Skip to main content

Pernahkah anda bertanya-tanya di bagian manakah di bandara yang mendapat predikat sebagai tempat paling kotor? Jangan dikira jawabannya adalah toilet atau ruang tunggu. Tempat paling kotor di bandara mungkin adalah tempat yang sama sekali tidak diduga.

Berdasarkan studi terbaru dari University of Nottingham dan The Finnish National Institute for Health and Welfare, tempat terkotor di bandara adalah kotak plastik di koridor pemeriksaan penumpang. Kotak-kotak yang biasa menjadi tempat diletakkannya barang penumpang menuju pemeriksaan x-ray itu rupanya adalah sarang bakteri dan kuman.

<em>mayat di mesin x-ray bandara atlanta</em>

mayat di mesin x-ray bandara atlanta

Dilansir dari India Today, kesimpulan tersebut didapat setelah tim peneliti mengamati Bandara Helsinki-Vantaa di Finlandia. Pengamatan berlangsung sepanjang musim dingin 2016.

Studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Infectious Diseases itu mengklaim telah memonitor level bakteri di berbagai permukaan bandara. Tempat lain yang juga disebut sebagai sarang bakteri dan kuman adalah terminal pembayaran di toko bandara, pegangan anak tangga, konter pengecekan paspor, area bermain anak, dan udara di bandara.

Peneliti menemukan bakteri, kuman  dan virus selama pengetesan. Salah satunya dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

Ironisnya, di toilet justru tidak ditemukan virus sama sekali. Menilik hasil studi tersebut, ada baiknya menyediakan cairan pembersih tangan untuk digunakan setelah kita mengambil barang-barang dari kotak pengecekan.

 

Sumber : Republika

2 Comments

Leave a Reply