Skip to main content

Hai Sahabat, di sini aku akan menjelaskan 7 pantangan makanan yg wajib di ketahui bagi penderita jantung. meskipun penyakit jantung tidak dapat di sembuhkan.Namun, penderita dapat mengendalikan gejalanya dan mencegah keparahan penyakit ini dengan pengobatan serta penerapan gaya hidup sehat.

Pasalnya, jika penderita tetap mengonsumsi makanan pantangan penyakit jantung selama pengobatan, maka hasilnya tidak akan efektif. Penderita penyakit jantung disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah, sayur, ikan serta kacang-kacangan.

Nah, berikut ini ada beberapa pantangan makanan yg harus di ketahui penderita jantung ialah ;

1. Makanan Tinggi Kolesterol

Perlu diketahui bahwa penyebab sakit jantung yang paling sering ditemui adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah akibat plak. Di mana, plak tersebut terbentuk oleh lemak dan kolesterol yang sering dikonsumsi sehari-hari. Beberapa makanan tinggi lemak di antaranya daging dengan lemak, pizza, dan berbagai makanan gorengan.

2. Makanan Tinggi Gula

Penderita penyakit jantung disarankan untuk membatasi atau menghindari konsumsi makanan manis, seperti permen, kue manis, dan es krim. Buah kering juga menjadi buah pantangan penyakit jantung karena kandungan yang tinggi gula sehingga perlu dibatasi.

3. Daging Olahan

Berbagai jenis daging olahan, misalnya kornet, daging asap, atau sosis cenderung mengandung pengawet, seperti nitrit dan garam. Pasalnya, garam dapat meningkatkan tekanan darah dan mengurangi aliran darah yang kaya oksigen menuju jantung.

4. Daging Merah

makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit jantung adalah daging merah, seperti daging sapi, domba, atau babi. adapun dikonsumsi sebaiknya membuang lapisan lemak yang menempel pada daging merah.

5. Makanan Asin

Penderita penyakit jantung disarankan membatasi konsumsi makanan atau camilan asin, seperti keripik kentang, makaroni gurih, atau camilan ringan lainnya.

6. Makanan Cepat Saji

makanan cepat saji atau fast food, seperti pizza, burger, atau kentang goreng. Jenis makanan tersebut sangat tidak direkomendasikan bagi orang yang memiliki masalah dengan jantung atau berisiko tinggi mengalaminya. Hal ini dikarenakan, fast food mengandung lemak jenuh, natrium, dan kalori yang cukup tinggi.

7. Margarin dan Mayonaise Tinggi Lemak

Makanan ini dikhawatirkan dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh dan memperburuk kondisi jantung. Gunakan yogurt rendah lemak sebagai pengganti mayonaise atau minyak zaitun untuk menggantikan margarin.

maka, pantangan makanan wajib di perhatikan dan di batasi bagi anda yang menderita penyakit jantung. semoga bermanfaat ya…

( Di olah dari berbagai referensi )

182 Comments

Leave a Reply