan berarti kita harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya lima kali sehari. Kamu bisa juga menambahkan camilan di sela kegiatanmu. Di kantor misalnya, kamu bisa menyediakan buah-buahan di meja, agar mudah dijangkau, bahkan saat kamu sedang sibuk bikin laporan di komputer.

Jika bosan dan ingin lebih bervariasi, tak hanya buah, kamu juga bisa pilih makanan lain yang tinggi nutrisi, seperti kacang kedelai. Namun alangkah baiknya jika kamu hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak, untuk mengurangi kadar kolesterol.

Mengonsumsi buah kering

Macam-macam buah kering

Anda mungkin sering melihat buah kering ini (misalnya kismis) ditambahkan pada makanan, seperti kue, puding, yogurt, dan smoothies. Namun, jangan salah mengira bahwa buah ini mengandung kalori yang sedikit. Justru, buah kering mengandung lebih banyak kalori dibandingkan buah segar. Dalam satu gelas buah kering mengandung 5-8 kali kalori dan gula yang lebih besar dibandingkan dengan satu gelas buah segar. Jadi, buah kering bisa menjadi solusi yang baik bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. Selain itu, buah kering juga mengandung antioksidan serta vitamin dan mineral.

Olahraga rutin

Tidak hanya melulu makan, hal lain yang perlu dilakukan untuk menambah berat adalah berolahraga. Berolahraga menjadi faktor penting sebagai cara ampuh menggemukkan badan karena hal ini untuk memastikan makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi otot bukannya lemak. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda dan lainnya.

Setelah membaca ini cobalah terapkan satu persatu di kehidupan sehari-hari anda. Tidak ada salahnya mencoba bukan?

Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber :

Leave a Reply