Skip to main content

Setiap orang pastinya senang mendengarkan sebuah lagu, apalagi dengan volume yang dikeraskan. Serasa menambah semangat dan gairah dalam jiwa untuk beraktivitas. Banyak aliran musik yang ada di dunia ini, baik itu musik tradisional atau modern pasti memiliki penggemar masing ‚Äď masing.

Hasil gambar untuk musik terlalu kencang

Padahal tanpa kita sadari mendengarkan lagu dengan cukup keras atau penggunaan earphone terlalu sering dan lama dapat memunculkan berbagai macam gangguan, seperti di bawah ini :

1. Gangguan Pendengaran

Bahaya pertama yang merupakan bahaya jika mendengarkan musik dengan sangat keras adalah hal yang berhubungan dengan pendengaran. Hal ini mungkin adalah hal yang banyak diketahui oleh orang karena kedua hal ini adalah hal yang bersangkutan. Seperti organ lain dalam tubuh manusia, telinga ini juga memiliki kemampuan dan batasan akan kemampuan tersebut dalam menjalankan tugasnya. Salah satu yang membatasi kerja telinga ini adalah suara yang melebihi 90 desibel. Jika seseorang terus mendengarkan suara musik yang keras, tentunya bukan hal yang aneh jika orang tersebut akan kehilangan kemampuan mendengarnya sedikit demi sedikit.

2. Penurunan Konsentrasi

Mungkin hal yang akan kita bahas satu ini adalah hal yang sangat berpengaruh bagi seorang pelajar atau orang yang bekerja dengan pikirannya. Hal ini karena salah satu bahaya mendengarkan musik dengan keras adalah karena dapat menurunkan konsentrasi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena pada saat seseorang mendengarkan musik dengan volume yang keras, maka pikirannya bisa menjadi tertuju pada musik yang didengarkan dan akan mengalami kesulitan dalam hal memahami hal lainnya. Dengan begini membuat seorang pelajar akan kesulitan dalam belajarnya bahkan akan mengalami ketidak mengertian ketika diajak bicara dengan orang lain.

3. Infeksi Telinga

Lagi-lagi hal yang merupakan bahaya dari mendengarkan musik dengan keras adalah gangguan pada telinga. Ya, seperti yang kita ketahui banyak earphone yang digunakan beberapa orang bersamaan tentunya bukan hal yang cukup baik bukan? Hal ini terjadi karena kita tidak mengetahui bakteri atau kuman apa yang ada di telinga seseorang. Dan karena ketidaktahuan kita tersebut, kita bisa saja meminjam earphonenya dan pastinya dapat diketahui akibatnya. Ya, akibatnya kita juga akan terkena bakteri tersebut sehingga bisa jadi mengalami infeksi. Infeksi yang terjadi ini juga bisa disebabkan oleh frekuensi menggunakan earphone yang sering.

4. Terganggunya Saraf

Bahaya berikutnya yang merupakan bahaya paling serius yang bisa disebabkan dari mendengarkan musik keras adalah masalah saraf. Mungkin jika sekedar mengalami luka atau gangguan kecil, tidak berpengaruh bukan? Namun jika hal ini sudah mulai terkena ke saraf maka hasilnya akan berbahaya. Awalnya hal ini akan menyerang saraf telinga yang nantinya jika terus dibiarkan maka akan mengalami gangguan pada saraf otak. Jika telah mengenai saraf otak yang merupakan saraf pusat ini, akan ada beberapa masalah lagi bukan?

Mendengarkan musik memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik Anda. Namun dengarkan dengan volume yang biasa saja agar kesehatan telinga Anda tidak terganggu.

Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber :

  • www.kesehatanpedia.com
  • segiempat.com
  • www.merdeka.com

Leave a Reply