Skip to main content

Tahukah Anda bahwa setiap sistem dalam tubuh Anda membutuhkan air dalam menunjang kerjanya? Contohnya saja darah mengandung cairan untuk membawa nutrisi ke sel-sel dalam tubuh Anda, air juga diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh, air juga yang menciptakan lingkungan lembab untuk telinga, hidung, dan tenggorokan. Sehingga, organ-organ dalam tubuh Anda ini bekerja dengan baik. Selain itu, air juga bermanfaat untuk mencegah batu ginjal dan sembelit.

Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kerjanya. Anda juga bisa mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menguras energi Anda dan membuat Anda lelah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition dan melibatkan wanita membuktikan bahwa kekurangan cairan sebanyak 1,36% setelah olahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi, juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Berapa banyak air putih yang harus diminum setiap hari?

Ternyata, kebutuhan air tiap orang bisa berbeda-beda. Walaupun Anda sering mendengar pesan minum air putih 8 gelas sehari, namun jangan terlalu terpaku pada hal ini. Bisa jadi Anda butuh minum air putih kurang atau melebihi rekomendasi ini. Tapi, pada umumnya minum air putih 8 gelas sehari (sekitar 2 liter) dapat mencukupi kebutuhan air banyak orang. Pesan ini juga mudah untuk diingat. Sehingga, pesan ini terus disampaikan pada Anda.

Namun begitu, Anda sendiri yang dapat menilai berapa banyak air yang Anda butuhkan. Kebutuhan air bervariasi antar individu. Yang paling baik adalah minum setiap kali Anda merasa haus, sehingga kebutuhan air Anda terpenuhi.

Haus merupakan isyarat dari tubuh Anda yang mengatakan bahwa tubuh Anda sedang membutuhkan air. Kenalilah setiap isyarat haus Anda. Jika Anda mengikuti isyarat tersebut, mungkin air yang Anda minum dalam sehari bisa kurang dari 8 gelas, atau bahkan lebih. Tak perlu memaksakan minum air putih 8 gelas kalau Anda merasa tubuh Anda sudah cukup terhidrasi. Dan tak perlu menahan diri juga bila Anda merasa masih haus setelah minum air putih 8 gelas seharian.

Lihat juga warna urin Anda untuk menentukan apakah Anda sudah cukup minum air putih atau belum. Jika kebutuhan air Anda belum terpenuhi, maka urin Anda akan berwarna lebih gelap. Artinya, Anda harus minum lebih banyak cairan lagi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya:

  • Tubuh manusia terdiri dari 75% air. Oleh karena itu, kita membutuhkan air sebanyak 8 gelas untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.
  • Air membantu tubuh Anda untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel dan organ tubuh Anda.
  • Air akan membantu membersihkan tubuh Anda dan membuang zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dan menyingkirkan sisa metabolisme.
  • Air akan mengurangi risiko terkena batu ginjal.
  • Ketika musim panas, air akan mencegah Anda terkena dehidrasi
  • Minum air putih dapat membantu menurunkan tekanan darah
  • Minum cukup air akan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
  • Ketika Anda mengalami nyeri kepala hebat, air putih dapat membantu meredakan nyeri.
  • Kulit Anda akan menjadi lebih sehat dan bercahaya ketika Anda mengkonsumsi 8 gelas perhari.
  • Resiko terkena kanker juga menurun saat Anda minum banyak air putih.

Apa saja yang memengaruhi kebutuhan air seseorang?

Terdapat banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan air seseorang. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Aktivitas

Jika Anda banyak melakukan aktivitas, seperti olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, Anda butuh untuk minum lebih banyak air. Mengapa? Air lebih yang masuk ke tubuh Anda berguna untuk menggantikan cairan tubuh Anda yang hilang melalui keringat.

  1. Lingkungan

Anda membutuhkan air lebih banyak saat cuaca sedang panas atau lembab karena Anda lebih banyak berkeringat pada saat ini. Selain itu, jika Anda tinggal di ketinggian 2500 meter, Anda mungkin juga membutuhkan air lebih banyak. Pada ketinggian ini, Anda biasanya akan lebih sering buang air kecil dan bernapas lebih cepat, sehingga lebih banyak cairan tubuh yang terbuang dan Anda perlu menggantinya.

  1. Penyakit atau kondisi kesehatan

Saat Anda sedang demam, muntah-muntah, atau diare, tubuh Anda akan mengeluarkan lebih banyak cairan. Sehingga, pada saat ini Anda membutuhkan lebih banyak cairan yang masuk ke tubuh Anda. Namun, beberapa kondisi seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan penyakit hati, mungkin dapat membuat Anda harus membatasi asupan air Anda.

  1. Kehamilan dan menyusui

Pada saat hamil dan menyusui, wanita membutuhkan air lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan cairannya yang tinggi. Terjadi banyak perubahan di dalam tubuh ibu hamil, sehingga kebutuhan cairan ibu hamil pun meningkat. Ibu menyusui juga membutuhkan air lebih banyak untuk memproduksi ASI.

Nah, itulah alasan mengapa kita harus minum 8 gelas perhari.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

Dokter.idHellosehat.com

4 Comments

  • keoo01yu says:

    Dear immortals, I need some wow gold inspiration to create.

  • La mejor aplicación de control parental para proteger a sus hijos – monitoriza en secreto GPS, SMS, llamadas, WhatsApp, Facebook, ubicación. Puede monitorear de forma remota las actividades del teléfono móvil después de descargar e instalar apk en el teléfono de destino. https://www.mycellspy.com/es/

  • You’re so cool! I do not suppose I’ve truly read a single thing like this before.
    So good to find someone with original thoughts on this subject
    matter. Seriously.. many thanks for starting this up. This site is one thing that is
    required on the web, someone with some originality!

    Here is my web blog … vpn special code

  • Please let me know if you’re looking for a article author for your
    weblog. You have some really good articles and I believe I would be a good asset.

    If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love to write some content for your blog in exchange for a link back to mine.
    Please send me an e-mail if interested. Thank you!

    Here is my homepage :: vpn coupon code 2024

Leave a Reply