Skip to main content

Perkembangan dunia kedokteran modern saat ini memang tumbuh sangat pesat. Segela jenis penemuan baru dalam dunia medis sudah bisa mengobati banyak macam penyakit, yang sebelum tidak bisa disembuhkan. Selain itu, dukungan peralatan canggih dengan teknologi terkini, juga membuat pelayanan kesehatan semakin bagus dan mampu memberikan solusi terbaik bagi para pasien, separah apapun penyakit dan kondisinya saat itu.

Dalam mempelajari pengobatan tradisional dan tentang kesehatan kita sering bimbang atau ragu apakah yang kita lakukan ini benar atau salah menurut kesehatan. Kita mempunyai pemikiran dan pemahaman yang berbeda-beda ini seakan-akan kita menutup mata terhadap benar atau salahnya apa yang kita gunakan menurut ilmu kesehatan.

Masih banyak masyarakat awam yang tidak mengetahui bahkan tidak peduli dengan apa yang dilakukan ini benar atau salah menurut kesehatan. 

Meski begitu, ternyata tetap masih banyak masyarakat yang mempercayai pengobatan alternatif di Indonesia. Bahkan, di luar negeri yang menjadi sumber ilmu pengetahuan selama ini, juga memperlihatkan perkembangan pengobatan alternatif yang cukup signifikan.

Pengobatan tradisional yang familiar di Indonesia seperti pijat refleksi, totok punggung, akupunktur, bekam dan lain sebagainya. Pengobatan alternatif ini cenderung tidak membawakan efek samping yang cukup parah. Ini juga salah satu alasan masyarakat memilih pengobatan alternatif saat ini. Selain itu pula harganya yang relatif terjangkau.

One Comment

Leave a Reply