Skip to main content

Siapa sangka ternyata beberapa bunga dari tanaman bisa dimakan. Ya, ternyata ada jenis sayuran bunga di alam semesta ini. Sebut saja bunga pepaya. Bunga dari tanaman buah pepaya ternyata bisa dimasak jadi sayur. Wah, selama ini mungkin anda mengetahuinya hanya buah pepaya muda atau daun pepaya saja yang bisa dijadikan sayur. Ternyata bunganya tak kalah. Bisa pula jadi sayuran bunga.

Manfaat bunga pepaya pun tak kalah dari bagian lain dari pohon ini. Melimpah dengan gizi. Kadar vitamin dan mineralnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian manusia. Makan sayuran bunga ini banyak sekali faedahnya. Maka anda memang perlu mencobanya. Misalnya, sayur bunga ini cocok sekali dijadikan sebagai obat alami penguat badan. Sayur ini dipercaya akan mengembalikan stamina yang goyah karena kerusakan sistem imun. Di bawah ini sudah kami susun berbagai manfaat dan khasiat sayur bunga pepaya untuk kesehatan:

manfaat bunga pepaya

manfaat bunga pepaya

  1. Mencegah kanker

Dikutip dari berbagai jurnal yang menayangkan hasil riset, mengonsumsi bunga pepaya dapat menurunkan resiko infeksi dalam tubuh. Seperti kita ketahui bersama bahwa peradangan merupakan cikal bakal tumbuhnya sel tumor yang berpotensi berubah menjadi kanker ganas.

  1. Menyembuhkan bisul lambung

Dalam bunga pepaya terdapat antioksidan tinggi yang berkhasiat mengurangi infeksi pada lambung. Selain itu, menyeruput teh dari daun atau bunga pepaya juga dapat membunuh cacing dan mikroorganisme berbahaya yang bersarang di organ pencernaan.

  1. Membantu sistem pencernaan

Selain bagian buahnya, bunga pepaya juga mengandung enzim papain yang berguna untuk membantu proses pencernaan sekaligus mencegah konstipasi.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Walau rasanya pahit, namun karena manfaat bunga pepaya yang banyak, membuat orang-orang mengabaikan rasa pahit itu. Bunga yang satu ini sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Sumber antioksidan

Ragam antioksidan dalam bunga pepaya sangat ampuh untuk melawan berbagai radikal bebas. Dengan demikian kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang dapat memicu kanker, penuaan dini, hingga gangguan kesehatan lainnya, dapat dihindari.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Teh atau sayur bunga pepaya juga ramah untuk penderita diabetes atau mereka yang mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam bunga pepaya tergolong rendah. Selain itu, bunga pepaya juga bisa menurunkan kadar insulin yang biasanya memicu munculnya penyakit diabetes.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat bunga pepaya berikutnya masih erat kaitannya dengan kandungan karbohidrat yang rendah pada bunga pepaya.

  1. Obat penurun demam

Sifat antipiretik yang melekat pada bunga pepaya menyebabkannya ampuh untuk menurunkan demam.

  1. Menurunkan kolesterol

Saat dikonsumsi sebagai bahan teh, bunga pepaya jantan akan menghasilkan fitokemikal atau senyawa antioksidan seperti flavonoid, sterol, tanin, serta polifenol. Selain bersifat anti-radang, anti-mikroba, anti-virus, anti-kanker, dan anti-alergi, kandungan fitosterol dalam teh bunga pepaya juga mampu menurunkan kolesterol.

  1. Memperlancar peredaran darah

Bagi Anda yang menderita hipertensi, coba konsumsi bunga pepaya secara rutin agar tekanan darah kembali normal. Nutrisi yang terkandung dalam bunga pepaya juga bisa memperlancar peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, maka otomatis penyakit berbahaya seperti stroke atau jantung bakal menjauh.

  1. Mencegah radang sendi dan reumatik

Bila ditumbuk, baik daun, biji, maupun bunga pepaya dapat digunakan untuk mencegah radang sendi atau encok. Jika Anda menderita radang sendi atau reumatik, maka bubuhkan hasil tumbukan tersebut di area yang sakit, diamkan selama 20 menit atau hingga rasa sakitnya mereda.

  1. Menaikkan jumlah trombosit

Selain mengobati encok, tumbukan daun serta bunga papaya juga bisa mendongkrak kadar trombosit. Oleh sebab itu, banyak orang memanfaatkan daun dan bunga pepaya untuk mengobati demam berdarah. Anda dapat mengeringkan tumbukan tersebut lalu merebusnya menjadi teh.

  1. Meregulasi siklus haid

Manfaat bunga pepaya berikutnya ini pasti merupakan berita gembira terkhususnya untuk kaum hawa. Bila siklus haid tidak lancar, maka teh yang terbuat dari biji, daun, maupun bunga pepaya dapat membantu memperlancar siklus haid.

Cara mengolah bunga pepaya agar rasa pahitnya hilang

Anda bisa menggunakan bantuan berbagai bahan berikut untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya.

  1. Garam dan daun jambu

Remas-remas bunga pepaya dengan garam, diamkan 10 menit, lalu bilas. Setelah itu rebus bunga pepaya, tambahkan beberapa lembar daun jambu agar rasa pahit bunga pepaya terserap olehnya.

  1. Garam dan asam jawa

Bila Anda kesulitan mencari daun jambu, maka gantikan itu dengan asam jawa.

  1. Daun singkong

Meski agak sedikit kontradiksi, dikarenakan daun singkong juga memiliki rasa pahit, namun cara ini patut dicoba. Cuci bunga pepaya sampai bersih, sebelum merebusnya bersama dengan daun singkong untuk menghilangkan rasa pahitnya.

  1. Tanah liat

Meski metode satu ini agak kurang higienis, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Anda dapat menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya dengan merebusnya bersama dengan air dan sedikit tanah liat. Angkat dan tiriskan bila bunga pepaya sudah mencapai kondisi setengah matang, lalu cuci bersih sebelum diolah menjadi masakan.

  1. Sendok

Cara ini lebih baik ketimbang sebelumnya. Ketika merebus bunga pepaya, maka jangan lupa masukkan sendok dalam air rebusannya supaya rasa pahitnya hilang.

Kiranya beberapa cara di atas dapat memotivasi Anda yang ingin memetik berbagai manfaat bunga pepaya bagi kesehatan. Selamat mencoba!

 

 

Sumber :

  • khasiat.co.id
  • mediskus.com

2 Comments

  • Hi there! This post could not be written any better!

    Going through this post reminds me of my previous roommate!
    He constantly kept talking about this. I will send this post to him.
    Fairly certain he’s going to have a great read.
    Thanks for sharing!

    Feel free to visit my web site:

  • It’s really a cool and useful piece of info. I am glad that you simply shared this useful info with us.
    Please keep us informed like this. Thank you for sharing.

    Here is my web blog … vpn coupon code 2024

Leave a Reply