Skip to main content

Hai Sahabat, anda pasti ingin memiliki tulang yang kuat dan kokoh. agar seluruh aktivitas yang anda lakukan setiap hari tidak terhambat. di sini saya akan mengenalkan makanan dan buah apa saja yang mengandung kalsium cocok untuk menguatkan tulang.

 Manfaat yang bisa di dapat dari makanan yang mengandung kalsium antara lain adalah metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung kalsium juga bermanfaat bagi pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi.

Makanan Yang Mengandung Kalsium

 Makanan dengan kandungan kalsium cukup mudah ditemukan dalam lingkungan Anda. Oleh karena itu, anda dapat mengonsumsi berbagai makanan berkalsium tinggi berikut ini:

1. Susu

Sudah bukan jadi rahasia lagi Kandungan kalsium dalam 1 gelas susu sapi bisa mencapai 275-350 mg. Di luar sifatnya sebagai sumber kalsium, susu juga kaya akan protein, vitamin A, dan vitamin D.

2. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis olahan susu.makanan ini juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Di dalam 1 porsi atau setara dengan 250 gram yoghurt terkandung sekitar 260 mg kalsium. dan bisa menjadi alternatif asupan bernutrisi yang menyehatkan bagi tubuh. 

3. Keju

keju juga termasuk makanan yang mengandung kalsium dengan kadar yang cukup tinggi. dan anda bisa memilih jenis keju sesuai selera. Namun, keju parmesan umumnya mengandung kalsium yang lebih tinggi dibandingkan jenis keju lain. Dalam 30 gram keju parmesan terkandung sekitar 330 mg kalsium. 

4. Ikan

Ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tongkol termasuk ke dalam kelompok makanan yang mengandung kalsium. Selain mengandung kalsium, sudah dipastikan juga di dalam setiap jenis ikan tersebut terkandung berbagai nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ikan juga merupakan sumber makanan yang bisa diolah dalam berbagai macam jenis demi mengurangi rasa bosan dari jenis hidangan yang itu-itu saja.

5. Kacang-kacangan

 Makanan yang mengandung kalsium tinggi lainnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang kedelai, kacang tanah, almond, lentil, biji chia, dan biji wijen. Produk olahan dari kacang kedelai, seperti tahu dan tempe juga termasuk makanan yang mengandung kalsium tinggi yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang vegetarian.

6. Sayuran hijau

makanan yang mengandung kalsium selanjutnya yaitu kelompok sayuran hijau yang mencakup bayam, brokoli, pakcoy, sawi hijau, okra, dan lainnya. Namun, beberapa makanan yang mengandung kalsium tersebut mengandung asam oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Oleh karena itu, agar kebutuhan kalsium terpenuhi dengan baik, Anda juga perlu mengonsumsi jenis makanan yang mengandung kalsium selain sayuran. 

Nah, kini Anda telah mengetahui jenis-jenis makanan yang mengandung kalsium untuk tubuh. Jadi, tetap jaga asupan kebutuhan kalsium harian Anda dengan mengkonsumsi susu setiap hari seperti Frisian Flag Purefarm.

Di olah dari beberapa referensi

215 Comments

Leave a Reply