Skip to main content
Jamur tak hanya dikenal lezat, namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Ketahui kandungan nutrisi jamur lebih jauh, untuk mengambil manfaat jamur yang dapat menekan risiko penyakit berbahaya.

Hasil gambar untuk jamur sayur

Sayur jamur

Jamur kancing, shiitake, enoki, dan jamur tiram, merupakan jenis-jenis jamur yang biasa dikonsumsi. Jamur dapat dibuat sup maupun menjadi pelengkap berbagai jenis masakan, seperti capcai, spageti dan piza. Selain enak untuk disantap, penelitian mengungkap bahwa jamur memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain sebagai antiradang, antivirus, antibakteri, dan mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat lainnya :

1. Protein Pada Sayuran Jamur Sangat Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kadari protein pada jamur amat tinggi. Melebihi jenis makanan lainnya, seperti daging-dagingan dan tempe atau tahu. Sungguh sangat cocok dimakan semua usia. Supaya sel-sel tumbuh sempurna.

2. Memiliki Kandungan Karbohidrat

Jenis sayuran lain umumnya tidak memiliki kadar karbohidrat kecuali sayuran umbi. Tapi pada jamur ini ternyata ditemukan karbohidrat. Manfaat sayuran jamur sebagai sumber karbohidrat alternatif yang bisa menggantikan nasi.

3. Mengandung Vitamin B1

Vitamin B1 dikenal dalam sains sebagai Tiamin. Ini adalah salah satu jenis vitamin B yang larut dalam air dan memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat Vitamin B1 pada sayuran jamur bisa mencegah penyakit Sindrom Korsakoff, yaitu sebuah penyakit neurologis yang membuat penderitanya alami amnesia anterograd dan konfabulasi.

4. Kandungan Ribloflavin

Riboflavin dikenal pula dengan nama Vitamin B2. Sama dengan Tiamin, vitamin ini juga sangat penting untuk tubuh manusia. Khasiat jamur yang mengandung Vitamin B2 ini akan membuat tubuh anda mengalami proses metabolisme energi dan lemak yang lancar.

5. Memiliki Kandungan Niacin pada Sayuran Jamur

Niacin disebut pula sebagai Vitamin B3. Ini adalah senyawa organik yang penting sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Vitamin ini dilaporkan jurnal ilmiah memiliki peranan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, manfaat jamur yang mengandung Niacin ini juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Karena kelebihan Niacin bisa menyebabkan gangguan hati yang fatal.

6. Kandungan Vitamin B5 Pada Sayuran Jamur

Vitamin B5 dijuluki sebagai Asam Pantotenat. Sangat penting dalam metabolisme energi. Kekurangan Vitamin B5 bisa menyebabkan seseorang terkena kejang-kejang dan mati rasa di tubuhnya. Selain itu juga bakal sering insomnia dan gangguan pencernaan.

7. Sayuran Jamur Mengandung Pirodoxin

Pirodoxin dikenal sebagai Vitamin B6. Sangat penting dalam metabolsime karbohidrat menjadi energi. Vitamin ini juga membantu asam amino yang merupakan protein utama penyusun sel tubuh manusia.

8. Kadar Biotin dalam Jamur

Manfaat Sayuran Jamur mengandung Biotin yang merupakan nama ilmiah dari Vitamin B7. Dengan mencukupi kebutuhan Biotin di dalam tubuh anda, maka anda akan memiliki metabolisme energi yang lancar. Vitamin B7 akan membantu dalam pembentukan molekul glukosa yang oleh tubuh akan diubah menjadi energi.

9. Kandungan Asam Folat yang tinggi Pada Jamur

Manfaat sayuran jamur selanjutnya adalah pada asam folatnya. Yang merupakan salah satu senyawa vitamin B kompleks yang penting pula. Fungsinya membantu pembentukan sel darah merah. Sehingga anda terbebas dari penyakit anemia.

10. Vitamin B12 Pada Sayuran Jamur

Manfaat jamur selanjutnya ternyata mengandung Kobalamin yang disebut pula sebagai vitamin B12. Kobalamin bisa mencegah anda dari penyakit Anemia Megaloblastik, karena vitamin ini bisa melancarkan pembentkan sel darah.

Ternyata begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari jamur. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat!

 

 

 

Sumber :

  • alodokter.com
  • khasiat.co.id

6 Comments

Leave a Reply