Skip to main content

Buah pisang adalah salah satu buah yang berkhasiat untuk membuat kulit wajah tampak cantik alami. Dengan kandungannya yang berlimpah, pisang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah seperti kulit kering, jerawat, kulit berminyak, dan masih banyak lagi. Berikut uraian 8 manfaat utama buah pisang untuk wajah.

Masker buah pisang

1. Pelembab alami

Pisang bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit karena kaya kalium dan moisture. Kandungan tersebut akan menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering. Efeknya, kulit akan menjadi lebih lentur dan lembut. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang kering dan mengelupas, terapkan saja masker buah pisang di seluruh wajah Anda.

Cara membuat masker buah pisang untuk mengatasi kulit kering:

  1. Sediakan satu buah pisang yang sudah matang dan satu mangkok berukuran kecil
  2. lembutkan pisang tersebut dengan menggunakan garpu
  3. Lalu terapkan ke seluruh kulit wajah (hindari daerah sekitar mata dan mulut)
  4. Diamkan selama 10 menit 15 menit kemudian bilas dengan air dingin

2. Mengontrol minyak berlebih

Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, Anda bisa memanfaatkan masker pisang untuk mengatasinya. Pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai exfoliator untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi sebum berlebihan. Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan kalium, vitamin A dan vitamin C, serta moisture, yang secara khusus bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya. Cara memanfaatkannya:

  1. Lembutkan pisang yang sudah matang dengan menggunakan garpu lalu,
  2. Tambahkan 1 sdm(sendok makan) madu mentah dan setengah sdt (sendok teh) air lemon (aduk rata)
  3. Terapkan ke seluruh bagian kulit wajah selama kurang lebih 10 menit lalu bersihkan dan bilas dengan air dingin

3. Mencegah dan mengatasi jerawat

Baik daging pisang maupun kulitnya, bisa dimanfaatkan sebagai obat anti jerawat atau untuk mengatasi agar jerawat tidak datang kembali. Anda bisa langsung menerapkan bagian dalam kulit pisang ke kulit yang berjerawat untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan daging pisang untuk mengatasi jerawat dengan cara:

  1. Buatlah masker pisang dengan menumbuk pisang yang sudah matang
  2. Tambahkan sedikit bubuk kunyit dan madu
  3. Kemudian terapkan di kulit wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin

 4. Menghilangkan bintik gelap

Bintik-bintik gelap di wajah, entah itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik karena usia, atau bintik-bintik hitam karena salah menggunakan kosmetik, semuanya bisa Anda atasi/samarkan dengan memanfaatkan masker pisang. Caranya: Terapkan masker pisang setidaknya dua kali seminggu ke seluruh wajah. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menghaluskan wajah

Apa anda memiliki wajah kasar atau kering? Pisang juga bisa menjadi solusinya. Anda hanya perlu menghancurkan daging pisang lalu tambahkan satu sendok madu aduk hingga rata, setelah itu oleskan seperti masker wajah.

6. Mengangkat sel kulit mati

Kulit wajah yang kusam salah satu penyebabnya adalah adanya sel kulit mati diwajah. Cara menghilangkan sel kulit mati ini juga sangat mudah anda hanya perlu menghancurkan daging pisang lalu oleskan seperti masker wajah, diamkan sampai mengering lalu bilas.

7. Mengatasi mata panda

Biasanya ini dialami oleh seseorang yg sering pulang kerja larut malam sehingga kurang tidur. Atau yg suka begadang karna nonton bola dan lain lain. Untuk menghilangkan mata panda pun bisa menggunakan cara yang sangat simple caranya :

  1. hancurkan daging pisang
  2. campurkan apel yang juga sudah dihancurkan
  3. aduk rata lalu oleskan dibagian bawah mata
  4. diamkan slama 15 menit, lalu bilas.

Buat anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengolahnya, tidak perlu khawatir cukup gosokan kulit pisang pada bagian bawah mata.

8. Mengurangi kerutan

Semakin bertambahnya usia semakin terlihat pula kerutan-kerutan diwajah. Hal itu biasanya membuat kita tidak percaya diri dan mulai mencari berbagai kosmetik demi menghilangkan kerutan tersebut.

Tapi kini anda tidak perlu khawatir lagi karena ternyata pisang juga mampu membantu menghilangkan kerutan diwajah dengan cara yang juga sangat mudah dengan cara:

  1. campurkan kuning telur yang sudah dihancurkan dengan kulit pisang yang juga sudah dihancurkan
  2. Oleskan diwajah dan tunggu selama 5 menit
  3. Lalu bilas hingga bersih

Mempertimbangkan manfaat pisang, maka jangan ragu-ragu untuk memanfaatkannya demi kecantikan anda. Berikut catatan tambahan untuk penggunaan masker pisang :

  1. Masker ini cukup lengket, jadi usahakan untuk mengikat rambut ke belakang agar tidak lengket dengan masker pisang.
  2. Untuk menghindari masker ini mengotori pakaian anda, pastikan anda tidak memakai pakaian yang bagus saat mengaplikasikan masker pisang. Anda juga bisa memakai kain pelindung tambahan untuk melindungi pakaian anda dari noda pisang.
  3. Sebaiknya aplikasikan masker ini di kamar mandi dan pastikan lantai bersih setelahnya. Pisang bisa menyebabkan efek licin pada lantai. Hal ini untuk mencegah kecelakaan terpeleset akibat masker pisang yang jatuh di lantai.
  4. Untuk pembuatan masker, gunakan pisang yang telah masak. Semakin masak pisang yang dipakai, semakin baik.
  5. Untuk menambahkan kesegaran wajah, anda dapat pula mengaplikasikan es batu pada wajah setelah penggunaan masker pisang. Es batu ini selain menyegarkan wajah juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Demikian ulasan mengenai 8 manfaat utama buah pisang untuk wajah tanpa efek samping. semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Sumber :

  1. klinikkecantikan.co.id
  2. kaskus.co.id
  3. cantikmenawan.com

One Comment

Leave a Reply