Skip to main content

Secara sederhana, pingsan adalah kondisi kehilangan kesadaran yang terjadi ketika otak tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup.

Pingsan mendadak tentu saja bisa bikin orang-orang di sekitar menjadi panik. Sebenarnya apa sih penyebab seseorang bisa pingsan mendadak? Simak penjelasannya di sini.

  1. Gangguan Peredaran Darah

Pingsan mendadak paling sering disebabkan oleh gangguan darah terkait fungsi saraf yang disebut nervus vagus. Pingsan yang disebabkan oleh nervus vagus ini disebut juga dengan pingsan vasovagal dan biasanya terjadi pada kondisi seperti berada di bawah cuaca yang sangat panas dan berdesakan, stres, dehidrasi, dan kelelahan.

  1. Situasi-Situasi Tertentu

Pingsan mendadak juga bisa terjadi pada situasi-situasi tertentu saja yang spesifik, misalnya batuk atau bersin terlalu keras dan saat buang air besar atau kecil.

  1. Perubahan pada Tekanan Darah Secara Drastis

Pingsan mendadak juga sering terjadi saat seseorang mendadak berdiri dari posisi berbaring. Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan tekanan darah yang drastis dan mendadak akibat gravitasi dan perubahan postur tubuh.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga menjadi penyebab umum pingsan mendadak. Bila seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung mendadak tidak sadarkan diri sebaiknya waspada, karena kondisi tersebut seringkali merupakan kondisi yang gawat dan perlu mendapatkan penanganan medis secepat mungkin.

Penyakit jantung yang bisa menyebabkan pingsan mendadak, antara lain aritmia atau denyut jantung yang tidak teratur, sumbatan pembuluh darah jantung, ataupun gagal jantung.

  1. Gangguan Saraf

Penyebab pingsan mendadak lainnya adalah karena adanya gangguan saraf atau neurologis. Misalnya, stroke atau transient ischaemic attack (mini stroke). Selain itu, masalah kesehatan yang sepertinya sederhana, seperti migrain dan vertigo juga bisa menyebabkan pengidapnya pingsan mendadak. Namun, ini jarang terjadi.

  1. Masalah Psikologis

Pingsan mendadak kadang-kadang juga disebabkan oleh kondisi mental, seperti saat panik, cemas, ataupun stres. Meski demikian, kondisi ini perlu dibedakan dengan pengidap yang berpura-pura pingsan dalam kondisi tertentu yang lebih terkait dengan kondisi kejiwaan.

  1. Alkohol

Banyak orang yang kehilangan kesadaran setelah mengonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu. Hal ini karena selain memiliki efek sedatif (menenangkan), alkohol juga bisa membuat orang sering buang air kecil yang memicu dehidrasi serta melebarkan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah akan menurun dan memicu orang tersebut pingsan mendadak.

  1. Obat-Obatan

Obat yang bisa memicu seseorang pingsan mendadak, antara lain obat nitrat (menurunkan tekanan darah dengan cepat), stimulant (menaikkan suhu tubuh), serta opiate (menurunkan tekanan darah dan memperlambat pernapasan.

Nah, itulah 8 alasan mengapa seseorang bisa pingsan mendadak. Bila kamu pernah mengalami pingsan mendadak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dengan demikian, bila ditemukan adanya masalah kesehatan serius di balik pingsan mendadak yang kamu alami, maka dokter bisa segera melakukan penanganan

Nah, itulah penyebab dari pingsan mendadak.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber :

Halodoc.com

Leave a Reply