Skip to main content

Banyak kegiatan atau pekerjaan yang menjadi rutinitas mengharuskan untuk selalu duduk, dan bahkan juga waktu duduk bisa mencapai seharian penuh. Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk di kursi selama lebih enam jam per harinya, maka Anda perlu berhati-hati dengan masalah dengan bokong Anda.

Beberapa hal berikut ini adalah dampak apabila seharian duduk :

1. Bokong Tidak Berfungsi (Tidak Bekerja)

Ketika aktifitas menuntut untuk duduk sepanjang hari yang terjadi adalah gluteus (satu dari tiga otot besar bokong) tidak berfungsi,” ujar salah satu pendiri dari Bespoke Treatments Physical Therapy, Dan Giordano, D.P.T., C.S.C.S.
Gluteus sendiri merupakan salah satu dari tiga otot besar bokong yang juga berpengaruh pada gerakan pinggul, rotasi punggung dan juga stabilitas punggung. Jadi kesimpulannya, jika bokong Anda bermasalah, maka kemungkinan besar bagian tubuh lain juga akan ikut bermasalah.

2. Sakit Punggung

Dampak yang sering dirasakan saat terlalu banyak duduk yaitu sakit punggung. Fleksor pinggul dapat menyempit akibat tidak aktifnya gluteus yang terjadi selama duduk seharian. Akibatnya, punggung akan merasa sakit dan itu terjadi karena membeloknya tulang belakang. Ketika hal ini terjadi, panggul tidak dapat memutar ke depan, sehingga menyebabkan tekanan pada punggung bagian bawah yang dapat menyebabkan sakit punggung.

3. Sakit Pada Anggota Tubuh Lain

Saat pinggul tidak bekerja sebagai mana mestinya, dampak lain yang di rasakan selain ke punggung adalah ke bagian-bagian tubuh lainnya. Karena kurangnya pergerakan pada pinggul ternyata sangat berdampak juga pada anggota tubuh lain seperti lutut sampai pergelangan kaki.

4. Bokong Lemah Dapat Mengganggu Latihan Rutin

Gluteus yang jarang digunakan saat sibuk bekerja dengan duduk akan mulai melemah. Hal tersebut dinamakan atrofi otot yang membuat gerakan olahraga menjadi tidak gesit lagi.

Tenang saja, Ini dia solusinya!

Bagaimana caranya agar tubuh Anda dapat fit meskipun bekerja duduk di dalam kantor seharian dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut ini:

1. Bergerak satu jam sekali

Duduk selama 40 jam seminggu sama sekali tidak sehat. Terkadang duduk dalam jangka waktu lama tidak bisa dihindari, jadi pastikan Anda bangun setidaknya satu jam sekali untuk membuat darah Anda mengalir dengan lancar.

2. Bersihkan ruang kerja

Ketika kita sedang duduk di depan komputer, banyak kuman yang saat itu ada di mouse dan keyboard Anda. Pastikan untuk membersihkannnya setiap hari untuk mendisinfeksi ruang kerja Anda dan mengurangi risiko terkena penyakit. Juga, pastikan untuk memiliki meja yang terorganisir, jika memiliki dokumen yang tersebar di mana-mana akan membuat pikiran seseorang menjadi tak karuan.

3. Minum banyak air

Pastikan untuk minum banyak air putih di tempat kerja untuk membantu Anda dalam memberi energi pada otot Anda. Dehidrasi (dimana kondisi tubuh kekurangan cairan) dapat disebabkan karena kurang minum air putih dan mengakibatkan sakit kepala sehingga membuat Anda tidak fokus dalam bekerja. Minumlah minimal 8-10 gelas sehari agar tubuh tetap sehat.

4. Aktif bergerak di luar kerjaan

Pikirkan semua aktivitas fisik yang Anda lewatkan saat Anda duduk di meja seharian. Dengan berolahraga di gym saat Anda selesai bekerja atau memulai untuk bekerja. Anda tidak hanya akan bugar dan sehat, tapi mood Anda juga akan meningkat dengan baik.

5. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Kuman ada di mana-mana termasuk di kantor ketika menyerang sistem kekebalan tubuh bisa membuat Anda terkena penyakit seperti flu. Jadi jaga agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap berjalan dengan baik dengan banyak minum vitamin C, serta banyak makan buah dan sayuran yang kaya antioksidan.

Nah itulah dampaknya beserta cara mengatasinya. Anda hanya perlu bergerak atau jalan sebentar tiap waktu untuk mencegah dampak nya tersebut. mudah kan?

 

 

Sumber :

  • detik
  • klinikita

One Comment

Leave a Reply