Skip to main content

Siapa yang tidak kenal dengan soda.

Minuman bersoda tidak hanya buruk bagi kesehatan, tetapi juga terhadap berat badan. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh lebih ramping, cobalah untuk mengurangi minum minuman bersoda. Sebab, minuman jenis ini dapat memicu Anda untuk makan lebih banyak, yang berujung pada obesitas. Kesimpulan ini diperoleh dari penelitian yang digelar Universitas Birzeit di Palestina, dan didanai dengan hibah dari institusi yang sama.

Segelas Soda

Hubungannya dengan obesitas

Teori kalori dan gula tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian ilmiah oleh Malik VS dkk. Jurnal yang dimuat di American Jornal of Clinical Nutrition ini membuktikan bahwa asupan minuman soda berhubungan dengan peningkatan berat badan seseorang.

Setiap kaleng minuman soda yang dikonsumsi mampu meningkatkan risiko obesitas hingga 60%. Studi lain menyebutkan asupan yang sama mampu menambah timbangan Anda 0,5 kg dalam 4 tahun. Itu baru hitung-hitungan satu kaleng soda.

Mengingat minum soda berpotensi bikin gemuk dan mengancam kesehatan, ada baiknya Anda berpikir ulang sebelum meneguknya. Pilih jenis minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus tanpa pemanis tambahan. Selain lebih bersahabat dengan timbangan, minuman ini juga baik untuk menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit.

Penyebab soda menambah gemuk

1. Soda Punya Kandungan Kalori Yang Tinggi

Tahukah anda bahwa terlalu banyak kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan? Dalam sebuah kaleng soda rata-rata memiliki sekitar 150 kaloridan ini akan menambah berat badan kita apalagi kalau kita konsumsi setiap hari. Terbayang kalau kita minum soda dalam Super Big, kita mungkin dapat menimbun kalori sekitar 1.000 kalori ekstra.

2.Banyak Gula Dalam Soda

Kecuali kalau kita minum diet soda, mungkin gula yang terkandung hanya sedikit dalam soda tersebut. Bahkan, dalam sekaleng soda memiliki kandungan gula lebih dari yang kita butuhkan sepanjang hari. Inilah yang membuat soda juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Soda Dapat Menambah Energi, Tapi Miskin Gizi

Minum soda mungkin dapat memberikan energi karena gula yang dikandungnya. Namun, kita tidak mendapatkan vitamin atau mineral dan hanya mendapatkan terlalu banyak gula. Banyak perempuan menghindari makanan ringan karena takut berat badan, tetapi kenyataannya adalah makanan ringan sebenarnya pilihan yang lebih baik daripada minum soda. Konsumsilah sepotong buah dan dapatkan kandungan  gula alami dan serat untuk membantu kita mendapatkan energi.

4. Soda Juga Bisa Bikin Kita Kecanduan

Ketika meminum soda setiap hari, kita akan terbiasa menginginkannya satu dalam setiap hari. Rasanya yang manis dan bisa meredam dahaga membuat kita merasa nyaman untuk mengkonsumsinya. Inilah yang membuat soda mudah menaikkan berat badan.

5. Bahkan Soda Low Fat Juga Bisa Buat Gemuk

Beralih ke soda rendah lemak bukan berarti kita terbebas dari kenaikan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita meminum soda rendah lemak saat menjalankan diet, tubuh kita berpikir untuk mendapatkan sesuatu yang manis dan kita selalu ingin mencoba untuk makan makanan yang manis. Inilah yang membuat diet gagal. Selain itu, ada beberapa bukti bahwa pemanis buatan menimbulkan risiko kesehatan. Pilihlah air mineral sebagai gantinya.

Baca juga : banyak orang tidak tahu. ternyata ini penyebab diet selalu gagal

Demikianlah artikel mengenai minuman bersoda. Ada baiknya kita mengurangi minum minuman bersoda dan menggantinya dengan air putih. Agar menjadikan tubuh kita lebih sehat.

Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber :

2 Comments

Leave a Reply