Skip to main content

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi. Tanaman ini berasal dari daerah Mediterania, namun kini lidah buaya sudah banyak dikembangbiakkan di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.

Lidah buaya diketahui memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Itulah sebabnya, lidah buaya umum dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman.

Kandungan Nutrisi Dalam Lidah Buaya

Daging dan getah nyalah yang biasa diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya kaya akan senyawa dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

  • Beberapa daftar komponen aktif yang terkandung dalam lidah buaya adalah:
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin B12
  • Asam folat
  • Kolin
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Kalium
  • Mangan
  • Natrium
  • Seng
  • Tembaga

Lidah buaya juga mengandung delapan enzim yang semuanya membantu mengurangi peradangan di kulit dan pemecahan gula dan lemak di dalam tubuh. Bahkan, lidah buaya diketahui mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

Tak berhenti di situ. Penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antiradang, antiseptik, antivirus, antibakteri, dan analgesik.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah:

  1. Melembapkan kulit

Apa pun jenis kulit kamu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

  1. Membantu menghaluskan permukaan kulit

Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

  1. Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

  1. Membantu meredakan radang dan gatal

Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

Manfaat Lidah Buaya pada Berbagai Jenis Kulit Wajah

Jenis kulit wajah bermacam-macam, ada jenis kulit normal, kering, berminyak, dan sensitif. Masing-masing jenis kulit memiliki kebutuhan dan masalah yang berbeda, sehingga perlu dirawat dengan cara yang berbeda pula.

Berikut ini adalah berbagai cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit wajah berdasarkan jenis kulitnya:

  1. Kulit kering

Orang dengan kulit kering wajib menggunakan pelembap sebagai bagian dari rangkaian perawatan wajah, untuk menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat.

Gunakan gel lidah buaya ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Spray wajah yang mengandung gel lidah buaya juga dapat digunakan di tengah hari atau ketika wajah terasa sangat kering.

  1. Kulit normal

Kulit normal memang jarang bermasalah, namun tetap perlu dirawat untuk mencegah kekusaman dan penuaan dini, serta jerawat.

Gunakan gel lidah buaya sebagai pelembap. Masker dan serum wajah yang mengandung ekstrak lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat kulit normal, agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

  1. Kulit berminyak

Produk dengan lidah buaya dapat kamu gunakan untuk mencegah timbulnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Hindari penggunaan produk lidah buaya dengan bahan pelembap lain yang mengandung lanolin atau minyak mineral, agar kulit tidak terasa semakin berminyak.

  1. Kulit sensitif

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk lidah buaya yang tidak mengandung parfum atau alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Kamu bisa menggunakan tabir surya yang dilengkapi ekstrak lidah buaya untuk mengatasi rasa perih dan panas pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

Sebelum menjelaskan mengenai khasiat lidah buaya untuk kesehatan, perlu Anda ketahui bahwa lidah buaya adalah tanaman yang kaya akan antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, lidah buaya juga mengandung beberapa asam amino esensial.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  1. Menjaga kesehatan organ hati

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan organ hati. Detoksifikasi adalah kunci menjaga hati yang sehat. Jus lidah buaya adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Fungsi hati akan bekerja dengan optimal apabila mendapatkan nutrisi yang tepat dan terhidrasi dengan baik. Kandungan nutrisi pada lidah buaya yang bermanfaat untuk hati adalah fitonutrien.

  1. Mengatasi sembelit

Manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi lidah buaya adalah kemampuannya mengatasi sembelit. Konsumsi jus lidah buaya akan meningkatkan kadar air di usus Anda. Sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara peningkatan kadar air pada usus dan stimulasi peristaltik, yang membantu Anda buang air besar (BAB) secara normal.

Cobalah mengonsumsi jus lidah buaya ke dalam rutinitas harian Anda agar terhindar dari sembelit. Lidah buaya juga membantu menormalkan bakteri sehat dalam usus, menjaga keseimbangan flora usus sehat.

  1. Membantu menghidrasi tubuh

Karena lidah buaya adalah tanaman yang banyak mengandung air, maka dari itu tanaman ini adalah cara ideal untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi. Hidrasi yang cukup dapat membantu tubuh membersihkan kotoran.

Selain itu, bagi Anda yang ingin melakukan pemulihan kondisi pasca melakukan aktivitas berat, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah meningkatkan asupan cairan. Tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk membersihkan dan menghilangkan penumpukan asam laktat usai aktivitas berat. Karena itulah Anda membutuhkan lidah buaya.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Lidah buaya mengandung beberapa enzim yang dikenal dapat membantu dalam pemecahan gula dan lemak serta melancarkan pencernaan. Jika sistem pencernaan tidak bekerja dengan optimal, Anda tidak akan menyerap semua nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Lidah buaya dapat membantu menurunkan iritasi di lambung dan usus. Selain itu, lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa sakit dari sindrom iritasi usus (IBS) dan gangguan inflamasi usus lainnya.

Sementara itu, bagi Anda yang sering mengalami sembelit. Anda bisa mengonsumsi lidah buaya sebagai pencahar alami. Senyawa yang disebut anthraquinones pada lidah buaya adalah senyawa yang memiliki efek pencahar. Meski bisa digunakan untuk mengatasi sembelit, manfaat lidah buaya untuk penyakit ini perlu dilakukan penelitian lanjutan.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minuman yang dibuat dengan jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang secara efektif membersihkan sistem pencernaan dan sistem sirkulasi. Ketika tingkat penyerapan nutrisi meningkat, ini menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik dan juga meningkatkan kesehatan.

Ketika darah kaya akan oksigen, darah secara otomatis menyediakan nutrisi di dalam sel dengan lebih lancar. Sel-sel sehat ini memastikan kemampuan tubuh Anda untuk menangkal infeksi, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan berguna karena kemampuannya menetralkan bakteri berbahaya dan sifat peremajaannya bekerja di dalam tubuh agar tetap segar dan aktif sepanjang hari.

  1. Menghambat pertumbuhan kanker

Lidah buaya mengandung beberapa makrofag efektif yang menghasilkan nitrat oksida dalam jumlah besar, sehingga berpotensi sebagai antitumor. Dalam naturopati, ada banyak metode pencegahan kanker dan berbasis lidah buaya telah terbukti menjadi salah satu yang paling sukses.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antitumor dan imunomodulator ini disebabkan oleh adanya polisakarida di lidah buaya. Namun, beberapa ahli mengatakan ketika hanya mengandalkan lidah buaya, manfaat lidah buaya untuk kesehatan mungkin tidak terlalu efektif dalam kasus lanjut, jadi kombinasi herbal seperti spirulina, cakar kucing, dan terapi seperti vitamin C intravena juga harus dimasukkan. Sebelum memulai segala jenis pengobatan kanker, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Menurut sebuah penelitian, lidah buaya mungkin memiliki beberapa manfaat dalam mengendalikan gula darah di antara orang-orang dengan prediabetes dan diabetes tipe 2. Para peneliti mencatat bahwa suplemen dengan jus lidah buaya membantu meningkatkan kadar gula darah saat puasa di antara para peserta.

Meski penelitian menunjukkan lidah buaya memiliki banyak manfaat khususnya pada penderita diabetes, penelitan lebih lanjut masih diperlukan.

Nah kalau rambut Anda sedang kusut dan rontok, Anda bisa mengoleskan masker lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu, rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur.

Namun perlu diingat, tidak semua orang cocok dengan lidah buaya. Jika muncul ruam kemerahan, gatal, atau perih pada kulit setelah diolesi lidah buaya, kemungkinan kamu mengalami iritasi atau alergi. Segera bilas dan hentikan penggunaan produk. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan dan saran penggunaan lidah buaya yang aman.

 

Leave a Reply