Skip to main content

Sayur lodeh adalah masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah. Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan.

Bahan-bahan yang sering digunakan adalah labu jipang, kacang panjang, terung, petai, tempe, cabai, jagung kecil dan santan.

Masakan ini menyerupai kari, tetapi masakan ini menggunakan sayur-sayuran daripada menggunakan daging atau boga laut.

Gambar terkait

Sayur lodeh

Selain itu, lodeh juga dipercaya bisa membuat fisik jadi bugar. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat sayuran ini, silahkan simak manfaatnya di bawah ini:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat sayur lodeh bisa meningkatkan nafsu makan. Anda percaya? Tentu saja anda pasti percaya karena sudah membuktikannya sendiri. Apalagi jika anda memakan lodeh bayam, sayuran hijau ini seakan meningkatkan citarasanya sebanyak 5 kali lipat.

2. Menambah Stamina

Sayur Lodeh juga bisa meningkatkan stamina. Cocok untuk anda yang memiliki gangguan kesehatan dan sedang membutuhkan melejitkan stamina. Jika anda sedang sakit, sebaiknya segera saja makan sayur ini supaya stamina kembali sediakala.

3. Meningkatkan Kecerdasan

Makan sayur lodeh juga ada hubungannya dengan otak. Rasanya otak jadi lebih cerdas, makin cerdas, dan anda akan mudah berpikir. Sayuran ini sungguh begitu baik sekali untuk stimulus otak. Apalagi jika anda pandai memilih jenis sayuran yang untuk dilodeh. Lodeh labu bisa menjadi salah satu menu andalan.

4. Melancarkan Buang Air Kecil

Sebagaimana jenis sayuran lauk berkuah yang lainnya. Sayur lodeh juga bisa melancarkan buang air kecil. Anda yang mengalami penyakit susah kencing yang disebabkan karena gangguan ginjal, prostat, atau yang lainnya, semoga saja segera pulih.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit dapat pula disebabkan karena makanan yang dikonsumsi kurang air, dalam arti selalu makan yang padat-padat. Nah, sesekali cobalah masukkan menu sayur lodeh ke dalam menu makan anda. Semoga saja sembelit jadi sembuh.

6. Mencegah Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa berdampak buruk karena menyebabkan seseorang secara perlahan dan simultan bakal mengalami stroke. Nah, sebelum ini terjadi cegah segera dengan khasiat sayur lodeh yang ampuh sekali mengatasi kolesterol.

7. Menyehatkan Jantung

Jantung sehat juga ditunjang dari makanan yang dikonsumsi. Jika anda ingin memiliki jantung yang sehat, sebaiknya segera saja memakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung, seperti sayur lodeh ini.

8. Makanan Diet Ketat

Apakah anda sedang mencari menu makanan untuk diet ketat? Maka artikel ini sangat tepat. Sayur lodeh memang terbukti sangat cocok untuk menu makan diet ketat anda. Karena banyak menggunakan air dan hanya terdiri dari sedikit jenis sayuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan diet anda.

9. Meningkatkan Fungsi Hati

Hati berfungsi mengenali racun dan membuangnya. Nah, bila hati rusak jelaslah berdampak buruk. Marilah kita tingkatkan fungsi hati, sehingga kinerjanya jauh lebih baik. Yang mana akan berdampak pada kesehatan anda secara keseluruhan.

10. Mencegah Kanker

Kanker bisa disebabkan karena seseorang mengalami mutasi sel yang berlebihan. Sebelum kanker mengancam nyawa anda, cegahlah kanker dengan banyak makan sayur lodeh yang begitu baik untuk kesehatan tubuh anda.

Itulah 10 manfaat utama dari sayur lodeh. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Sumber :

  • id.wikipedia.org
  • khasiat.co.id

287 Comments

Leave a Reply