Skip to main content

Fenomena bangkitnya seorang remaja putri dari kematian di probolinggo, membuat heboh dunia maya yang menimbulkan banyak asumsi tentang “Bangkit dari Kematian” atau sering kita kenal dengan fenomena Mati Suri. Ya, memang kematian merupakan Takdir Allah yang tidak ada satu orangpun dapat mengetahui sebelumnya kapan ia datang. Pun demikian wajar apabila publik dihebohkan ketika ada seseorang yang “bisa hidup kembali”. Harap-harap cemas tentang kematian pun seringkali membuat kebingungan dan kesedihan mendalam orang disekitar. Lalu, bagaimana cara sederhana agar kita dapat memastikan bahwa seseorang ini sudah meninggal? Mengutip dari laman detik.health  , berikut 5 cara memastikan seseorang masih hidup atau sudah meninggal yang dapat dilakukan :

1. Cek Denyut Nadi

Pegang sisi leher orang itu dengan ujung jarimu. Rasakan denyutan pada daerah tersebut. Apabila masih berdenyut, berarti jantung orang itu masih bekerja. Namun, jika kamu tidak merasakan denyutan apapun, tandanya orang itu sudah meninggal.

2. Goyangkan Tubuh

Kamu bisa menggoyangkan tubuh orang tersebut dengan pelan dan rasakan pergerakannya. Orang yang sudah meninggal, tentu terbaring kaku tanpa melakukan pergerakan apapun.

3. Gunakan Cermin

Arahkan cermin atau permukaan apapun dari kaca di bawah lubang hidung orang tersebut. Apabila cermin tersebut berkabut atau berembun, tandanya masih ada napas pada orang itu. Namun, jika cermin itu tetap bersih tanpa adanya kabut, maka orang tersebut sudah tidak bernapas lagi.

4. Gunakan Senter

Arahkan sorotan sinar senter langsung ke mata. Jika pupil menyempit, adanya kemungkinan mereka masih hidup. Apabila tidak ada respons atau reflek dari mata, maka kemungkinan orang itu sudah meninggal.

5. Mengeluarkan Kotoran

Di detik-detik terakhir, seseorang yang meninggal biasanya akan mengeluarkan kotoran berbentuk feses dan air seni, tergantung seberapa banyak kotoran tersebut memenuhi kandung kemih atau usus. Cara ini menjadi indikasi lain untuk menentukan seseorang sudah meninggal atau belum.

5 cara tersebut dikutip dari laman detik.health. Nah, Sebagaimana kita diharuskan mengurus jenazah sesegera mungkin, maka apabila ciri-cirinya sudah kuat, pastikan kembali kondisinya melalui pemeriksaan oleh tenaga medis di sekitar kamu ya sahabat.

 

Source : Detik

68 Comments

Leave a Reply