Skip to main content

Bagi orang Indonesia bubur ayam dan lontong sayur merupakan primadona untuk dijadikan sebagai sarapan. Namun dari kedua makanan itu, manakah yang lebih sehat?

Pakar kesehatan menyebut lontong sayur biasanya memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan bubur ayam. Hal ini disebabkan oleh jumlah sayuran yang lebih banyak dibandingkan dengan yang ada pada bubur ayam. Hanya saja, jumlah sayur di dalam lontong sayur juga masih belum cukup dan nutrisinya juga telah banyak yang rusak akibat dimasak hingga sangat matang.

Beberapa jenis sayuran yang bisa ditemukan di dalam lontong sayur adalah labu siam dan pepaya. Hanya saja, kandungan mikronutriennya biasanya sudah hilang karena terpapar suhu yang sangat panas saat dimasak.

Sementara itu, bubur ayam biasanya sudah menyediakan karbohidrat, lemak, dan protein. Kandungan sayurannya sangat minim sehingga kita tidak mendapatkan asupan serat yang dibutuhkan.

Meskipun begitu, jika kita memang ingin sarapan bubur ayam, kita bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi sayuran di waktu makan lainnya sehingga tetap bisa mencukupi kebutuhan serat harian.

Hasil gambar untuk bubur ayam dan lontong sayur

Menurut Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes, Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA) pun mengatakan bahwa definisi sehat bukan hanya dari bahan makanan yang dikonsumsi.

“Definisi sehat itu tidak ada bakteri yang berbahaya, virus, atau mikroba, terbuat dari air bersih,” ujarnya.

“Tapi sehat belum tentu seimbang,” lanjut Rita.

Rita menjelaskan bahwa lontong sayur lebih unggul dalam hal seimbang dari bubur ayam. Di dalam lontong sayur masih terdapat komponen sayuran meskipun kadarnya sangat sedikit dan zat gizinya telah hilang karena terlalu matang.

“Kalau lontong sayur ada pepaya atau labusiam, tapi tidak sesuai dengan porsi sesungguhnya. Dan karena kematangan zat gizinya jadi hilang, mikronutrien akan hilang dalam suhu panas,” jelasnya.

Sementara di dalam bubur ayam hanya terdapat komponen karbohidrat, protein, dan lemak, namun tidak terdapat komponen sayuran.

Nah itulah penjelasannya, sekarang kamu pilih bubur atau lontong sayur?

 

 

sumber :

  • doktersehat.com
  • health.detik.com

 

Leave a Reply