Skip to main content

Lendir yang dikeluarkan tubuh seperti ingus atau dahak ternyata menunjukkan kondisi kesehatan. Dengan mengenali warna dan tekstur ingus, Anda dapat mengetahui gejala infeksi (bakteri atau virus) yang sedang menyerang tubuh.

Setiap hari, tubuh akan memproduksi lendir sekitar satu sampai satu setengah liter di beberapa jaringan penghasil lendir seperti hidung, mulut, dan tenggorokan. Dalam kondisi sehat, hidung tetap menghasilkan ingus. Hanya saja, orang jarang memperhatikan dan tanpa sadar menelannya.

Lendir yang dihasilkan hidung terdiri dari sebagian besar air, protein, antibodi, dan garam terlarut. Ini berfungsi menjaga lapisan hidung agar tetap lembap, sekaligus melindungi paru-paru dari debu, penyebab alergi, bakteri, virus, dan partikel lain.

Sementara tubuh yang terpapar alergi–seperti udara dingin atau kontak dengan sesuatu, umumnya memiliki tekstur ingus yang lebih tebal dan lengket. Dan jika Anda sakit, ingus biasanya diproduksi lebih banyak, lebih cair, dan mengalami perubahan warna sesuai infeksi yang terjadi.

Ilustrasi bersin

Berikut berbagai warna ingus yang bisa memberi gambaran mengenai kondisi tubuh Anda.

1. Bening

Warna yang pertama adalah bening. Jika ingus yang keluar saat sedang pilek berwarna bening, maka bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda dalam keadaan baik-baik saja. Sebab, ingus yang berwarna bening merupakan hal yang wajar karena lendir yang sehat adalah lendir cair yang berisi air dengan protein, antibodi, dan garam larut.

2. Kuning

Ingus yang berwarna kuning biasanya akan keluar setelah beberapa hari Anda mengalami pilek. Ini menandakan bahwa gejala pilek Anda sedang berkembang dan kemungkinan besar juga telah menjadi infeksi. Bukan hanya cairan berupa lendir saja yang akan keluar, melainkan juga sel darah putih yang turut ikut keluar. Kondisi ini akan terjadi selama 10 hingga 14 hari. Oleh sebab itu, segera lakukan pemeriksaan agar bisa ditangani dengan cepat.

3. Hijau

Ketika ingus yang keluar berwarna hijau, ini menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang melakukan perlawanan. Lendir yang keluar akan membawa sel-sel putih yang mati. Kondisi ini akan berubah menjadi memprihatinkan jika terjadi selama lebih dari 12 hari. Sebab, bisa jadi Anda mengalami sinusitis atau infeksi bakteri. Dan tentu saja, Anda harus segara pergi ke dokter dan memeriksanya secara serius.

4. Putih

Warna ingus yang terakhir adalah putih. Ingus yang berwarna putih menandakan bahwa terjadi pembengkakan pada jaringan yang meradang dan memperlambat aliran lendir. Hal ini membuat lendir kehilangan kelembapan dan membuatnya lebih tebal dan keruh. Selain itu, bukan hanya menjadi pertanda Anda sedang pilek, tetapi bisa jadi infeksi hidung.

5. Merah

Ini tanda bahwa jaringan hidung Anda kering, terdapat kerusakan, atau teriritasi. Warna merahnya berasal dari darah.

6. Coklat

Ini bisa jadi petunjuk bahwa Anda teriritasi dan terdampak polusi. Warna coklat ini bisa berasal dari darah yang mengering atau polutan. Namun, bila Anda batuk dan mengeluarkan lendir coklat, mungkin Anda menderita bronkitis.

7. Hitam

Ingus hitam biasanya terjadi bila Anda menghirup asap. Namun bila Anda bukan perokok, segeralah periksa ke dokter karena mungkin Anda sedang mengalami infeksi jamur.

Itulah penjelasan dan arti warna ingus terhadap kesehatan. Semoga bermanfaat ya.

 

 

 

Sumber :

  • suara.com
  • doktersehat.com
  • sains.kompas.com

Leave a Reply