Skip to main content

Aktivitas yang sibuk membuat seseorang mengorbankan waktu tidur malamnya untuk bekerja. Akibatnya, akan ada rasa kantuk pada pagi atau siang hari, sehingga memilih tidur pada waktu tersebut. Tahukah Anda ternyata bahaya tidur pagi bisa memengaruhi kesehatan tubuh?

Jika Anda mengalami gejala mengantuk yang ekstrim di pagi atau siang hari, ini adalah gejala hipersomnia. Hal ini bisa disebabkan oleh narkolepsi, gangguan sleep apnea, gangguan sering bergerak saat tidur, dan berbagai obat-obatan. Saat Anda merasa lelah di siang hari, mudah marah, dan sering tidur pada pagi atau siang hari, ini salah satu tanda Anda mengalami gangguan tidur.

Tidur saat pagi atau siang hari seringkali membuat kita sulit mengatur waktu tidur sehingga berisiko membuat kita kekurangan atau kelebihan tidur. Baik kelebihan maupun kekurangan tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh kita.

Berikut ini bahaya tidur pagi yang terkait dengan gangguan medis tertentu, di antaranya adalah:

  1. Diabetes
  2. Obesitas
  3. Sakit Kepala
  4. Gangguan metabolism
  5. Depresi
  6. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Nurses Health Study dilakukan dengan melibatkan 72 ribu wanita. Hasil dari penelitian ini adalah, jika wanita tidur terlalu lama atau terbiasa melakukannya hingga pagi hari, maka risiko untuk terkena penyakit jantung bisa meningkat hingga 38 persen lebih tinggi. Kekacauan metabolisme ditengarai ikut berpengaruh pada kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan signifikan.

  1. Anemia

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan tidur di pagi hari bisa menyebabkan datangnya anemia. Hal ini tidak hanya menyebabkan tubuh menjadi lebih lesu, melainkan juga bisa mempengaruhi kondisi organ atau jaringan tubuh secara keseluruhan.

Tidak hanya gangguan kesehatan tersebut, rasa kantuk yang berlebihan pada pagi dan siang hari bisa membahayakan keseharian Anda. Mulai dari mengemudi dalam keadaan mengantuk yang berbahaya, gangguan kemampuan mental dan emosi, serta mengganggu kinerja Anda.

Tips mengatasi rasa kantuk yang ekstrim untuk menghindari bahaya tidur pagi antara lain dengan mempertahankan tidur yang teratur, hindari minuman beralkohol dan obat-obatan yang menyebabkan kantuk, dan cerita kepada teman, keluarga, dan rekan kerja agar tahu masalah yang Anda hadapi serta membantu mencari solusinya. Jika tidur berlebihan Anda disebabkan oleh obat tertentu dari dokter, jangan langsung menghentikan konsumsi obat, terkecuali atas perintah dokter Anda. Berolahraga teratur dan menciptakan suasana nyaman pada kamar tidur akan membantu mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan.

 

Itulah penjelasan mengenai bahaya tidur di waktu pagi. Yakin masih mau tidur di waktu pagi?

Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber :

Alodokter.com

Doktersehat.com

2 Comments

Leave a Reply