Skip to main content

Gula darah (glukosa) adalah sumber utama energi untuk setiap sel dalam tubuh. Glukosa terlalu banyak atau sedikit dalam aliran darah dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, diabetes, masalah kesuburan dan masalah memori.

Kadar gula darah terkait dengan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi, dan kemampuan tubuh untuk membuat insulin yaitu hormon yang mengatur metabolisme energi dan glukosa dalam tubuh.

Gula darah atau tingkat glukosa perlu diatur sebagai bagian dari keseimbangan metabolisme tubuh karena mempengaruhi bagaimana tubuh mendistribusikan glukosa. Gula darah atau glukosa tingkat normal bagi manusia harus sekitar 90 mg/100ml atau setara dengan 5mm (mmol/l).

Hasil gambar untuk makanan yang bisa menstabilkan gula darah

Dilansir di Medical News Today, berikut beberapa makanan yang dapat membantu dalam menghindari penyakit diabetes.

Sayuran non-tepung

Sayuran jenis ini merupakan bahan pangan tambahan yang cocok untuk semua jenis diet, apalagi untuk penderita diabetes. Tim The American Diabetes Asociation bahkan menganjurkan makan makanan ini minimal 3-5 porsi setiap hari.

Beberapa contoh sayuran jenis ini adalah wortel, tauge, jagung muda, mentimun, labu, kubis, sayuran hijau seperti bayam dan selada.

Makanan gandum utuh

Biji-bijian utuh menawarkan alternatif yang lebih menyehatkan dibandingkan biji-bijian olahan. Perbedaannya terlihat dari vitamin dan mineral yang dikandung.

Beberapa jenis makanan yang masuk kategori ini adalah roti, popcorn, nasi merah, sereal, oatmeal, dan sereal gandum. Produk-produk ini bisa dijadikan bahan tambahan olahan makanan untuk membantu mengontrol gula darah.

Lemak sehat

Lemah sehat bisa termasuk dalam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda dan omega-3. Dengan memakan lebih banyak lemak sehat dapat membantu meringankan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, dan membersihkan gula darah.

Beberapa contoh lemak tak jenuh, alpukat, minyak zaitun, kacang dan biji-bijian, minyak canola.

Sebuah penelitian bahkan menyebut alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan. Bisa meningkatkan kedehatan kardiovaskular, meningkatkan manajemen berat badan, dan menuju penuaan yang sehat.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, cenderung memiliki banyak protein dan asam lemak omega-3. Protein tidak akan memperburuk gula darah. Bahan makanan ini bisa dikonsumsi setidaknya satu hari dalam seminggu.

Cokelat

Kakao adalah bahan biji-bijian yang mirip kacang. Kakao mengandung epikatekin flavonoid, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Tahun 2017 ditemukan hasil penelitian, kakao bisa memperlambat perkembangan diabetes tipe-2 dan mengurangi resistensi insulin.

Makanan berprotein tinggi

Protein adalah nutrisi penting dalam daging, ikan, dan beberapa sayuran. Protein diketahui tidak meningkatkan kadar gula darah bahkan bisa membantu seseorang kenyang lebih lama.

Sementara, beberapa bahan asupan yang harus dihindari adalah minuman manis dan bersoda, nasi putih, sereal ditambah gula, kentang goreng, serta kopi dengan gula dan perasa.

Wortel

Tidak hanya menyehatkan mata karena kaya kandungan vitamin A, wortel juga mampu menurunkan kadar gula darah. Kamu bisa menjadikannya sebagai jus atau sekedar merebusnya untuk mendapatkan manfaatnya. Dimakan langsung pun enak.

Kacang almond

Mengonsumsi almond ternyata dapat memperlambat penyerapan glukosa di dalam aliran darah. Konsumsi almond sebelum makan dapat mengurangi kadar glukosa. Kandungan magnesiumnya juga dapat mengurangi resiko diabetes, lho.

Alpukat

Jika selama ini alpukat menjadi momok tersendiri bagi orang diet, buah ini justru menjadi primadona bagi penderita prediabetes. Hal ini dikarenakan alpukat dapat menstabilkan gula darah pada tubuh.

Tomat

Kandungan kromium dan mangan pada tomat dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Tomat juga dapat mencegah terjadinya komplikasi dengan penyakit lain. Cobain, deh.

Blueberry

Jangan remehkan bentuknya yang kecil. Si kecil ini nyatanya memiliki banyak manfaat, lho. Khususnya bagi penderita prediabetes. Blueberry dapat membantu memperbaiki metabolisme glukosa. Sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat berkurang.

Itulah makanan yang dapat membantu dalam menghindari penyakit diabetes. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Sumber :

  • idntimes.com
  • aura-ilmu.com
  • republika.co.id

One Comment

Leave a Reply