Skip to main content

Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan headset dan earphone sudah menjadi suatu kebiasaan individu dalam menjalankan beragam aktivitas. Seperti dalam perjalanan, saat bekerja, berolahraga, atau bahkan bersantai di tepi pantai, hampir semua orang tak pernah meninggalkan headset di telinga mereka.

Memang, penggunaan earphone atau headset dapat mempermudah individu untuk menerima panggilan telepon atau mendengarkan musik favorit di tengah rasa bosan. Tapi sungguh disayangkan, menggunakan earphone terlalu lama dapat merugikan kesehatan telinga secara keseluruhan.

World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa mendengarkan musik yang terlalu besar akan membuat Anda kehilangan pendengaran. Anak-anak muda yang memutar musik terlalu kencang di smartphone, iPod, atau laptop sampai terdengar seperti berada di konser atau klub akan sangat berisiko kehilangan pendengaran. WHO melaporkan bahwa lebih dari 1,1 juta orang berusia 12-35 tahun berisiko kehilangan pendengaran karena hal ini!

Dikutip Popsci.com, beberapa studi menunjukkan jumlah anak muda yang pendengarannya rusak meningkat beberapa tahun belakangan karena mendengarkan musik terlalu kencang di smartphone atau iPod mereka. Pada tahun 1994, 3,5% remaja Amerika mengalami kehilangan pendengaran, tapi angka tersebut meningkat pada tahun 2006 sampai 5%. WHO pun akhirnya menyarankan agar ketika mendengarkan musik dengan headset, setidaknya paling lama adalah 1 jam per hari dan dengan volume yang tidak lebih dari 60%.

Earphone

Menurut WHO, Ada dua cara untuk mengurangi risiko kehilangan pendengaran ketika menggunakan headset, yaitu:

  • Mengurangi lama Anda mendengarkan musik menggunakan headset.
  • Mengurangi volume saat Anda mendengarkan musik dengan headset.

Melansir medan.tribunnews.com berikut ada 2 cara untuk mengurangi risiko kehilangan pendengaran ketika menggunakan earphone atau headset :

1. Mengurangi lama / frekuensi saat mendengarkan musik

2. Mengurangi volume saat mendengarkan musik

3. Pilih earphone yang memiliki peredam kebisingan

4. Ingat, maksimal mendengarkan musik lewat earphone adalah 1 jam per hari

5. Hindari mendengarkan musik sebelum tidur karena dapat merusak sel rambut halus di dalam telinga yang mengantarkan bunyi ke saraf pendengaran dan otak saat sedang beristirahat.

6. Gunakan prinsip 60/60 yaitu mendengarkan musik dengan volume maksimal 60 persen untuk di kiri maupun kanan, dan bisa juga ambil waktu istirahat selama beberapa menit.

Melansir hellosehat.com, apabila membeli headphone atau Earphone, pilihlah yang benar-benar berkualitas sangat baik.

Headset murah bisanya tidak bisa mentransmisikan bass dengan baik, jadi ketika volumenya ditingkatkan, maka frekuensi suara akan meningkat sehingga berbahaya dan memberikan efek buruk bagi pendengaran.

Jika suatu hari merasakan masalah pada telinga, maka segeralah periksa ke dokter.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Sumber :

Leave a Reply