Skip to main content

Sayuran termasuk makanan wajib di piring sebagai pelengkap gizi seimbang. Selain kandungan vitamin dan antioksidannya, sayuran juga sarat phytochemical penting yang sulit didapat dari jenis panganan lain.

Pertanyaannya adalah, Bagaimana cara terbaik untuk mengolah sayuran agar nutrisinya tidak hilang dan optimal manfaatnya untuk tubuh kita?

Tidak semua sayuran dapat dikonsumsi mentah. Ada beberapa jenis sayuran dapat dimakan tanpa memasak terlebih dahulu sebelum dan ada beberapa sayuran yang perlu diolah terlebih dahulu seperti direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng sebelum kita makan.

Dibawah ini ada 6 cara memasak sayur yang baik, diantaranya :

  1. Menumis

menumis

Yang pertama adalah menumis, salah satu cara cepat memasak sayur di atas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di atas wajan melengkung pun sah. Tapi ingatlah, ketika Bunda memasak sayur dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jangan anda buang minyak tersebut.

  1. Memangang

memanggang-sayuran

Tips yang kedua adalah memanggang, kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah yang jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.

  1. Memasak Tanpa Air

memasaktanpaair

Sedangkan yang ketiga adalah tips memasak tanpa air, cara ini biasanya membutuhkan tiga hingga lima menit. Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci.

  1. Mengukus

mengukus

Yang keempat adalah mengukus, cara terbaik untuk mengolah bahan sayuran adalah dengan mengukusnya. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.

  1. Presto

presto

Tips kelima adalalah memasak dengan cara presto, memasak sayur dalam tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan nutrisi. Kendalanya, jika Bunda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggi menjadi pilihan anda. Selama bisa, hindari memasak sayuran dengan presto karena sayuran akan berubah menjadi lembek.

  1. Merebus

merebus

Yang terakhir adalah tips memasak sayuran dengan merebusnya, sebenarnya cara ini sangat tidak di anjurkan karena dengan merebus vitamin pada sayuran akan cepat berkurang. Jika Bunda harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin.

Sangat di sarankan dalam merebus biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan vitamin C dalam sayur menguap. Disarankan untuk tidak dan jangan pernah merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin C, 10 hingga 12 kali lipat.

semoga bermanfaat.

 

Sumber :

  • resepkoki.co
  • sharingdisana.com
  • gayahidup.republika.co.id

Leave a Reply