Skip to main content

Hasil gambar untuk manfaat timun untuk wajah

Mentimun yang juga dikenal dengan sebutan ketimun atau timun adalah buah yang sangat kaya akan air dan vitamin. Buah bernama Latin Cucumis Sativus L ini mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti thiamine, asam folat, niacin, fiboflavin, vitamin B6, kalsium, magnesium, zat besi, silika, fosfor, biotin, potasium dll.

Saat ini mentimun cenderung lebih banyak dipakai sebagai bahan lalapan. Padahal, selain enak untuk dijadikan lalapan, mentimun sebenarnya juga bisa dipakai sebagai bahan perawatan wajah dan kulit.

Hasil gambar untuk manfaat timun untuk wajah

Berikut ada beberapa ulasan manfaat mentimun yang bisa kamu praktekan di rumah. Cara pengaplikasiannya cukup mudah dan manfaatnya akan terasa jika diterapkannya dengan teratur. Yuk simak penjelasan berikut!

  1. Menghilangkan Lingkaran Hitam

Manfaat timun untuk mata dan wajah memiliki kemampuan untuk menghilangkan lingkaran hitam dengan cepat dan aman. Kurang tidur adalah salah satu penyebab mata panda .Kandungan anti oksidan serta silica didalam mentimun bisa menghilangkan lingkaran hitam di sekitar kulit mata. Caranya sangat mudah, cukup hanya menempatkan dua irisan mentimun di kedua mata dan biarkan selama sekitar dua puluh menit. Atau celupkan kapas di dalam jus mentimun dan tempatkan di kedua mata untuk kompres sebagai cara alami menghilangkan mata panda.

  1. Menghilangkan Kantung Mata

Penyebab kantung mata hitam biasanya diatasi dengan cara menghilangkan kantung mata dengan es batu atau cara menghilangkan kantung mata dengan sendok. Apabila Anda punya masalah kantung mata maka mentimun dapat menjadi solusinya. Kandungan asam askorbat dari mentimun bisa mengurangi kandungan air pada kulit di sekitar mata dan mengurangi kantung mata yang ada jika ditempatkan di srea mata selama sekitar dua puluh menit. Pastikan mata Anda terpejam saat menempatkan mentimun. Selain itu ada juga manfaat air teh untuk wajah yang bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata.

  1. Menghilangkan Bintik Hitam

Mentimun juga dapat menghilangkan bintik hitam pada wajah sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang alami selain cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur. Cara menggunakannya dengan memarut mentimun dan menggunakan airnya untuk diusapkan ke seluruh wajah dan leher. Noda – noda hitam atau bintik hitam pada wajah akan berkurang seiring waktu jika memakainya dengan teratur.

  1. Memperbaiki Warna Kulit

Manfaat mentimun yang paling umum adalah memperbaiki warna kulit dengan cara mencerahkan kulit wajah dan cara memutihkan wajah secara alami. Cara membuat ramuan mentimun untuk memperbaiki warna kulit yaitu dengan mencampurkan mentimun bersama air perasan lemon dan digunakan ke wajah. Campuran ini sangat berguna untuk memperbaiki rona kulit dan memudarkan noda hitam dan cara memutihkan kulit secara alami.

  1. Mengatasi Sengatan Matahari

Kulit wajah bisa terbakar jika kita tinggal di bawah sinar matahari terlalu lama. Mentimun juga bisa mengatasi penyebab kulit hitam terbakar matahari  karena mempunyai khasiat mendinginkan kulit serta menenangkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan dari kulit yang terbakar matahari.

  1. Mengecilkan Pori – Pori

Mentimun bisa menjadi cara mengecilkan pori – pori besar secara alami jika digunakan sebagai toner wajah. Anda bisa memadukannya dengan beberapa tetes cuka apel, lemon, lidah buaya atau tomat. Bisa juga digunakan tanpa campuran apapun. Pori kulit yang terbuka akan segera mengecil dengan menggunakan mentimun.

  1. Mengatasi Wajah Berminyak

Penyebab kulit berminyak saat bangun tidur bisa diatasi dengan cara merawat kulit berminyak menggunakan masker yang dibuat dari mentimun dan pelembab untuk kulit berminyak. Ada beberapa cara membuat masker mentimun yaitu:

  • Parut setengah mentimun ke dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh air mawar. Pakailah ke daerah T yaitu dahi, hidung dan dagu pada wajah. Biarkan selama lima belas menit dan bilas wajah dengan air hangat.
  • Campurkan mentimun dengan daun mint secukupnya, dan gunakan pada kulit wajah. Masker ini terutama berguna saat musimpanas, karena bisa meredakan iritasi, radang dan kemerahan pada kulit.
  1. Meremajakan Kulit

Untuk meremajakan kulit ada beberapa cara menggunakan masker mentimun sesuai dengan campuran bahan – bahannya yaitu:

  • Cara pertama dengan mencampurkan setengah cangkir gandum, dua sendok makan madu, dan satu buah mentimun yang diiris serta lima sendok makan yogurt atau susu. Hancurkan dulu irisan mentimun sampai halus, kemudian tambahkan madu dan yogurt atau susu dan aduk. Kemudian tambahkan gandum dan biarkan beberapa menit baru digunakan ke kulit wajah. Manfaat madu untuk masker wajah, manfaat yogurt sebagai pelembab untuk cara mengatasi kulit wajah kering dan manfaat susu untuk kulit sangat baik untuk meremajakan kondisi kulit.
  • Cara kedua dengan bahan satu buah mentimun, setengah sendok teh air jeruk nipis dan satu putih telur. Campurkan semuanya sampai merata. Hancurkan mentimun sampai menjadi bubur dan saring. Tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis ke dalam campuran yang sudah disaring. Tambahkan putih telur dan aduk lagi agar rata, oleskan ke wajah. Biarkan selama lima belas atau dua puluh lima menit hingga mengering dan bersihkan wajah Anda.
  • Cara ketiga yaitu mencampurkan mentimun, putih telur, tiga lembar daun mint dan setengah cangkir yogurt. Haluskan mentimun dan daun mint lebih dulu lalu tambahkan putih telur dan yogurt. Tambahkan masker secara merata dan biarkan selama sekitar dua puluh menit. Bersihkan muka setelahnya.
  1. Merawat Wajah Sensitif

Kulit wajah yang sensitif mudah memerah, mengelupas dan mengalami radang, bahkan sangat mudah berjerawat. Mentimun bisa digunakan untuk merawat wajah yang sensitif dengan menggunakannya sebagai masker wajah dengan campuran apel serta oatmeal. Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif memang sudah lama dikenal memiliki manfaat eksfoliasi wajah  sebagai salah satu bahan pembuat masker untuk wajah yang sensitif. Cara mencampur mentimun dengan oatmeal dan apel yaitu:

  • Siapkan potongan mentimun dan apel yang sudah dibersihkan secukupnya saja.
  • Campurkan dengan satu sendok oatmeal sampai merata
  • Gunakan campuran tersebut di wajah dan biarkan sampai agak mengering sekitar dua puluh lima menit
  • Cuci dan bilas wajah sampai bersih
  1. Anti Penuaan

Mentimun mengandung caffeic acid dan vitamin C yang bisa berfungsi sebagai cara mencegah penuaan dini dan juga mengurangi keriput, mengatasi kulit yang rusak karena terbakar matahari dan sebagainya. Cara membuatnya yaitu:

  • Campurkan setengah potong mentimun yang sudah dihancurkan dengan dua sendok makan yogurt.
  • Aduk sampai kental dan biarkan selama lima belas menit pada wajah.
  • Bersihkan dengan air hangat.

Yogurt mempunyai manfaat eksfoliasi untuk kulit yang juga bisa membersihkan kotoran dan sel kulit mati. Jika dicampur dengan mentimun yang memiliki manfaat membersihkan kulit, kedua bahan ini akan bermanfaat untuk menghidrasi kulit.

  1. Mengatasi Kulit Kering

Masker mentimun dan alpukat bisa mengatasi masalah kulit kering pada wajah. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan setengah cangkir mentimun potong dan setengah cangkir alpukat, satu putih telur, dan dua sendok teh susu bubuk.
  • Campur semua bahan sampai membentuk tekstur seperti pasta
  • Masker ini bisa segera digunakan atau bisa juga dimasukkan lebih dulu ke kulkas selama setengah jam.
  • Gosokkan ke wajah dan leher sambil dipijat melingkar.
  • Biarkan selama tiga puluh menit atau sampai agak mengering
  • Bilas dengan air hangat, kemudian diikuti dengan air dingin.

Itulah 11 Manfaat Timun Untuk Kecantikan Wajah yang bisa kita terapkan secara rutin dirumah. Lakukanlah dengan rutin untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Sumber :

  • idntimes.com
  • klinikkecantikan.co.id
  • tipscantika.com

Leave a Reply