Skip to main content

Stroke tidak hanya terjadi pada otak, namun juga bisa terjadi pada mata. Secara medis, stroke mata dikenal dengan istilah okulasi arteri retina. Kondisi ini terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah di retina. Ketahui lebih lanjut penyebab stroke mata dan pengobatannya.

penyakit-stroke-mata

Banyak orang yang kurang memahami penyebab stroke mata, namun secara garis besar berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Makanan berlemak

Makanan penyebab stroke seperti misalnya makanan yang mengandung lemak dan goreng-gorengan berpotensi menyumbat pembuluh darah. Jika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah mata, maka otomatis penglihatan akan terganggu. Suplai oksigen ke mata tidak lancar dan fungsi mata akan berkurang serta kabur.

2. Kurang olahraga

Penyebab stroke mata bisa jadi karena kurang olah raga. Malas olah raga membuat timbunan lemak bersarang dalam tubuh. Sehingga berpotensi menyumbat aliran darah.

3. Penyumbatan saraf mata

Aliran darah pada saraf mata yang tersumbat oleh lemak akan membuat mata tidak dapat berfungsi normal. Karena itu pantau terus kadar kolesterol dalam darah. Terutama kadar LDL dan trigliserida yang fatal pada penyakit stroke.

4. Mata lelah

Jika mata terlalu lelah dan dipaksa aktivitas maka aliran darahnya akan terganggu. Disini mata berpotensi mengalami stroke akibat stress mata dan kelelahan. Karena itu lakukan cara atasi stroke ringan yang paling efektif untuk mencegah serangan stroke pada mata yang lelah.

5. Komplikasi diabetes

Komplikasi diabetes umumnya terjadi pada mata. Penderita diabetes lebih beresiko mengalami katarak pada mata yang dapat menurunkan fungsi penglihatan. Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi berupa stroke mata. Dan saat ini tercatat sebagai penyebab nomer satu dari serangan stroke pada mata.

6. Glaukoma

Penyebab stroke mata yang lain yaitu penyakit glaukoma. Penyakit ini merupakan penyakit dimana tekanan darah mata meningkat tajam. Akibat dari penyakit ini yaitu kemungkinan terjadi komplikasi berupa serangan stroke pada mata. Karena itu sebaiknya kenali tanda dan gejala stroke sejak dini pada penderita glaukoma.

7. Hipertensi

Penyakit darah tinggi merupakan jenis penyakit yang banyak mengakibatkan serangan stroke. Oleh sebab itu hindari makanan yang mengandung banyak garam. Usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi tanaman obat untuk stroke dan buah-buahan.

8. Serangan jantung

Serangan jantung erat kaitannya dengan penyakit stroke. Karena biasanya penyakit ini terjadi juga diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah oleh lemak. Di fase terparah, serangan jantung diakibatkan pecahnya pembuluh darah. Dan bisa jadi hal ini bukan terjadi pada saraf penghubung jantung saja, namun bisa jadi juga pada saraf mata.

9. Obesitas

Obesitas berarti seseorang menimbun terlalu banyak lemak di tubuhnya. Inilah penyebab stroke nomer satu yang paling sering mengancam nyawa orang. Oleh sebab itu biasakan untuk menjaga berat badan pada batas normal. Supaya terhindar dari obesitas dan terhindar dari resiko terjadinya stroke pada tubuh.

10. Gaya hidup

Gaya hidup masa kini merupakan penunjang terjadinya stroke sejak dini. Misalnya kebiasaan merokok atau konsumsi minuman keras. Tanpa terasa gaya hidup yang demikian merusak tubuh dan memicu terjadinya stroke pada tubuh termasuk strok kepada penglihatan. Jika terlalu parah maka stroke yang terjadi pada mata akan mengakibatkan kebutaan dan tidak dapat disembuhkan.

Pengobatan untuk Stroke Mata

Pengobatan terhadap stroke mata tergantung dari penyakit yang mendasarinya. Beberapa pengobatan yang umumnya diberikan dokter mata dalam beberapa jam setelah gejala stroke mata mulai timbul, yaitu:

  • Memijat daerah sekitar mata untuk memperlebar pembuluh darah di retina.
  • Memberikan obat-obatan, seperti penghancur gumpalan darah, kortikosteroid untuk mata, dan obat untuk menurunkan tekanan di dalam bola mata.
  • Menghirup campuran karbon dioksida dan oksigen untuk membuat pembuluh darah retina melebar.
  • Membuang sebagian carian dari mata agar aliran darah ke retina kembali normal.
  • Terapi laser.
  • Memberikan terapi oksigen bertekanan tinggi atau hiperbarik.

Di samping itu, kondisi lain yang menyebabkan timbulnya pembekuan darah juga harus diobati. Semakin cepat pengobatan diberikan, semakin besar pula peluang Anda menyelamatkan penglihatan Anda.

Pencegahan Stroke Mata

Meskipun stroke mata tidak dapat sepenuhnya dicegah, namun Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi risiko munculnya stroke mata. Beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan:

  • Berhenti merokok.
  • Mengendalikan kadar gula darah, jika Anda berisiko atau menderita diabetes.
  • Pastikan tekanan darah Anda selalu dalam batas normal.
  • Rutin memeriksakan kadar kolesterol Anda. Apabila terlalu tinggi lakukan diet, olahraga teratur, dan mengonsumsi obat untuk membantu menurunkan kolesterol.
  • Menjaga berat badan ideal.

Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber :

  • alodokter.com
  • spesialissaraf.com

12 Comments

Leave a Reply