Skip to main content

Nasi panas seringkali jadi favorit banyak orang. Terlebih lagi sekarang sudah jamannya memasak nasi dengan rice cooker, tak heran jika banyak orang yang ingin makan dan langsung mengambil nasi yang masih panas dari rice cooker. Apalagi jika seseorang dalam kondisi sangat lapar, tidak mungkin sekali orang tersebut menunggu nasi menjadi dingin terlebih dahulu.

Nasi panas

Pakar kesehatan nutrisi dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK menyebutan bahwa kandungan gula yang ada pada nasi dingin ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi yang masih panas. Bahkan, ada anggapan yang menyebutkan bahwa nasi dingin lebih baik untuk dikonsumsi penderitaย diabetesย gara-gara hal ini.

Penelitian memang berhasil membuktikan bahwa nasi yang dibiarkan pada suhu ruangan cenderung memiliki indeks glikemik yang rendah. Hanya saja, menurut dr. Juwalita, bukan berarti diet sehat akan terpenuhi hanya dengan makan nasi dingin. Ada baiknya kita juga tetap memperhatikan asupan bergizi seimbang antara karbhidrat, protein, serta sayu-mayur.

Selain mengkonsumsi nasi dingin, mereka yang berada dalam kondisi sehat atau yang memiliki diabetes juga sebaiknya mulai mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks seperti yang ada dalam gandum utuh, nasi merah, nasi hitam, nasi cokelat, atau bahkan roti gandum. Dengan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat yang kaya serat ini, maka kadar gula darah tidak akan mudah naik dengan cepat sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

Diabetes sweet on plate

Dr. Juwalita juga berpesan pada penderita diabetes untuk selalu rutin melakukan olahraga. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak berolahraga saat kondisi perut masih kosong karena bisa meningkatkan indeks glukosa dalam tubuh dengan cepat. Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan kadar gula darah akan drop dengan cepat dan memicu jatuh pingsan. Makanlah sesuatu yang ringan setidaknya 15 menit sebelum melakukan olahraga.

Jadi mulai sekarang masih mau makan nasi hangat?

Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber :ย doktersehat.com

 

40 Comments

Leave a Reply