Skip to main content

Ayam dan bebek adalah dua jenis hewan yang dagingnya paling sering diolah ke dalam berbagai masakan di Indonesia. Namun, apakah Anda sudah pernah mencoba makan daging angsa? Ya, hewan berbulu putih ini sekilas mirip seperti bebek, hanya saja bentuk tubuhnya lebih besar dan lehernya lebih panjang. Daging angsa ini ternyata juga bergizi dan punya banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan gizi di dalam angsa diantaranya:

  • Kandungan energi 354 kilokalori
  • Protein 16,4 gram
  • Lemak 31 gran
  • Kalsium 15 miligram
  • fosfor 188 miligram
  • Zat Besi 2 miligram

Selain beberapa kandungan gizi tersebut, angsa juga mengandung  vitamin seperti vitamin A, dan vitamin B. Berdasarkan kandungan yang ada dalam angsa, angsa memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Angsa Untuk Kesehatan

Unggas yang dapat memiliki berat hingga 26 kg ini memiliki kandungan dalam tubuhnya yang bermanfaat untuk kesehatan dan kehidupan manusia. Manfaat angsa dibedakan berdasarkan bagian tubuhnya, diantaranya:

  • Daging Angsa.

Daging angsa sebenarnya masih menjadi sedikit perdebatan, karena sebagian orang berpendapat bahwa daging angsa tidak baik untuk kesehatan. Namun, menurut penelitian yang telah dilakukan, daging angsa memiliki kandungan protein dan juga memiliki struktur daging seperti minyak zaitun. Protein dalam daging angsa bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan jenis unggas lainnya. Protein dalam angsa mencapai 16, 4 gram. Mengkonsumsi daging angsa, dapat memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, manfaat daging angsa juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Daging angsa memiliki struktur daging yang hampir sama dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sama halnya dengan minyak zaitun, struktur daging angsa yang hampir sama dengan minyak zaitun memiliki manfaat yang baik pula untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Telur Angsa.

Tidak hanya dagingnya, telur angsa juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Dibandingkan daging angsa, kandungan protein dalam telur angsa lebih tinggi, yakni sekitar 20 gram. Telur angsa juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin A, yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Telur angsa juga memiliki kandungan kolesterol yang dapat memenuhi kebutuhan kolesterol harian dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, telur angsa juga mengandung folat yang baik untuk menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil.  Mengkonsumsi telur angsa yang direbus juga dapat mempercepat proses pembuahan yang sedang berlangsung. Kandungan dalam telur angsa dapat membantu stimulasi dalam proses pembuahan janin. Ketika janin sudah tertanam, telur angsa dapat menjaga asupan gizi janin terutama untuk membantu perkembangan otak janin. Telur angsa dapat membantu otak janin agar tidak mendapat gangguan semasa kehamilan sang janin dan dapat menghindari cacat lahir.

Putih telur angsa dapat menjaga kelembapan kulit secara alami. Menggunakan putih telur angsa sebagai masker dapat membantu menghindarkan wajah dari timbulnya jerawat. Sedangkan cangkang telur angsa juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan.

 

 

 

Sumber :

  • manfaat.co.id
  • hellosehat.com

 

Leave a Reply