Skip to main content

Pergantian musim seringkali menimbulkan berbagai gangguan penyakit termasuk serangan flu yang bisa sangat mengganggu aktivitas Anda. Akan tetapi, serangan flu dapat dicegah dengan memperkuat sistem kekebalan alami tubuh. Bagaimana caranya? Berikut delapan cara yang bisa membantu menjauhkan flu dari Anda.

Anak sehat

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dari hal tersebut, bisa disimpulkan; sebagian besar imun berada di sistem pencernaan. Itulah sebabnya, meningkatkan daya tahan tubuh secara alami harus dimulai dengan menerapkan tips-tips berikut ini.

1. Tidur Berkualitas

Apakah Anda sering merasa lemas dan kurang bergairah? Kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab utamanya. Hal itu menandakan sistem kekebalan tubuh sedang melemah.

Ketika tidur, sel T yang ada di dalam tubuh bekerja untuk memperbaiki sistem imun. Sel ini melawan berbagai virus dan patogen. Sebaliknya, jika Anda tidak istirahat selama 24 jam, kinerja sel T menjadi terhambat.

Fakta tersebut diungkapkan melalui penelitian di Mayo Clinic. Mereka membuktikan bahwa, tidur nyenyak membantu tubuh dalam membentuk kekebalan tubuh secara natural.

2. Mendapat Cukup Sinar Matahari

Anda merasa takut terkena paparan sinar matahari? Mulai sekarang, abaikan rasa itu. Pasalnya, cahaya matahari di jam tertentu sangat bagus untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

Pertama, sinar matahari mengandung vitamin D yang bisa mencegah penyakit autoimun dan kanker. Kedua, cahaya ultravioletnya mampu meningkatkan kinerja sel T di dalam tubuh manusia. Penelitian tim Georgetown University Medical Center mengungkapkan bahwa, butuh waktu sekitar 5-10 menit agar sinar tersebut bisa memperkuat imun.

3. Konsumsi Yoghurt

Salah satu organ yang membentuk kekebalan tubuh adalah usus. Untuk meningkatkan imun tersebut, usus membutuhkan probiotik. Umumnya, probiotik berasal dari bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Yoghurt merupakan minuman berbahan dasar susu yang mengandung Lactobacillus bulgaricus. Karena itu, mengonsumsinya secara rutin bisa mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, semisal gagal jantung. Pun mampu meningkatkan kinerja sel NK (Natural Killer); sistem imun terkuat di dalam tubuh.

4. Mengendalikan Pikiran agar Tidak Stres

Saat Anda stres, tubuh melepaskan hormon glukokortikoid. Pelepasan tersebut bisa terjadi dalam jangka waktu lama. Jika diabaikan, pengeluaran hormon dapat mengganggu kinerja timus sebagai organ yang memproduksi imun.

Selain itu, pun bisa menghambat aktivitas sel T. Menurut riset tim dari Ohio State University, jumlah sel T pada penderita depresi cenderung menurun. Hal itu karena produksi interleukin dan sitokin di dalam tubuh terganggu oleh hormon stres.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok tidak hanya mengganggu kesehatan, tetapi juga bisa menurunkan kekebalan tubuh. Bagaimana hal itu terjadi? Hal ini disebabkan oleh zat nikotin dengan jumlah tinggi yang dikandung rokok.

Beberapa efek negatif nikotin, yaitu meningkatkan detak jantung, menaikkan tekanan darah, serta menyebabkan insomnia. Ketika seseorang terkena insomnia, secara otomatis gelombang otak terus terjaga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak tidur semalaman bisa melemahkan fungsi sel T.

Akibatnya bisa ditebak; kekebalan tubuh menurun secara signifikan jika kebiasaan merokok diteruskan. Hal itu juga berlaku pada konsumsi alkohol. Senyawa ini mampu menghancurkan sel imun dalam sekejap. Menghindari rokok dan alkohol merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang sangat efektif dan bisa mulai Anda terapkan sekarang juga!

6. Mengonsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Anda suka makan jeruk? Buah ini mengandung banyak vitamin C yang bisa meningkatkan aktivitas sel NK. Salah satu fungsi sel NK adalah mencegah serangan penyakit kanker.

Selain sel NK, kinerja neutrofil juga lebih optimal. Sel ini merupakan bagian dari darah putih yang dapat memulihkan dan mencegah infeksi. Vitamin C juga memperkuat limfosit sehingga tubuh mampu mendeteksi keberadaan virus dan bakteri berbahaya.

Lalu, buah apa yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi? Satu buah jambu biji mengandung 200-an mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya 59-83 mg. Artinya, Anda bisa mengonsumsi jambu biji sebagai pengganti jeruk.

7. Minum Cukup Air Putih

Anda pernah merasakan letih meski tidak beraktivitas? Salah satu penyebabnya adalah kurang minum air putih. Dilansir dari situs health.harvard.edu, kekurangan cairan bisa mengakibatkan tubuh lemah.

Karena itu, cobalah minum air putih minimal 8 gelas sehari. Kebiasaan ini efektif membentuk sistem imun di dalam tubuh.

8Minum Teh

Dalam penelitian Harvard, orang-orang yang minum 5 cangkir teh hitam selama 2 minggu memiliki kadar interferon penangkal serangan virus, 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan mereka yang meminum minuman plasebo panas.

Kandungan asam amino yang bertanggung jawab atas peningkatan daya tahan tubuh ini, L-theanin, sangat banyak dalam teh hitam dan teh hijau, bahkan teh nonkafein juga memilikinya! Dosis optimalnya adalah beberapa cangkir setiap hari.

Tips Khusus: Untuk meningkatkan kadar antioksidan hingga 5 kali lipat lebih banyak dari sekantong teh, celupkan naik turun selama Anda menyeduhnya.

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya tidak sulit. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut ini adalah beragam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Brokoli
    Sayang rasanya jika Anda tidak memasukkan brokoli ke dalam menu harian Anda, karena sayuran ini kaya akan vitamin, seperti vitamin E, A, dan C. Selain itu, brokoli juga mengandung mineral dan antioksidan. Cara mengolahnya pun tidak rumit. Cukup rebus sebentar, lalu santap selagi hangat.
  • Bayam 
    Bayam kaya akan vitamin C, beta karoten, dan antioksidan. Dengan kandungannya ini, bayam dapat membantu meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi.
  • Kacang almond
    Kacang almond merupakan sumber vitamin E. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin E memegang peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu, baik almond maupun kacang-kacangan lainnya memiliki kandungan berbagai vitamin dan lemak sehat.

Selain beberapa jenis makanan di atas, jahe, bawang putih, paprika merah, kunyit, teh hijau, dan yoghurt, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ingatlah untuk tidak mengolah sayur, seperti bayam atau brokoli, dalam waktu yang lama. Cukup rebus sebentar, untuk tetap menjaga nutrisi di dalamnya.

Semoga bermanfaat !

 

 

Sumber :

  • https://harvestsupplement.com/cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-alami/
  • https://www.alodokter.com/berikut-ini-makanan-dan-tips-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-yang-benar
  • https://www.tokiomarine.com/id/id/personal/learn/blog/5-Powerful-Ways-to-Boost-Your-Immune-System.html
  • https://www.liputan6.com/health/read/3230511/mau-sistem-kekebalan-tubuh-kuat-harus-santap-9-makanan-ini

Leave a Reply