Skip to main content

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) termasuk golongan tanaman semak merambat dengan tinggi sekitar 3,5 sampai 5 meter. Buahnya berbentuk polong memanjang dan di tiap polongnya berisi 2-3 biji kacang merah.

Kacang merah

Kacang merah ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak sehingga dapat membuat tubuh sehat. kandungan kacang merah tersebut  yaitu asam folat, protein, karbohidrat, kalsium, serat, vitamin B6, besi, thiamine, dan juga mangan. Pengolahan kacang merah sebaiknya tidak terlalu diberi banyak bumbu seperti garam agar gizi di dalamnya tidak hilang. Anda bisa langsung merebus kacang ini tanpa direndam kemudian mengonsumsinya sebagai camilan sehat.

Dengan kandungan yang melimpah pada kacang merah. Tentunya kacang merah juga miliki manfaat yang melimpah, diantaranya :

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam beberapa penelitian, didapatkan hasil serempak yang menyatakan bahwa konsumsi kacang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa memengaruhi kadar kolesterol HDL. Menurut para peneliti, manfaat kacang merah ini hadir berkat proses fermentasi serat larut kacang merah di dalam kolon yang menghasilkan asam butirat dan propionat yang dapat menghambat sintesis kolesterol hepatik sehingga mampu mengurangi kadar kolesterol LDL yang beredar di dalam darah.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi kacang merah telah terbukti secara klinis dapat mengurangi konsentrasi protein C-reaktif di dalam tubuh. Protein C-reaktif (CRP) merupakan protein plasma yang diproduksi hati sebagai reaksi dari terjadinya infeksi dan proses inflamasi. Tingginya kadar CRP menunjukkan adanya peradangan di dalam tubuh. Penyakit jantung sendiri terjadi akibat adanya peradangan pada dinding arteri sehingga melonjaknya kadar CRP dapat digunakan sebagai tanda dari semakin meningkatnya risiko penyakit jantung. Selain itu, kacang merah juga dibekali kandungan vitamin B9 atau asam folat yang dapat membantu mengurangi kadar homosistein dalam aliran darah.

3. Memerangi Diabetes

Kacang merah mengandung serat tinggi, memiliki angka indeks glikemik yang rendah dan memiliki senyawa antioksidan seperti polifenol yang kesemuanya berkontribusi terhadap efek kontrol glikemik pada penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah uji klinis juga telah dibuktikan bahwa, konsumsi kacang merah mampu meminimalisir lonjakan gula darah pada penderita diabetes dan non-diabetes dengan memperlambat laju pencernaan juga penyerapan gula ke dalam tubuh.

4. Mampu Melawan Kanker

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Biological Macromolecules, diketahui bahwa kacang merah mampu memberikan efek antiproliferatif dan apoptosis pada sel kanker. Kemampuan kacang merah ini, ditenggarai berkat kombinasi mangan dan vitamin K didalamnya yang mampu mengurangi tingkat kerusakan oksidatif pada DNA mitokondria.

5. Baik untuk Otak

Vitamin K yang terkandung dalam kacang merah dapat membantu sintesis sphingolipids yang merupakan komponen utama dari membran myelin dari sel saraf. Kacang merah juga mengandung sejumlah besar thiamin yang dibutuhkan oleh sel otak dalam meningkatkan fungsi kognitif.

6. Menurunan Berat Badan

Kacang merah memiliki kemampuan sebagai penghambat aktivitas enzim alfa-amilase yang dihasilkan oleh kelenjar saliva, intraduodenal dan intraileal. Kemampuannya ini mampu memperlambat tingkat penyerapan karbohidrat dari makanan sehingga sangat ideal dalam membantu penurunan berat badan.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kacang merah juga berdampak baik pada kesehatan pencernaan, sebab serat tak larut yang terkandung didalamnya dapat mengatur pergerakan usus dan meningkatkan rangsangan pengeluaran feses dari dalam tubuh. Serat tak larut ini juga berperan dalam membantu proses fermentasi serat makanan di usus besar dan memelihara bakteri baik di saluran pencernaan sehingga dapat membantu mencegah terjadinya kanker usus besar.

8. Penambah Energi

Kacang merah sangat tepat dijadikan bekal makanan ketika melakukan perjalanan panjang. Mengapa? karena kacang merah kaya akan zat besi dan mangan yang dapat membantu memulihkan energi seketika yang terkuras selama dalam perjalanan.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mangan dan kalsium dalam kacang merah membantu perkembangan tulang yang kuat dan sehat sehingga dapat membantu terhindar dari osteoporosis. Kandungan folat pada kacang merah juga terbukti mampu mempertahankan tingkat homosistein dan mengurangi risiko patah tulang pinggul.

10. Maturasi Sel Darah Merah

Nutrisi dalam kacang merah bermanfaat untuk sintesis DNA dan RNA, yang berperan dalam penurunan kadar homosistein di arteri sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

11. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas yang terbentuk dari hasil reaksi metabolisme di dalam sel dapat memicu terjadinya kanker. Untuk mencegah efek buruk tersebut, kita dapat mengonsumsi kacang merah secara rutin. Kacang merah kaya akan senyawa antioksidan yang bersifat anti-kanker sehingga dapat mendetosifikasi radikal bebas tersebut dan mengurangi timbulnya risiko kanker dan berbagai penyakit kronis lainnya.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsilah secangkir kacang merah setiap hari, karena kacang merah merupakan sumber mineral zinc atau seng yang baik dan berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Asupan zinc yang cukup dalam tubuh berperan dalam meningkatkan kemampuan penglihatan di malam hari dan mencegah katarak. 14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manfaat kacang merah juga terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apa sebab? Di dalam kacang merah terkandung 8 asam amino dasar yang kesemuanya berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan menangkal datangnya berbagai bibit penyakit.

13. Mencegah Timbulnya Rheumatoid Arthritis

Mineral tembaga pada kacang merah membantu dalam mengurangi timbulnya berbagai penyakit akibat peradangan seperti rheumatoid arthritis atau biasa kita sebut dengan rematik. Kehadiran mineral tembaga di dalam tubuh juga dibutuhkan untuk mempromosikan aktivitas enzimatik tertentu dan menjaga keelastisan dari ligamen, persendian dan pembuluh darah.

14. Obat Jerawat Alami

Bagi yang memiliki masalah dengan jerawat, tak ada salahnya untuk membuktikan manfaat kacang merah satu ini. Kacang merah mengandung mineral zinc yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dengan mengendalikan fungsi kerja dari kelenjar keringat. Ditambah lagi dengan kandungan asam folat yang berperan dalam pembentukan sel kulit baru dan membersihkan pori-pori wajah dari berbagai kotoran, membuatnya mampu menjawab semua persoalan dari masalah jerawat yang dialami.

Setelah mengetahui beragam manfaat kacang merah yang bisa didapatkan, sayang rasanya jika hanya melewatkannya begitu saja. Mulailah memasukan kacang merah ke dalam makanan Anda misalnya dengan mencampurkannya ke dalam sop, minuman, ataupun memasukkannya ke dalam salad.

 

 

Sumber:

One Comment

Leave a Reply