Skip to main content

Pernahkah kamu merasa sakit di bagian tengah atas perut yang diiringi mual atau perut kembung? Jika pernah, bisa jadi kamu mengalami sakit ulu hati. Setidaknya, ada enam penyebab umum yang bisa memicu rasa sakit atau nyeri di ulu hati. Simak ulasannya berikut ini.

Dalam ilmu medis, daerah ulu hati disebut dengan epigastrium. Letak ulu hati berada di bawah tulang dada dan di atas pusar, atau perut bagian atas. Rasa sakit atau nyeri ini dapat menyebar dari satu bagian ke bagian tubuh lainnya. Sakit ulu hati bisa ringan, namun bisa juga menjadi pertanda adanya masalah kesehatan serius yang perlu diobati.

Hasil gambar untuk ulu hati

Penyebab Terjadinya Sakit Ulu Hati

1. Penyakit asam lambung

Penyebab pertama yang paling lumrah adalah karena kamu menderita penyakit asam lambung. Nyeri ulu hati karena asam lambung ini terjadi ketika asam dari lambung kamu naik sampai ke kerongkongan dan tenggorokan, dimana hal itu menyebabkan rasa sakit dan terbakar. Hal ini juga sering disebut sebagai refluks asam.

Ada beberapa gejala yang kamu alami kalau kamu menderita penyakit asam lambung, yaitu: mual, muntah, kembung, kesulitan untuk menelan, dan sendawa secara terus menerus.

2. Merokok

Penyebab kedua yang dapat menyebabkan nyeri ulu hati adalah merokok. Yup, selain memiliki efek yang negatif terhadap paru-paru, rokok juga akan memberikan efek tidak baik untuk pencernaan kamu, Teens.

Hal ini karena dengan merokok, perut kamu akan memproduksi lebih banyak asam dan meningkatkan risiko asam lambung mengalami refluks ke kerongkongan sehingga ulu hati akan terasa nyeri.

3. Obesitas

Yup, kondisi tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus memang sangat tidak baik untuk kesehatan. Nah, kondisi tubuh terlalu gemuk atau biasa dikenal dengan obesitas ini ternyata dapat meningkatkan tekanan di perut, sehingga membuat asam di lambungmu naik ke kerongkongan dan berakhir dengan nyeri ulu hati.

4. Makanan dan minuman

Kita selalu dihimbau untuk memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita, bukan?

Nah, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari karena dapat menjadi pemicu datangnya nyeri ulu hati, yaitu: alkohol, kafein, minuman berkarbonasi, jus asam (jeruk, nanas, lemon), makanan asam, cokelat, makanan berlemak, dan makanan pedas.

Hubungi dokter, jika selama dua hari sakit ulu hati yang Anda alami belum juga membaik atau bahkan bertambah parah, seperti diiringi pembengkakan pada perut, demam, muntah, adanya darah pada tinja, muntah, merasa lemas, pingsan, atau sulit bernapas.

 

 

Referensi :

  • alodokter
  • teen.co.id

2 Comments

  • Howdy would you mind sharing which blog platform you’re working with?
    I’m going to start my own blog in the near future but I’m having a tough time making
    a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.

    The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for something completely unique.
    P.S Apologies for getting off-topic but I had to ask!

    Feel free to surf to my blog: vpn special coupon code 2024

  • You’re so cool! I do not suppose I’ve truly read anything like this
    before. So good to find another person with original thoughts
    on this topic. Really.. thanks for starting this up.
    This site is one thing that’s needed on the web, someone with a little originality!

    my web site – vpn coupon 2024

Leave a Reply