Skip to main content

Lembayung menjadi salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang. Lembayung adalah daun dari kacang panjang. Daun lembayung muda banyak dimanfaatkan sebagai sayuran yang lezat, sedangkan daun lembayung yang sudah tua tidak dapat dikonsumsi melainkan dimanfaatkan menjadi bahan baku pupuk organik.

Gambar terkait

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun lembayung, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Menyehatkan payudara

Khasiat daun lembayungĀ untuk para wanita yaitu menyehatkan payudara. Daun ini tidak akan membuat payudara Anda lebih sehat, namun juga mengatasi pembengkakan yang terjadi karena faktor tertentu.

2. Mencegah pembengkakan

Khasiat daun lembayung untuk meredakan pembengkakan tidak hanya pada bagian payudara saja, namun juga bagian lain di tubuh Anda. Kandungan di dalam daun ini mengandung senyawa ampuh yang akan meredakan bengkak.

3. Melancarkan buang air kecil

Khasiat daun lembayung juga bagus untuk melancarkan buang air kecil. Daun ini akan melancarkan sistem pembuangan di tubuh Anda, terutama pembuangan yang berupa air yang berasal dari minuman yang Anda konsumsi setiap hari.

4. Mencegah infeksi saluran kencing atau ISK

Selain melancarkan buang air kecil, khasiat daun lembayung juga bisa digunakan sebagai daun herbal yang mencegah terjadinya infeksi pada saluran kencing Anda. Penyakit ISK ini akan dengan mudah diatasi dengan alami.

5. Melancarkan ASI

Khasiat daun lembayung untuk kesehatan ibu yang baru saja melahirkan adalah membantu melancarkan produksi ASI. Kewajiban memenuhi kebutuhan ASI si kecil dapat Anda dukung dengan konsumsi daun ini.

6. Baik untuk peredaran darah

Peredaran darah yang baik serta lancar dapat Anda dapatkan dari daun lembayung. Daun berkhasiat ini sangat menyehatkan peredaran darah Anda dan juga mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

7. Mencegah hipertensi

Manfaat daun lembayung untuk kesehatan sering juga digunakan untuk mencegah hipertensi. Daun ini adalah jenis daun dengan kandungan alami yang akan membantu tubuh Anda untuk mengontrol tekanan darah.

8. Anti inflamasi

Kegunaan dari daun lembayung sebagai anti inflamasi berfungsi sebagai daun yang dapat mengobati radang. Radang tenggorokan, radang usus, dan beberapa jenis radang lainnya bisa Anda redakan dengan daun ini.

9. Meredakan nyeri

Rasa nyeri yang menyakitkan bisa diobati dengan daun lembayung. Daun ini adalah pereda nyeri yang alami tanpa efek samping. Jika Anda mengalami nyeri persendian atau nyeri lainnya, cobalah untuk mengatasinya dengan daun ini.

10. Baik untuk ibu hamil

Ibu hamil tentunya perlu perawatan khusus, terutama apa saja yang perlu mereka konsumsi agar janin tetap sehat. Manfaat daun lembayung untuk ibu hamil sangat bagus. Daun ini akan menyehatkan ibu beserta dengan janinnya.

Demikian manfaat dari sayur lembayung. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua !

 

 

Sumber :

  • manfaat.co.id
  • khasiat.co.id
  • manfaatjahemerah.com

Leave a Reply