Skip to main content

Kedua mikroorganisme ini bisa menyebabkan ragam penyakit mulai dari akut, kronis hingga dorman sementara yang bisa kambuh di kemudian hari. Meski virus dan bakteri sama sama mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit, namun virus dan bakteri sebenarnya berbeda. Inilah perbedaannya.

Apa itu Virus?

apa itu virus?

Salah satu perbedaan virus dan bakteri adalah virus tidak dapat hidup dalam sel makhluk hidup lain, contohnya nyamuk – OkayDoc

Virus adalah bentuk kehidupan renik dengan ukuran 10 hingga 100 kali lebih kecil dari bakteri. Virus terdiri dari inti berupa materi genetik (RNA atau DNA) yang dikelilingi lapisan pelindung dari protein.

Virus hanya dapat hidup dengan inang makhluk hidup lain, seperti manusia, hewan ataupun tumbuhan. Bila tidak berada dalam tubuh makhluk hidup, virus hampir bisa disebut benda mati. Tidak ada proses biologis apapun yang dapat terjadi padanya.

“Virus hanya bisa hidup di dalam tubuh makhluk yang hidup”

Virus berkembang biak dengan menempel dan masuk ke dalam sel makhluk hidup kemudian membajak sel tersebut, membuatnya membantu virus menggandakan diri. Umumnya, sel yang telah dikuasai akan pecah dan mati ataupun berubah menjadi sel ganas atau kanker.

Hampir semua virus menyebabkan penyakit. Sel pada membran mukosa, seperti di saluran pernapasan, rentan terkena serangan virus karena tidak tertutup kulit pelindung. Salah satu contoh umum kondisi ini adalah pilek, cacar air, AIDS, polio dan lain-lain.

Apa Itu Bakteri?

apa itu bakteri

Meski banyak bakteri yang bermanfaat untuk tubuh tetapi tetap ada beberapa yang menyebabkan penyakit – OkayDoc

Bakteri adalah mikroorganisme uniseluler dengan membran tipis dan elastis yang cukup kompleks. Organisme yang tercatat ada sejak 3,5 milyar tahun yang lalu ini mampu hidup dalam beragam lingkungan, mulai dari suhu panas dan dingin ekstrim, limbah radioaktif, hingga tubuh manusia.

Berbeda dengan virus, bakteri dapat menggandakan dirinya sendiri secara aseksual dan sebagian besar jenis organisme ini tidak berbahaya.

Beberapa jenis bakteri bahkan memiliki peran penting untuk manusia seperti membantu mencerna makanan, menghancurkan mikroba penyebab penyakit, menyeimbangkan pH, menyediakan nutrisi penting, hingga melawan kanker.

“Peran bakteri terhadap kehidupan manusia sangatlah penting, salah satunya membantu manusia untuk mencerna makanan”

Meski begitu, tetap ada bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia. Hal ini bisa disebabkan karena organisme ini berada di tempat yang salah atau memang karena jenisnya.

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit tenggorokan, tuberkulosis, infeksi saluran kencing, difteri dan lain-lain.

Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber :

Leave a Reply