Skip to main content

Ada pepatah yang mengatakan bahwa jangan bangun kesiangan agar rezeki tidak dipatok ayam. Bangun pagi disarankan karena dianggap dapat mempengaruhi kelancaran rezeki.

Pepatah tersebut ada benarnya. Bangun pagi merupakan salah satu tanda bahwa Anda orang yang rajin.

Seorang pria telah bangun pagi

Meski begitu bangun pagi juga memiliki manfaat untuk tubuh kita. Diantara  manfaat tersebut adalah :

1.Menghirup udara segar :

Kalian pasti sadar betapa pentingnya udara yang kita hirup setiap harinya, bukan? Bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk menghirup udara segar dengan tingkat polusi rendah. Udara yang kita hirup saat pagi hari memberikan manfaat yang lebih baik dibanding udara yang kita hirup saat siang hari. Pada saat siang hari, udara yang kita hirup sudah tercampur denga asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan debu yang terbawa oleh angin. Selain itu, pada saat pagi hari tumbuhan di sekitar kita masih menghasilkan oksigen yang belum terkontaminasi oleh apapun, dan hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru kita. Itulah pentingnya menghirup udara di pagi hari.

2. Memaksimalkan fungsi otak : 

Bangun pagi akan memaksimalkan fungsi otak karena oksigen yang kita hirup masih terbilang segar, kualitas oksigen yang baik ini akan memaksimalkan fungsi kerja otak. Kebiasaan bangun di pagi hari dapat memaksimalkan fungsi otak karena aliran oksigen ke otak menjadi lancar, sehingga kamu akan terhidar dari berbagai masalah yang berkaitan dengan otak seperti mudah lupa, dan daya ingat yang rendah. Gak mau kan kalau kita yang masih muda ini jadi mudah lupa karena jarang bangun pagi?

3.Mencegah kerusakan paru – paru : 

Oksigen di pagi hari juga berguna untuk mencegah kerusakan paru-paru dan berbagai macam penyakit lainnya. Pada pagi hari, menjelang fajar menyingsing, udara masih mengandung gas ozon yang baik untuk mencegah kerusakan paru-paru.

4.Paparan sinar matahari menyehatkan :

Cahaya matahari pagi yang hangat sangat penting untuk tubuh. Sinar mentari pagi kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, kamu bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, matahari pagi juga baik untuk kesehatan kulit karena tidak mengandung sinar ultraviolet yang bisa memicu kanker kulit.

5.Mengusir stres :

Kesegaran udara pagi, hangatnya matahari dan suasana yang masih cukup tenang membuat mood lebih baik. Dengan menikmati suasana pagi yang segar, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik. Sehingga kamu bebas stres dan lebih semangat menghadapi tantangan hari itu. Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui Medicmagic.

6.Dapat menyempatkan diri untuk sarapan :

Banyak orang melewatkan sarapan dengan alasan tak ada waktu. Padahal sarapan sangat penting untuk menyuplai energi tubuh dan fungsi kerja otak. Tanpa sarapan, tubuh akan lemas dan kurang energy. Otak pun tak dapat bekerja dengan optimal. Jika kamu bangun pagi, tentu tak perlu melewatkan sarapan. Kamu akan punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan sarapan dan bekal ke kantor.

7.Lebih Produktif :

Bangun pagi membuat seseorang lebih produktif. hal ini karena orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sementara orang lain masih tertidur. Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

Tips Mudah Bangun Pagi

Sayangnya tidak semua orang bisa bangun pagi dengan mudah. Kalau Anda salah satunya, tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda bangun pagi.

  • Matikan lampu dan benda elektronik

Cahaya yang terang dari lampu sebelum tidur dapat mengurangi dan memperlambat produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu kita merasa mengantuk. Demikian juga cahaya dari ponsel, komputer, laptop, dan TV. Disarankan untuk mematikan sumber cahaya paling tidak satu jam sebelum tidur.

  • Ketahui jam tidur yang dibutuhkan

Orang dewasa rata-rata membutuhkan tidur selama 7-9 jam sehari, tapi ada juga yang bisa segar bugar walau tidur hanya 6 jam. Sebaiknya cari tahu berapa banyak jam tidur yang diperlukan bagi tubuh Anda. Setelah itu tetapkan jam berapa Anda harus bangun. Misalnya jika Anda butuh 8 jam tidur dan harus bangun pukul 05.00, disarankan sudah tidur pukul 21.00.

  • Taruh alarm di tempat yang tidak mudah dijangkau tangan

Ketika mendengar alarm berbunyi, hal yang pertama yang sering dilakukan yaitu mematikannya. Apalagi jika alarm ditaruh di bawah bantal atau di meja samping tempat tidur. Untuk menyiasati hal tersebut, tempatkan alarm agak jauh, sehingga mengharuskan Anda bangun untuk mematikan alarm.

  • Langsung bangun

Setelah alarm dimatikan, segera duduk di tempat tidur dan gerak-gerakkan kaki Anda. Kemudian ambil napas dalam-dalam sebanyak 3-4 kali agar Anda lebih siap bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas.

  • Minum kafein

Kopi, teh hitam, teh hijau memiliki manfaat kafein yang mampu meningkatkan hormon serotonin dan dopamin, menaikkan mood dan energi, serta membantu lebih fokus.

Biasakan sarapan, melakukan meditasi, dan rutin berolahaga juga dapat membantu membuat bangun pagi menjadi hal yang lebih menyenangkan. Bagi sebagian orang, bangun pagi memang tidak mudah. Namun mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil, Anda bisa bangun pagi mulai dari sekarang agar tubuh menjadi lebih sehat dan semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber :

http://blog.benscrub.com/fakta-manfaat-kesehatan-bangun-pagi/

https://www.alodokter.com/manfaat-bangun-pagi-dan-cara-mudah-melakukannya

One Comment

Leave a Reply