Skip to main content

Cukup banyak orang yang memilih untuk berbuka puasa dengan air kelapa muda karena bisa memberikan sensasi menyegarkan dan cepat menghilangkan dahaga. Daging buah kelapa pada minuman ini juga bisa menjadi pengganjal perut setelah seharian tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun. Tak hanya menyegarkan, pakar kesehatan menyebutkan jika berbuka puasa dengan air kelapa muda ternyata bisa memberikan banyak kebaikan bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

Dr. Tirta Prawira Sari, MSc, SpGK yang berasal dari Yayasan Gema Sadar Gizi menyebutkan jika air kelapa muda memang bisa mengatasi dehidrasi dengan efektif. Sebagaimana diketahui, karena tidak mengkonsumsi minuman apapun dalam waktu yang lama, kita bisa mengalami dehidrasi saat berpuasa. Selain bisa mengembalikan cairan tubuh, air kelapa muda juga bisa menyediakan berbagai elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

Saat terkena dehidrasi, ada baiknya memang kita mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan elektrolit layaknya air kelapa, kurma, jus jeruk, atau buah apel. Air kelapa sendiri ternyata memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga cukup baik untuk dikonsumsi saat merasa haus. Hanya saja, bagi penderita gagal ginjal, ada baiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan elektrolit tersebut karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatannya.

Mengapa sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang kaya elektrolit seperti air kelapa muda saat berbuka puasa? Pakar kesehatan menyebutkan jika elektrolit sangat dibutuhkan bagi sel-sel tubuh, khususnya yang ada pada saraf, otot, dan jantung. Dengan adanya elektrolit ini, maka tegangan aliran listrik di antara sel membran yang membawa impuls listrik untuk keperluan sinyal saraf atau kontraksi otot antar sel bisa tetap terjaga dengan baik.

Selain yang telah disebutkan, manfaat lain dari buka puasa dengan air kelapa adalah:

  1. Mengembalikan cairan tubuh dengan cepat

Penting sekali untuk mengonsumsi cairan yang bisa menggantikan cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa. Dengan menggantinya secara tepat, tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, misalnya kulit kering, badan lemas, serta keluhan tekanan darah rendah.

  1. Mengembalikan energi lebih baik

Air kelapa terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik karena kandungan gula alami di dalamnya. Dengan kembalinya kadar gula darah ke rentang optimal, tubuh Anda akan terasa lebih berenergi.

  1. Bebas lemak dan kolesterol

Berbeda dengan santan (coconut milk), air kelapa bebas dari kandungan lemak dan kolesterol. Karena itu, bagi Anda yang sedang menjalani pola makan rendah lemak, air kelapa dapat dijadikan sebagai salah satu menu yang dikonsumsi secara rutin.

  1. Obat tradisional

Dalam sebuah tulisan yang dipublikasikan di jurnal kesehatan oleh Prades, air kelapa ternyata memiliki peran yang sangat luas di berbagai negara. Bahkan, air kelapa bukan hanya bisa diminum, namun juga bisa bermanfaat sebagai pengobatan tradisional.

  1. Isotonik alami

Air kelapa disebut sebagai minuman isotonik alami berkat kandungan air dan mineral di dalamnya. Namun jangan samakan air kelapa dengan minuman khusus olahraga, karena keduanya memiliki kandungan dan peran yang benar-benar berbeda.

Minuman olahraga dikenal memiliki kandungan gula dan sodium yang cukup tinggi. Di sisi lain, air kelapa mengandung gula dan sodium yang lebih sedikit.

Itulah penjelasan mengenai manfaat minum air kelapa saat berbuka puasa.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

Doktersehat.com

Klikdokter.com

One Comment

  • urveillez votre téléphone de n’importe où et voyez ce qui se passe sur le téléphone cible. Vous serez en mesure de surveiller et de stocker des journaux d’appels, des messages, des activités sociales, des images, des vidéos, WhatsApp et plus. Surveillance en temps réel des téléphones, aucune connaissance technique n’est requise, aucune racine n’est requise. https://www.mycellspy.com/fr/tutorials/

Leave a Reply