Skip to main content

Akhir pekan memang waktu paling tepat dimanfaatkan untuk bersantai atau berkumpul dengan orang tersayang. Hari libur itu pun dihabiskan dengan berbagai cara, mulai dari menonton film atau drama di rumah hingga wisata sambil makan-makan. Meski terasa mengasyikan, kegiatan saat weekend tak jarang membuat tubuh jadi kurang prima ketika kembali beraktivitas di hari Senin.

Hasil gambar untuk sehat akhir pekan

Bagi Anda yang tengah menjaga kesehatan secara ekstra, lakukan tiga hal ini saat akhir pekan:

1. Jangan tidur

Pada pagi hari, Anda mungkin ingin berbaring di tempat tidur selama beberapa jam lebih lama. Tapi sebaiknya hindari ini jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Menurut National Sleep Foundation (NSF), tidur di akhir pekan dapat membuang jam internal tubuh Anda atau ritme sirkadian. Ini bisa membuat Anda lebih sulit tertidur pada waktu tidur yang biasa dan sulit bangun pada waktu biasa Anda bangun ketika sudah masuk minggu kerja.

Itu sebabnya yang terbaik adalah menjaga konsisten waktu tidur dan bangun Anda. NSF tidak menyarankan memiliki waktu tambahan tidur lebih dari satu jam di akhir pekan.

2. Berolahraga, setidaknya sekali

Jika hari kerja Anda terlalu sibuk untuk berolahraga, Anda dapat melakukannya di akhir pekan. Menurut sebuah studi baru-baru ini, Anda masih bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang serupa dengan orang-orang yang pergi ke gym setiap hari,

Gambar terkait

Dalam studi tersebut, para peneliti memeriksa apa yang disebut ‘prajurit akhir pekan’, yang menjejalkan latihan setara satu minggu menjadi hanya satu atau dua sesi seminggu. Para peneliti menemukan pejuang olahraga akhir pekan yang memenuhi pedoman aktivitas fisik 30 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena sebab apa pun selama periode studi sembilan tahun, dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan olahraga apa pun.

Pedoman aktivitas fisik merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang, atau 75 menit aktivitas kuat per minggu. Bahkan orang yang tidak memenuhi pedoman aktivitas fisik, tetapi berolahraga satu atau dua hari seminggu, memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah daripada orang yang tidak berolahraga.

3. Minum Air lebih Banyak

Saat bekerja, banyak pegawai yang menyediakan satu botol di meja sehingga tak lupa minum air putih. Namun ketika akhir pekan bersama orang tersayang tak sedikit orang yang memilih kopi atau minuman manis saat haus. Supaya tubuh tidak kekurangan cairan, tetaplah minum banyak air putih dan sediakan botol saat bepergian.

Nah itulah hal yang bisa dilakukan oleh kita saat akhir pekan. Setidaknya lebih baik meningkatkan produktivitas daripada bermalas-malasan bukan?

 

 

Sumber :

  • detik
  • republika

2 Comments

Leave a Reply