Skip to main content

Hampir semua bagian pohon pisang bisa digunakan dan memiliki manfaat, termasuk bunga pisang atau lebih akrab disebut sebagai jantung pisang. Jantung pisang punya banyak manfaat medis dan sebenarnya bisa kita konsumsi sebagai pengganti lauk pauk.

Selama ini kita hanya mengenal jantung pisang sebagai bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai bentuk. Namun, kita tidak tahu kalau ternyata, jantung pisang yang nikmat saat dibuat menjadi lodeh ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh kalau dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Berikut manfaat dari jantung pisang untuk tubuh selengkapnya.

1. Anemia

Bunga pisang kaya dengan zat besi. Besi merupakan mineral utama yang diperlukan untuk menjaga produksi sel darah sehat.

Jadi, bunga pisang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga bisa menyembuhkan anemia.

2. Siklus menstruasi

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diperbaiki dengan mengonsumsi bunga pisang. Selain itu, makanan ini juga bisa mengurangi pendarahan yang berlebihan dan nyeri panggul yang ekstrem.

3. Meningkatkan laktasi

Bunga pisang ternyata dapat merangsang saluran susu di payudara ibu yang baru saja melahirkan. Selain itu, produksi ASI pun jadi lebih banyak.

4. Obati diabetes

Studi telah menunjukkan kalau bunga pisang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah hingga batas tertentu.

5. Meningkatkan uterus

Bunga pisang yang mengandung nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dapat memperkuat dinding rahim Anda. Sehingga bisa mencegah infeksi rahim, serta meningkatkan kesuburan.

6. Meredakan sembelit

Bagian dari pohon pisang ini juga kaya akan serat. Sehingga dapat meningkatkan gerakan usus, jadi lebih mudah untuk limbah melewati usus. Itu bisa mengurangi sembelit, dan tumpukan.

7. Mengurangi peradangan dan infeksi

Peradangan, dan infeksi ternyata bisa juga diserap oleh bunga pisang yang memiliki sifat antibakteri, dan anti-inflamasi. Penyakit seperti maag, nyeri sendi, infeksi jamur dapat berkurang setelah mengonsumsi bunga pisang ini.

Kalau Anda memiliki masalah-masalah seperti yang disebutkan pada poin-poin di atas, mari coba memasak jantung pisang untuk hidangan.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Sumber :

  • doktersehat
  • idntimes
  • liputan6

One Comment

  • vpn 2024 says:

    I’m impressed, I must say. Seldom do I encounter a blog that’s both equally educative and amusing, and without a doubt, you have hit the nail on the head.
    The issue is something that not enough folks are speaking intelligently about.

    Now i’m very happy that I stumbled across this in my hunt
    for something relating to this.

    Feel free to visit my web site vpn 2024

Leave a Reply