Skip to main content

Ketika Anda mulai merasa begah, biasanya ini karena tubuh Anda terisi terlalu banyak gas, air, atau zat-zat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Akibatnya, perut Anda akan terasa penuh dan membesar. Pada beberapa kasus, orang-orang mengeluhkan rasa sesak karena pakaian atau celana jadi terasa lebih sempit. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung. Misalnya makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, minum dari sedotan, makan permen karet, atau perubahan hormon yang terjadi pada saat perempuan menstruasi.

Hasil gambar untuk perut kembung

Jenis-jenis makanan tertentu bisa memicu perut kembung. Maka, berhati-hatilah jika perut Anda mulai terasa begah. Hindari makanan-makanan berikut ini jika Anda tidak ingin semakin mengacaukan sistem pencernaan tubuh.

Makanan asin

Makanan asin mengandung sodium yang tinggi dari garam. Kelebihan kadar sodium bisa menyebabkan retensi cairan atau keadaan di mana air tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, air akan tertampung terlalu banyak dan menyebabkan perut terasa penuh.

Produk dari susu

Untuk orang-orang yang mengalami kesulitan mencerna laktosa, mengonsumsi berbagai produk susu bisa meningkatkan risiko perut kembung. Laktosa sendiri adalah sejenis gula yang terdapat pada produk-produk susu. Agar laktosa bisa dicerna dengan baik, tubuh memerlukan enzim tertentu. Kekurangan enzim ini mampu menyebabkan pembentukan gas di dalam saluran pencernaan.

Kubis

Kubis mengandung raffinose, zat gula yang baru akan dicerna oleh proses fermentasi bakteri. Proses tersebut menghasilkan gas berlebih yang kemudian akan membuat Anda merasa kembung. Jadi, perhatikan porsi Anda ketika mengonsumsi kubis.

Makanan dengan pemanis buatan

Beberapa jenis pemanis tambahan memiliki kandungan zat-zat yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Zat-zat tersebut akan menumpuk dalam perut dan akhirnya membuat perut Anda terasa kembung. Sebaiknya batasi dan ingat-ingat takaran gula yang sudah Anda konsumsi setiap harinya.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menjadi obat kembung seperti dilansir dari indiatimes.com

1. Semangka

Semangka tinggi akan kadar air dan kalium. Kedua zat ini baik untuk mengobati perutmu yang sedang kembung.

2. Blewah

Tak hanya semangka, blewah juga mengandung air dan kalium yang dapat membatasi retensi cairan dalam tubuh sehingga bisa mencegah perut kembung.

3. Mentimun

Kamu pasti tahu bahwa mentimun kaya akan kandungan air. Sehingga mentimun memiliki sifat diuretik yang membantu detoksifikasi perut dan tubuh.

4. Air kelapa

Air kelapa tinggi akan sifat detoksifikasi. Sifat ini baik untuk mengobati perut yang kembung.

5. Yogurt

Yogurt adalah sumber bakteri yang sehat. Bakteri ini akan mengurangi kembung dan mempromosikan kesehatan pencernaan.

6. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan kandungan serat dan potasium. Kedua zat ini penting untuk menyingkirkan kelebihan air dalam perut yang membuatmu kembung.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau dikemas akan nutrisi yang membantu agar tubuhmu tetap fit dan sehat. Mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada, dan seledri yang kaya akan serat namun rendah kalori akan membantumu meredakan kembung.

Nah sahabat, itulah makanan yang dapat meredakan perut kembung dan makanan yang harus dihindari saat perut kembung. Semoga bermanfaat!

 

 

sumber :

  • hellosehat
  • merdeka

 

3 Comments

  • vpn special says:

    I love what you guys are up too. This sort of clever work and coverage!
    Keep up the great works guys I’ve included you guys
    to blogroll.

    Also visit my web site –

  • Have you ever considered publishing an e-book or guest authoring on other blogs?
    I have a blog based upon on the same information you discuss
    and would really like to have you share some stories/information. I
    know my readers would appreciate your work. If you are even remotely interested, feel free to send me an e
    mail.

    Feel free to surf to my blog post vpn special coupon

  • Howdy I am so thrilled I found your webpage, I really found you by error, while I
    was searching on Digg for something else, Anyways
    I am here now and would just like to say thanks a lot for
    a incredible post and a all round entertaining blog (I also love
    the theme/design), I don’t have time to go through it all at
    the moment but I have book-marked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep
    up the fantastic b.

    my webpage … eharmony special coupon code 2024

Leave a Reply