Skip to main content

Ini Penyebab Kenapa Kamu Masih Merasa Capek Meskipun Sudah Tidur Cukup

Apakah kamu pernah merasakan ini?

Pernah gak sih kamu merasa sudah benar-benar tidur cukup namun masih saja merasa ngantuk dan lelah di siang hari? Rasanya memang agak menyebalkan. Ketika kamu sudah bersemangat untuk menjalani hari namun siang hari staminamu mendadak turun dan kamu capek minta ampun.

Jika kamu penasaran kenapa kamu bisa capek minta ampun meskipun kamu sudah merasa cukup istirahat, lebih baik baca artikel ini sampai selesai! Karena ada hal-hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang tubuhmu sendiri.

  1. Sering merasa capek meski sudah tidur cukup? Mungkin kamu kurang berolahraga.

Duduk kerja selama hampir delapan jam adalah waktu yang terlalu banyak untuk dihabiskan dengan duduk saja. Kebiasaan ini jelas gak baik, karena berat badan hanya tertumpu pada satu titik sehingga akan membuat kita merasa lelah tak terkira. Juga, kebiasaan ini bisa memengaruhi kualitas tidurmu karena tubuhmu tak mengeluarkan cukup energi untuk tidur.

Coba deh kamu setiap jam berjalan-jalan selama lima menit untuk memberi sedikit penyegaran pada tubuhmu.

 

  1. Tubuhmu masih merasa lelah meski sudah tidur seharian, barangkali kamu dehidrasi!

Berapa banyak air yang kamu minum tiap hari?

Dehidrasi bisa menyebabkanmu merasa lelah. Banyak orang yang tak sadar bahwa mereka minum air putih begitu sedikit sepanjang hari. Alih-alih minum air putih, mungkin kamu malah terus-terusan minum kopi dan banyak minuman manis. Organ dalam tubuh tidak bekerja dengan optimal ketika cairan dalam tubuh berkurang. Pastikan kamu minum 8-10 gelas air putih setiap harinya.

 

  1. Merasa gak pernah cukup dengan tidur enam jam? Bisa jadi pola makanmu yang buruk.

Pola makan yang buruk bisa berdampak pada suasana hatimu sepanjang hari. Jika kamu makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi bisa menyebabkanmu lebih lelah dari biasanya. Nah, kalau kamu terbiasa makan nasi sebagai sarapan, mungkin sudah saatnya kamu mengubah pola makanmu.

Kamu bisa mengganti nasi dengan buah-buahan. Tak perlu terserang maag karena buah-buahan yang asam, lambungmu hanya perlu sedikit waktu untuk beradaptasi dan setelahnya kamu sudah bisa mulai rutin sarapan buah.

 

  1. Barangkali, penyebab kamu merasa capek terus itu bukan masalah fisik, tapi diam-diam kamu depresi dan atau stres. Dan kamu gak menyadari itu.

Kadang kita tak sadar bahwa kita sedang stres dan depresi, karena kita hanya merasakan lelah dan kurangnya motivasi. Mungkin kamu akan sadar bahwa ada sesuatu yang menyebabkanmu seperti ini.

Apakah kamu punya masalah akhir-akhir ini? Ada hal lain yang bikin kamu stres gak? Kamu bisa menganggap semua hal ini normal tapi sebenarnya stres juga bisa membuatmu lelah. Coba deh kamu sekali-kali ikut kelas yoga atau meditasi biar kondisi jiwamu stabil dan tenang.

 

  1. Pernah cek kesehatan? Bisa juga karena kadar gula darah yang gak seimbang.

Kadar gula yang gak seimbang bisa membuat tubuhmu kekurangan energi. Ketidakseimbangan ini bisa terjadi karena pola makanmu selama ini salah. Kamu makan terlalu banyak junkfoodyang terlalu banyak mengandung zat tak berguna dan akhirnya membuat kadar gula darah gak seimbang.

Cara paling mudah buat makan manis tapi kadar gula tetap seimbang adalah makan buah-buahan.

 

  1. Kamu merasa letih meski sudah istirahat lama? Mungkin tanpa sadar kamu sebenarnya punya masalah kesehatan.

Jika kamu pikir pola makanmu sehat, minum air putih cukup dan kamu gak merasa punya stres dan olahraga teratur namun tetap saja merasa lelah, maka ada yang salah dengan tubuhmu yang mungkin belum kamu tahu.

Banyak penyebab kelelahan luar biasa, salah satunya adalah anemia sehingga sel darah merahmu tak bisa membawa oksigen dalam jumlah cukup ke seluruh tubuh. Kondisi lainnya mungkin kamu memiliki gangguan tiroid. Jadi agar mendapatkan saran medis yang terpercaya, lebih baik kamu konsultasi dengan dokter saja.

Cukup ingat, jika kamu merasa jam tidurmu sudah cukup namun tetap merasa lelah, sebaiknya kamu mulai memerhatikan kualitas tidur yang baik agar tak merasa lelah di siang hari. Memiliki gaya hidup yang baik dapat memberimu manfaat yang besar, maka cobalah untuk membuat agar setiap tidurmu berkualitas.

 

Sumber : idntimes.com

Leave a Reply